VIDEO: Mengenang Leon Spinks, Legenda Tinju yang Pernah Mengejutkan Taklukkan Muhammad Ali

VIDEO: Mengenang Leon Spinks, Legenda Tinju yang Pernah Mengejutkan Taklukkan Muhammad Ali

- Nama Leon Spinks memang tidak setenar Muhammad Ali. Namun, pria yang lahir di St. Louis, Missouri, itu pernah mengejutkan dunia tinju dengan menaklukkan "The Greatest".

Siapakah Leon Spinks? Ia adalah mantan petinju amatir yang pernah meraih medali emas di Olimpiade 1976 di Montreal, Kanada. Kala itu, Spinks menjadi juara di kelas light heavyweight. Sebelumnya, ia juga pernah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Tinju di Havana, Kuba pada 1974, dan medali perak di Pan American Games 1975 di Mexico City, Meksiko.

Laga perdana Spinks di tinju profesional pada Januari 1977. Ketika itu, ia mengalahkan Bob Smith di Las Vegas, Nevada, dengan KO (Knock Out) pada ronde kelima. Tujuh pertandingan setelah itu, namanya menjadi tenar. Spinks menjadi lawan sang legenda, Muhammad Ali, yang sudah berusia 36 tahun.

Ali memilih lawan yang mudah, yaitu Spinks. Tujuannya yaitu ia bisa mempertahankan sabuk kelas berat dunia WBC. Ternyata hasilnya tidak sesuai yang direncanakan Ali. Spinks justru bisa merebut sabuk kelas berat dunia. Spinks mengalahkan Ali dengan juri memutuskan split decision.

"Dalam pertarungan itu, semuanya seperti sudah ditakdirkan. Spinks bertarung dengan sebuah rencana dan ia mengalahkan Ali. Bukan karena Ali tidak dalam performa terbaiknya, tetapi Leon Spinks mengejutkan semua orang dengan menunjukkan seberapa bagus dirinya," ujar Bob Arum, promotor pertandingan, seperti dilansir ESPN.

Namun, gelar kelas berat dunia milik Spinks akhirnya dicabut WBC. Alasannya Spinks menolak bertarung dengan Ken Norton. Ia justru meladeni rematch dengan Muhammad Ali, tujuh bulan setelah pertarungan yang pertama.

Kisah tentang Spinks sekilas akan dibahas kali ini. Kalian bisa melihatnya dalam tayangan di atas.

Leon Spinks belum lama ini dikabarkan meninggal dunia pada usia 67 tahun. Penakluk Muhammad Ali itu wafat karena kanker pada 6 Februari 2021. Dunia tinju kembali kehilangan salah satu legendanya.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 09 February 2021, 15:27 WIB

Video Terkait

Spotlights