Sukses


8 Cara Berhenti Merokok, Siapkan Mental yang Kuat

Bola.com, Jakarta - Berhenti merokok merupakan tindakan yang cukup sulit bagi para pencandu rokok. Cara berhenti merokok menjadi topik pencarian ketika seseorang ingin menghentikan kebiasaan tidak bagus tersebut.

Merokok merupakan candu yang sulit dilepaskan. Ada berbagai macam alasan mengapa orang tidak berhasil melepaskan kebiasaan dari hasil olahan tembakau ini. Padahal, sering kali, orang pertama kali merokok karena alasan coba-coba.

Tetapi, setelah coba-coba tersebut, merokok menjadi kebiasaan. Habis makan harus merokok, sedang berkerja sambil merokok, lembur di kantor ditemani merokok hingga ke kamar mandi pun merokok.

Padahal, rokok membahayakan kesehatan. Berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, hingga tekanan darah tinggi bisa timbul dari kebiasaan merokok. Tak hanya buat itu, merokok juga membahayakan orang di dekat si perokok.

Selain kesehatan, merokok berpengaruh pada ekonomi seseorang. Harga rokok cukup terbilang tinggi karena cukai yang mahal dan cukup menguras kocek.

Keinginan berhenti merokok bisa jadi cukup sulit jika lingkunganmu terbiasa dengan rokok. Itulah mengapa, perlu mental lebih untuk bisa terlepas dari rokok.

Berikut cara berhenti merokok, dikutip dari Klikdokter dan Merdeka, Selasa (10/11/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok

1. Buat alasan yang kuat

Mental dan pemantapan hati merupakan kunci utama berhenti merokok. Sering kali, orang yang gagal dalam upaya berhenti merokok karena tak siap mental.

Buat hal-hal positif agar waktu luang Anda tak berpikir tentang merokok dan menghindari keadaan tertekan dan stres. Pasalnya, jika dalam kondisi stres, keinginan untuk merokok akan muncul.

2. Sampaikan kepada orang terdekat

Dukungan orang-orang di sekitar akan memberi dampak besar bagi usaha Anda berhenti merokok. Selain akan diberi ruang dan dukungan, menyampaikan keinginan berhenti merokok biasanya akan membuat Anda merasa terbebani jika di kemudian hari berpikir untuk kembali menjadi perokok.

3 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok

3. Hindari teman-teman perokok

Biasanya, ini adalah hal yang paling sulit dilakukan para perokok yang ingin berhenti. Godaan dari teman perokok di sekeliling Anda akan bermunculan. Maka dari itu, ada baiknya Anda menghindar dulu dari teman-teman perokok saat masa-masa transisi, sebelum akhirnya bisa berhenti total.

4. Minta dukungan

Keluarga, teman, kerabat dan sahabat adalah orang-orang terdekat Anda. Selagi Anda berusaha berhenti merokok, mintalah dukungan dari mereka. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari lingkungan yang diselimuti kebiasaan merokok.

4 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok

5. Letakkan sesuatu di mulut

Merokok sering kali dilakukan karena kondisi mulut yang asam. Daripada menghisap benda berbahaya itu, lebih baik Anda mengunyah permen karet atau camilan lainnya. Bila kebiasaan ini rutin Anda lakukan, niscaya rokok hanya tinggal kenangan.

6. Jangan bawa rokok

Anda ingin berhenti merokok? Singkirkan pemantik, korek api termasuk rokok Anda. Jika Anda memiliki keinginan untuk merokok, tarik napas panjang, hitung hingga 10 dan buang napas.

Hindari minuman beralkohol. Pilihlah air mineral, teh atau jus buah. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Hindari juga makanan yang manis atau pedas karena akan membuat Anda ingin merokok. Minta dokter Anda untuk meresepkan produk pengganti nikotin, misalnya dalam bentuk permen.

5 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok

7. Pola makan sehat

Untuk berhenti merokok, Anda juga bisa mengganti kebiasaan pola makan buruk menjadi pola makan sehat. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membantu Anda berhenti merokok.

Kandungan nikotin dalam rokok menimbulkan dampak mengurangi selera makan terhadap indra perasa Anda. Dengan pola makan yang sehat ketika berhenti merokok, dapat menjadi cara melengkapi nutrisi tubuh Anda agar dapat menjalani hidup sehat.

8. Minum dengan Sedotan

Meminum minuman segar dengan menggunakan sedotan ternyata bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Menyeruput minuman dengan sedotan membuat tubuh Anda melepaskan hormon dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Ini adalah cara tepat bagi Anda yang terbiasa merokok sambil minum. Anda bisa kombinasikan cara ini dengan dampingan camilan sehat agar membuat Anda berhenti merokok.

 

Sumber: Klikdokter, Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 28/11/2019)

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer