Sukses


9 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Penting bagi Perkembangan Janin

Bola.com, Jakarta - Mangga merupakan buah-buahan yang lezat dan tidak bisa ditolak oleh kebanyakan orang. Rasa yang asam manis membuatnya disukai banyak orang.

Para ibu hamil pun kerap ngidam mengonsumsi mangga, mulai dari mangga mentah, muda, hingga matang.

Mengonsumsi buah mangga saat hamil sangat dianjurkan. Mangga merupakan sumber energi, antioksidan, dan nutrisi penting yang sangat baik.

Namun, Anda harus perlu memantau porsinya dan menghindari makan secara berlebih.

Mangga merupakan buah musiman dan lebih bagus jika dikonsumsi secara langsung. Menemukan buah mangga pun cukup mudah di pasaran karena dijual mulai pedagang buah pinggir jalan hingga supermarket.

Berikut manfaat buah mangga untuk ibu hamil, dikutip dari Momjunction, Senin (8/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

1. Mencegah anemia

Mangga kaya vitamin C dan membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil untuk mengatasi anemia terkait kehamilan.

2. Asam folat membantu perkembangan janin

Mangga adalah sumber asam folat yang penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi mangga mencegah cacat tabung saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

3. Serat makanan mengatur kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam mangga membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Mangga juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang dialami wanita pada trimester pertama.

4. Memberikan antioksidan yang kaya

Vitamin C dalam mangga berperan sebagai antioksidan kuat, yang membantu mengembangkan daya tahan terhadap radikal bebas, yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Vitamin C juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

5. Vitamin A untuk perkembangan bayi

Vitamin A, yang banyak ditemukan dalam mangga, membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Hal ini juga penting untuk mata dan pengembangan sistem kekebalan dan membantu perkembangan jantung, paru-paru, dan ginjal.

6. Vitamin B6 ideal untuk otak janin dan sistem saraf

Mangga juga merupakan sumber vitamin B6 yang berperan dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

7. Magnesium mencegah preeklamsia

Magnesium, hadir dalam jumlah yang wajar dalam mangga, bertindak sebagai obat alami yang sangat baik untuk preeklamsia, sementara vitamin E dalam buah ini membantu membangun otot janin dan mencegah preeklamsia.

8. Mengalahkan mual di pagi hari

Rasa mangga yang segar membantu mencegah mual di pagi hari. Vitamin B6 dalam buah ini juga memainkan peran kunci dalam membebaskan Anda dari mual dan mual di pagi hari.

9. Menyeimbangkan cairan tubuh

Saat volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh Anda membutuhkan mineral ekstra. Mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan.

Elektrolit memastikan saraf, jantung, otak, dan otot Anda bekerja sebagaimana mestinya.

 

Sumber: Momjunction

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer