Sukses


8 Manfaat Mengesankan Garam Himalaya untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Garam memiliki banyak varian. Mungkin, sebagian besar dari Anda mengetahui garam dapur atau garam meja yang sering digunakan untuk memasak.

Namun, selain itu ada garam jenis lain, yaitu garam Himalaya yang wujudnya cukup berbeda dari garam dapur. Garam Himalaya ini berwarna merah muda.

Jika Anda mengetahui garam di produksi dari air laut, hal ini berbeda dengan garam Himalaya. Garam merah muda ini dihasilkan dari tambang garam di kaki gunung Himalaya.

Garam Himalaya diyakini menjadi garam yang paling murni di dunia. Jenis garam ini memiliki kandungan yang lebih sehat ketimbang garam dapur atau garam meja biasa.

Hal tersebut dikarenakan garam Himalaya mengandung lebih sedikit zat yodium yang terbentuk secara alami, sedangkan garam dapur memiliki lebih banyak zat yodium yang biasanya terbuat dari bahan kimia.

Garam Himalaya mengandung banyak mineral yang dapat memberikan efek baik bagi tubuh, seperti magnesium, kalsium, dan sulfur.

Untuk mendapatkan garam ini, Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lantaran proses produksi yang lebih kompleks.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mencampurkan garam himalaya ke makanan, seperti memperkuat tulang dan meredakan nyeri otot.

Berikut delapan manfaat garam Himalaya untuk kesehatan, seperti dikutip dari Ndtvfood dan Himalayansaltfactory, Selasa (2/1/2020),

2 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Anda sering mengalami sulit tidur, tidur yang tidak nyenyak, dan terbangun pada tengah malam? Jika iya, mungkin Anda kekurangan magnesium yang dapat menurunkan kualitas tidur.

Selain fungsinya sebagai penguat tulang, magnesium yang ada dalam garam Himalaya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Jangan lupa untuk menambahkan garam Himalaya ke dalam masakan Anda.

2. Meringankan Sinus

Kompreslah bagian muka Anda menggunakan garam Himalaya yang dicampur dengan air panas. Rendamlah handuk di dalam air panas tersebut sebelum menaruhnya pada wajah Anda.

Hal tersebut dapat mengurangi sinus yang tersumbat di hidung, meningkatkan kinerja paru-paru menjadi lebih baik, serta pernapasan yang lancar.

3 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

3. Memperkuat Tulang

Dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung mineral dan magnesium yang tinggi, dapat memperkuat kondisi tulang dan menjaga tulang dari berbagai penyakit.

Garam Himalaya mengandung mineral dan magnesium yang sangat signifikan. Jadi, pastikanlah untuk menambahkan garam Himalaya dalam campuran makanan Anda sehingga dapat menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

4. Meredakan Nyeri Otot

Jika Anda mengalami nyeri otot yang diakibatkan oleh olahraga yang terlalu keras atau pegal-pegal karena terlalu capek, biasanya Anda akan merendamnya dengan air panas.

Namun, seringkali penyebab dari nyeri otot atau pegal-pegal karena kurangnya asupan magnesium yang biasanya terkuras saat latihan atau olahraga yang sangat keras.

Rendam bagian tubuh Anda yang mengalami nyeri atau pegal dengan air hangat yang dicampur dengan garam Himalaya. Cara tersebut akan memberikan asupan mineral dan magneisum yang hilang dan dapat meredakan nyeri atau pegal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

5. Menurunkan Tekanan Darah

Garam meja yang biasanya Anda pakai untuk membumbui masakan mengandung lebih sedikit mineral dan lebih banyak zat yodium daripada garam Himalaya.

Ketika Anda mengganti garam meja Anda denga garam Himalaya, tubuh akan lebih mudah mengolahnya karena tidak terlalu membutuhkan banyak air untuk membersihkan kelebihan zat yodium.

Garam Himalaya mengandung zat yodium yang diproduksi secara alami, bebeda dengan garam meja biasa yang mengandung banyak yodium yang ditambahkan menggunakan zat kima. 

Yodium alami dalam garam Himalaya sangat efektif untuk membantu tubuh Anda menciptakan keseimbangan elektrolit, membantu menurunkan tekanan darah, dan membantu usus menyerap nutrisi.

6. Memperkuat Kondisi Tubuh

Banyak mineral yang ditemukan di dalam garam Himalaya yang dapat membantu memperkuat kondisi tubuh. Mineral yang terkandung tersebut dapat membantu penguatan atau pemadatan tulang dan memperlancar sirkulasi darah.

Garam Himalaya juga dapat memberikan nutrisi yang cukup banyak bagi tubuh, yang mungkin tidak didapatkan dari makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

7. Membantu Mengatur Gula Darah

Kadar gula darah yang tidak teratur dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, satu di antaranya adalah diabetes.

Mengonsumsi garam Himalaya secara rutin dapat membantu Anda mengatur gula dalam darah dan menurunkan risiko munculnya berbagai penyakit.

Dosis harian garam Himalaya dapat memastikan aliran cairan yang tepat dalam tubuh. Keseimbangan mineral dan hormon yang baik, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

8. Menyehatkan Kulit

Merendam tubuh Anda dalam air garam Himalaya dapat melakukan keajaiban untuk menyehatkan kulit. Melalui proses penyerapan dermal, kulit Anda menyerap semua mineral yang memberikan manfaat berbeda.

Misalnya, kromium melawan jerawat, seng melawan stres, dan sulfur membuat kulit Anda halus. Magnesium yang diserap melalui garam Himalaya dapat membantu menenangkan otot dan jaringan lunak yang kram. Tambahkan sedikit air hangat agar terasa segar dan berenergi.

 

Sumber: Ndtvfood, Himalayansaltfactory

 

Yuk, baca artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer