Sukses


8 Manfaat Garam untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Mungkin selama ini garam lebih dikenal sebagai satu di antara penyedap rasa dalam makanan bercita rasa asin. Namun, siapa sangka, garam ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Bahkan, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan garam sebagai bahan campuran. Manfaat garam untuk kecantikan mungkin masih jarang diketahui.

Garam bisa dimanfaatkan sebagai perawatan alami untuk wajah Anda. Manfaat ini tidak terlepas dari mineral yang terkandung di dalamnya.

Kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Anda bisa menjadikannya sebagai masker, toner, hingga scrub untuk wajah.

Hal ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Penasaran ingin mengetahui apa saja manfaat lain garam untuk kecantikan?

Berikut rangkuman manfaat garam untuk kecantikan yang jarang diketahui, dikutip dari SehatQ dan Halodoc, Rabu (28/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Garam untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

1. Mengatasi jerawat

Manfaat pertama garam untuk kecantikan adalah mengatasi jerawat yang muncul di wajah Anda. Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Garam juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah Anda.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat garam untuk wajah lainnya adalah sebagai scrub atau masker wajah alami. Garam mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Rutin menggunakan scrub garam diyakini kulit wajah Anda akan tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat.

3. Sebagai toner wajah

Sebagai bahan alami, garam bisa digunakan sebagai toner wajah. Menggunakan garam sebagai toner diyakini dapat membantu membersihkan sisa-sisa debu, kotoran, atau make up yang menempel di wajah.

Manfaat ini didukung karena garam mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Garam untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

4. Mengurangi peradangan

Selain digunakan sebagai masker, toner, atau scrub, mandi dengan campuran garam dianggap dapat mengurangi kulit kering dan kulit yang meradang.

Menurut National Eczema Foundation, mandi dengan larutan garam dapat membantu meredakan iritasi dari eksim. Eksim adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kulit memerah dan gatal.

5. Meremajakan kulit

Manfaat selanjutnya dari garam untuk kecantikan adalah bisa meremajakan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mencampurkan garam dengan lidah buaya.

Lalu usapkan ke seluruh tubuh Anda dan diamkan hingga kering untuk mendapatkan hasil maksimal. Garam dan lidah buaya adalah campuran terbaik untuk Anda yang menginginkan kulit kencang yang cerah.

6. Perawatan antiketombe

Selain berguna sebagai perawatan kulit wajah, manfaat garam lain mampu menghilangkan ketombe di kulit kepala. Manfaat ini mungkin jarang orang ketahui.

Untuk mendapatkan khasiatnya, caranya dengan menaburkan garam di kulit kepala, lalu pijat secara lembut dan berikan tekanan pada bagian yang gatal dengan jari-jari yang sudah dibasahi sebelumnya.

Lakukan selama 10-12 menit dan diamkan supaya khasiat garam dapat menyerap sempurna. Cuci rambut dan kulit kepala hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Garam untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

7. Mengatasi bibir kering

Mungkin masalah ini kerap melanda orang yang setiap hari menggunakan lipstik. Untuk mengatasi masalah bibir kering cukup mudah.

Anda dapat menggunakan bahan alami seperti garam sebagai solusinya. Caranya dengan mencampurkan tiga sendok garam dengan satu sendok pelembap bibir, kemudian gosok pada bibir yang kering. Setelah itu, bersihkan kulit dengan lap basah.

8. Membersihkan pori-pori

Garam sebagai toner dapat berfungsi membantu membersihkan pori-pori secara mendalam untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menghalau bakteri pemicu jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu mencampurkan garam sebanyak satu sendok makan dengan empat ons air hangat ke dalam botol semprot. Setelah itu gunakan campuran ini untuk mengatasi kulit kering dan membersihkan wajah sekaligus penyegar.

 

Sumber: SehatQ, Halodoc

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer