Sukses


9 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Mencegah Penyakit Jantung dan Mengurangi Jerawat

Bola.com, Jakarta - Di Indonesia, bawang putih mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif terjangkau. Bawang putih merupakan bumbu masakan yang memiliki aroma khas.

Hampir setiap masakan Indonesia menggunakan bawang putih, untuk menambah cita rasa. Tak hanya jadi andalan dalam urusan memasak, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bawang putih merupakan tanaman umbi-umbian yang tergolong dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae). Bawang yang memiliki nama latin Allium sativum masih bersaudara dengan bawang merah.

Dalam setiap satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Dalam satu siung bawang putih mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, mangan, vitamin C, kalsium, serta selenium.

Bawang putih juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, oligosakarida, serta asam amino.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi bawang putih agar Anda bisa mendapatkan manfaat atau khasiatnya, seperti dengan dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan ke dalam masakan.

Berikut beberapa manfaat mengesankan bawang putih bagi kesehatan, dilansir dari NDTVfood dan Stylecraze, Selasa (5/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung

Selama ini bawang putih dikenal sebagai satu di antara tambahan bumbu masakan. Ada manfaat lain yang diberikan oleh bawang putih.

Rutin mengonsumsi ekstrak dari bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung. Hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh karena sifat anti-oksidan dari zat alicin yang terkandung dalam bawang putih.

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan risiko penyakit jantung. Bawang putih memberikan efek pengencer darah dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Bawang putih juga dipercaya bisa mengatur ritme jantung dan melindungi dari gumpalan darah karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat atau khasiatnya secara maksimal, konsumsilah bawang putih secara mentah karena senyawa anti-oksidan akan larut jika diproses dengan dimasak.

2. Mencegah munculnya kanker

Rutin mengonsumsi bawang putih bisa menjauhkan dari risiko rendah terkena kanker. Hal ini karena bawang putih mampu memberikan efek melawan aktivitas sel kanker di dalam tubuh. Hal itu didukung dengan sifat antikanker yang ada dalam bawang putih.

Meski dapat mencegah berbagai kanker, bawang putih disarankan dikonsumsi khususnya untuk mencegah munculnya kanker paru-paru.

Seperti halnya untuk pencegahann penyakit jantung, bawang putih yang dikonsumsi secara mentah dapat berkhasiat dengan baik mencegah munculnya kanker.

3. Menyembuhkan flu

Untuk meredakan flu atau gejala flu yang sedang Anda derita, ada baiknya menggunakan obat herbal dan mengurangi penggunaan obat kimia. Cara menyembuhkan flu satu di antaranya adalah dengan mengonsumsi bawang putih.

Sejak dulu bawang putih dipercaya dapat mengobati flu. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antivirus, seperti minyak allicin yang dapat mencegah dan mampu berfungsi efektif meredakan penyakit flu.

Anda dapat mengambil 2-3 siung bawang putih mentah yang dapat langsung dikonsumsi atau menyeduhnya bersama secangkir teh hangat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi muncul karena dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya gaya hidup tidak sehat. Bumbu masakan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi rutin setiap hari bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh, satu di antaranya penyakit jantung.

Namun perlu diketahui, penderita darah tinggi tidak boleh asal mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tingginya. Sebab, ada cara khusus mengonsumsi bawang putih yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mengatur gula darah

Memiliki kandungan yang bersifat antidiabetik, bawang putih berkhasiat untuk mengatur tekanan gula darah. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kinerja insulin, yang bertugas mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Perlu diketahui, tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan penyakit berbahaya, satu di antaranya diabetes.

Untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau ekstrak bawang putih secara rutin setiap hari.

6. Mengurangi jerawat

Bawang putih dianggap ampuh sebagai obat jerawat alami. Jerawat disebabkan akumulasi racun yang berlebihan, pori-pori tersumbat, dan infeksi bakteri, sehingga senyawa antioksidan kuat dan sifat antiinflamasi dan antimikroba dalam bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi masalah kulit satu ini.

Cara menggunakannya bisa dioleskan secara langsung atau dicampur dengan bahan-bahan alami.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

7. Menunda penuaan

Manfaat bawang putih untuk kulit selanjutnya adalah mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Ya, ternyata di dalam bawang putih terdapat banyak kandungan yang dapat berguna sebagai antiaging.

Bawang putih dalam keadaan mentah memiliki kandungan senyawa sulfur, termasuk zat kimia bernama alliin. Kandungan inilah yang berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Penuaan kulit biasa terjadi karena stres, kebiasaan hidup yang tidak sehat, peradangan, gen, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan khasiatnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghaluskan beberapa siung bawang putih kemudian mengoleskannya pada wajah, setelah beberapa saat jangan lupa membilasnya dengan air bersih.

8. Menghilangkan stretch marks

Mungkin Anda ingin menghilangkan stretch mark atau gurat peregangan yang ada di badan. Satu di antara caranya adalah menggunakan minyak pijat yang dicampur dengan bawang putih.

Cara menghilangkan stretch mark dengan bawang putih yaitu cukup dengan mencampurkan perasan air bawang putih pada minyak hangat, lalu dioleskan dipermukaan yang terkena stretch mark.

9. Mencegah rambut rontok

Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Vitamin C dalam bawang putih bisa membantu meningkatkan produksi kolagen untuk menjega kesehatan rambut.

Tak hanya itu saja, kandungan antimikrobanya juga bisa membantu melenyapkan bakteri dan kuman yang merusak kesehatan kulit kepala.

 

Sumber: NDTVfood, Stylecraze

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer