Sukses


5 Cara Bermain Gitar bagi Pemula, Cepat Bisa

Bola.com, Jakarta - Alat musik gitar tentunya sudah tidak asing bagi kita. Ya, gitar memang sangat populer dan disukai banyak kalangan, baik tua maupun muda, pria dan wanita.

Semua genre musik selalu menggunakan alat musik ini untuk menambah keindahan, mulai musik dangdut, pop, jazz, rock, metal, dan yang lainnya, tidak pernah lepas dari dentingan gitar.

Gitar tak hanya alat musik dan bertujuan memberikan hiburan. Gitar juga memberikan kesan keren bagi mereka yang jago memainkannya.

Tidak hanya para musisi saja yang akan terlihat keren saat memainkan alat musik ini. Ketika kita sedang nongkrong bersama teman, kita dapat menghangatkan suasana dengan bernyanyi diiringi petikan gitar.

Itulah mengapa, banyak orang ingin tahu cara bermain gitar. Lalu, bagaimana buat Anda, para pemula, yang ingin tahu cara bermain gitar?

Anda tak harus mendatangi tempat kursus atau memanggil gur les musik ke rumah karena Anda bisa belajar sendiri menggunakan alat musik ini. Hanya, memang perlu ketekunan dan komitmen untuk melakukannya.

Nah, berikut cara bermain gitar untuk pemula, disadur dari Merdeka.com, Senin (21/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Bermain Gitar

1. Pelajari kunci dasar

Sebelum Anda belajar memetik gitar, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui kunci dasar dalam bermain gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan G.

Umumnya gitar memiliki enam senar, mulai senar yang ada bagian paling bawah hingga paling atas. Gitar yang sering dimainkan oleh banyak orang ada dua jenis, yakni gitar elektrik dan akustik.

Meski keduanya memiliki nada yang hampir mirip, ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini, satu di antaranya pada bagian tuning-nya.

2. Tentukan posisi bermain gitar yang pas dan nyaman

Langkah selanjutnya, penting untuk mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar. Anda bisa mencoba untuk membuat diri merasa nyaman saat membawa gitar.

Sebagai pemula, Anda bisa memangku gitar, mendekatkan badan gitar ke dada dan perut. Tahan badan gitar sambil menekan-nekan senar sembarangan.

Jika Anda merasa kurang nyaman, Anda bisa mengganti posisi gitar. Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman.

Pasalnya, jika Anda tidak nyaman dengan posisi duduk Anda, akan membuat Anda tidak fokus saat belajar cara bemain gitar. Langkah-langkah menentukan posisi nyaman:

  • Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahu Anda.
  • Dekatkan badan gitar ke perut dan dada. Lalu, pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V - ibu jari di bagian belakang dan empat jari sisanya di depan.
  • Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kanan. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai pelan hingga cepat untuk melatih keseimbangan.
  • Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap lima menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Pada awal-awal, punggung dan bahu Anda mungkin akan terasa sakit. Tetapi, lama kelamaan Anda akan terbiasa.
3 dari 4 halaman

Cara Bermain Gitar

3. Pelajari cara tuning atau menyetel senar gitar

Ketika Anda sudah mendapatkan posisi yang nyaman, tahap selanjutnya adalah menyetel senar gitar. Tidak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli.

Anda perlu belajar tuning agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu. Tak hanya itu, belajar cara tuning senar gitar penting karena bisa membuat telinga Anda terbiasa mendengar nada yang tepat.

Berikut tipsnya:

  • Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.
  • Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhan. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitar. Namun, jika Anda menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

Kencang atau kendurnya senar ini sangat memengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa Anda ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.

4. Belajar memetik gitar

Belajar memetik gitar perlu Anda pelajari agar nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu. Pada tahap ini Anda perlu menggunakan lima jari Anda.

Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian, jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Lakukan secara perlahan hingga Anda bisa memetiknya dengan baik.

Dengan cara ini, pelan-pelan Anda bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Yang terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari Anda pada senar.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika Anda memainkan kunci A, Anda hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B, maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

4 dari 4 halaman

Cara Bermain Gitar

5. Awali dengan bermain satu lagu dengan kunci yang mudah

Agar tidak bosan ketika berlatih, pilihlah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Jika Anda sudah menguasai satu lagu, untuk tahap selanjutnya akan dengan mudah memahami dalam bermain gitar.

Mempelajari lagu pertama Anda adalah momen penting bagi gitaris pemula. Sangat menyenangkan untuk bermain bersama dengan lagu yang Anda kenal dan menginspirasi Anda untuk terus belajar lebih banyak.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 16/7/2020).

 

Dapatkan kumpulan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer