Sukses


5 Manfaat Daun Kucai bagi Kesehatan, Bukan Sekadar Pelengkap Masakan

Bola.com, Jakarta - Daun kucai atau Allium Schoenoprasum merupakan sayuran yang lembut dan bermanfaat bagi kesehatan. Daun kucai padat akan nutrisi, rendah kalori dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Daun kucai pun termasuk jenis sayuran yang umum dijumpai di sekitar rumah. Sayuran ini juga kerap digunakan dalam berbagai olahan masakan seperti telur dadar dan omlete.

Daun kucai memiliki bentuk mirip dengan daun bawang. Namun, jika dibandingkan dengan daun bawang, daun kucai memiliki bentuk agak tipis, tapi banyak mengandung nutrisi.

Agar manfaatnya lebih terasa, Anda tak boleh pelit saat mengolahnya, misalnya saat memasak nasi lengko atau taoge goreng.

Berikut manfaat daun kucai bagi kesehatan, dikutip dariĀ webmd dan medicalnewstoday, Minggu (7/2/2021).

2 dari 6 halaman

1. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian telah dihasilkan yang menunjukkan bahwa allium, termasuk daun bawang, dapat membantu mencegah atau melawan kanker. Senyawa tertentu yang ditemukan dalam daun kucai, termasuk belerang, dapat mencegah sel kanker tumbuh atau menyebar ke seluruh tubuh.

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, ada banyak penelitian yang menunjukkan hal yang sama: bahwa daun kucai dan allium lainnya dapat membantu mencegah kanker.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Osteoporosis

Daun kucai dikemas dengan Vitamin K, komponen penting dalam kepadatan tulang. Para ilmuwan saat ini sedang mempelajari apakah suplemen Vitamin K efektif dalam mengobati osteoporosis, meskipun umumnya digunakan sebagai pengobatan osteoporosis di beberapa bagian Asia.

Vitamin K direkomendasikan pada masa kanak-kanak dan bayi usia dini untuk meningkatkan kepadatan tulang sepanjang hidup, dan makanan yang mengandung vitamin A, seperti daun kucai, dapat membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

4 dari 6 halaman

3. Tingkatkan Memori

Daun kucai mengandung kolin dan folat. Secara individual, masing-masing komponen ini terkait dengan peningkatan fungsi memori.

Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang makan lebih banyak makanan dengan kolin di dalamnya lebih baik dalam tes kognitif, sementara orang dengan kadar kolin rendah tampaknya berisiko lebih tinggi terkena Alzheimer.

Sementara itu, folat atau asam folat, telah dipelajari sehubungan dengan gangguan kognitif dan gangguan mood. Kombinasi kolin dan folat dalam daun kucai dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah perkembangan kondisi seperti demensia dan Alzheimer.

5 dari 6 halaman

4. Sumber Vitamin K

Kucai mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah. Sumber vitamin K lainnya termasuk sayuran berdaun hijau, minyak sayur, dan buah-buahan termasuk blueberry dan buah ara.

6 dari 6 halaman

5. Kesehatan Mata

Daun kucai juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid. Menurut beberapa penelitian, lutein dan zeaxanthin menumpuk di retina mata untuk membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Artinya, mengonsumsi makanan yang kaya zat ini bisa bermanfaat bagi penglihatan.

Ā 

Sumber:Ā webmd,Ā medicalnewstoday

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer