Sukses


Bola Beli: Rekomendasi 12 Reel Shimano Terbaik Sebelum Memancing, Ketahui Keunggulannya

Bola.com, Jakarta - Reel atau penggulung benang adalah komponen memancing yang penting. Bagi Anda yang hobi memancing, reel Shimano bisa menjadi pertimbangan saat melakukan aktivitas di alam terbuka ini.

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk melepaskan stres dan lelah akibat aktivitas sehari-hari, seperti dengan melakukan hobi yang menyenangkan. Satu di antara hobi yang bisa dilakukan untuk melepas penat adalah memancing.

Memancing menjadi menjadi satu di antara kegiatan yang disenangi banyak orang, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Saat memancing, tidak hanya skill saja yang dibutuhkan. Dalam memancing juga diperlukan alat yang mumpuni. Peralatan yang digunakan saat memancing ikut menentukan keberhasilan dalam menangkap hasil pancingan.

Komponen penting yang harus dipersiapkan saat memancing adalah reel. Reel berfungsi memudahkan pemancing dalam menarik dan mengulur senar.

Ada banyak merek reel yang dijual di pasaran. Satu di antaranya merek Shimano. Jika mendengar merek Shimano, kemungkinan besar akan teringat dengan derailleur alias perangkat gir sepeda gunung/balap berkualitas.

Di sisi lain, reel Shimano dikenal memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan dari reel Shimano:

 

2 dari 3 halaman

Keunggulan Reel Shimano

1. Menggunakan Bahan Super Magnesium

Magnesium adalah logam mirip aluminium yang ringan, kuat, tahan korosi, dan mudah untuk dibentuk. Dari semua kelebihan ini, reel Shimano dibuat dengan material magnesium, yaitu Super Magnesium untuk bagian rotor dan bodinya. Semua itu agar Anda selalu merasa nyaman untuk memancing di mana saja dan kapan saja.

2. Diameter Drive Gear yang Lebih Besar untuk Mempermudah Penggulungan

Satu kelebihan reel Shimano dibandingkan reel dari merek lain adalah drive gear atau gigi samping yang lebih besar. Selain itu, Shimano juga merancang rasio drive gear dan gigi tengah (pinion gear) secara tepat. Dengan kelebihan ini, Anda akan makin mudah dalam melakukan penggulungan atau penguluran saat memancing.

3. Adanya Lapisan EL pada Permukaan Spool

Lapisan EL pada permukaan spool menjadi satu faktor yang membuat reel Shimano menjadi produk berkualitas. Lapisan ini membuat setiap bagian reel, terutama ball bearings (gotri), terlumasi dengan baik dan selalu bisa bergerak secara lancar dan lembut sehingga membuat setiap putaran atau tarikan senar pancing terasa lembut dan ringan.

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Reel Pancing Shimano Terbaik

1. Shimano Aernos XT

Reel Shimano Aernos XT memiliki 4 ball bearing, menjamin kelancaran perputaran reel. Rasio gear-nya 5.2:1. Beratnya hanya 600 gram, dengan drag maksimal 4 kg. Produk ini dijual di Bukalapak dengan harga Rp1.125.000.

 2. Shimano Sedona 2000

Reel Shimano Sedona 2000 memiliki rasio gear reguler 5.0:1, dengan drag maksimum 9 kg. Sementara itu, ball bearing-nya memiliki komposisi 3A-RB +1A-RB.

Reel ini dibuat dari material premium khas Shimano. Berat reel tersebut adalah 1 kilogram. Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp835 ribu

3. Shimano Sienna

Shimano yang selalu melakukan inovasi memberi sentuhan desain M-Compact Body yang lebih nyaman. Desain ini meningkatkan keseimbangan dan kestabilan gulungan.

Beberapa fitur yang membuat pemancing makin asyik memancing adalah Super Stopper yang memberi kemampuan antibalik instan. Sementara itu, fitur Dyna-Balance akan memberi rotasi rotor yang sangat mulus. Harga reel Shimano jenis tersebut sekitar Rp420 ribu.

4. Shimano Bass One

Reel Shimano Bass One memiliki berbagai fitur mumpuni seperti sistem rem SVS yang telah dilengkapi BassOne XT.

Reel ini memiliki drag maksimal 5kg. Rotor-nya menggunakan 5 ball bearing sehingga pergerakannya sangat mulus. Produk reel Shimano jenis dijual dengan kisaran harga Rp 1.900.000

5. Shimano Caean 151

Reel Shimano Caean 151 memiliki sistem gir dengan efisiensi tinggi khas Shimano yang telah di-upgrade. Dipadu dengan fitur Shimano Stable Spool Design (S3D) dan Variable Brake System (VBS), fitur ini akan memberikan pengalaman memancing yang sangat hebat.

Reel ini memiliki 5 buah ball-bearing (gear ratio 6.3:1), dengan drag maksimal hingga 5 kg. Sementara itu, bobotnya sendiri 205 gr. Produk ini di dibanderol dengan harga sekitar Rp1.260.000

6. Shimano Curado K 201HG

Reel baitcasting ini memiliki berat 215 gr. Konfigurasi bearings-nya 4 S A-RB + 2BB + 1 dengan drag maksimum 5kg. Gear rasio-nya 7.4:1 dilengkapi dengan handle kiri. Anda bisa mendapatkan reel ini di Bukalapak dengan harga Rp 2.057.000.

7. Shimano Torium 16 HG

Reel ini menggunakan spool aluminium kualitas tinggi. Dengan bearings jenis A-RB (Anti-Rust Bearings, gotri tahan karat) berjumlah 4 buah. Sementara itu, gear ratio-nya 6.2:1 dengan drag maksimum hingga 10 kg.

Reel ini dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti High Efficiency Gearing (HEG), Cross Carbon Drag, Super Stopper, dan lainnya. Reel tersebut bisa digunakan untuk memancing di wilayah air asin. Produk ini  dijual dengan kisaran harga Rp2,5 juta.

8. Shimano Grappler 201HG

Reel Shimano Grappler 201HG memiliki drag maksimal 5.5 kg dan memiliki perlindungan tambahan terhadap debu, garam, atau pasir. Rasio gear-nya 7.2:1. Panjang handel reel ini 102mm. Reel Shimano jenis tersebut dijual dengan kisaran harga Rp1.865.000.

9. Shimano Tekota 700LC

Reel Shimano Tekota 700LC dibuat dari aluminium die-cast bermutu tinggi yang sangat kuat dan awet dengan gear ratio 4.2:1. Ball bearings-nya 3+1BB, sementara drag maksimumnya 12 kg. Adapun harga Shimano Tekota 700LC ini sekitar Rp2,4 juta.

10. Shimano Asquith

Reel Shimano Asquith dibuat dengan teknologi tempa dingin sehingga materialnya (terutama spool dan bingkai) menjadi sangat ringan dan kuat. Pada sisi bearing, produk ini menggunakan Shimano Shielded Anti Rust Bearings yang antikarat, bahkan untuk lingkungan air asin. Reel ini memiliki rasio 1.0:1, dengan drag maksimum 3 kg.

Reel Shimano jenis ini bisa didapatkan dengan harga US $279.90 (sekitar Rp4,2 juta).

11. Shimano Biocraft

Reel Shimano Biocraft memiliki teknologi dari reel legendaris Shimano, Ultegra. Desainnya simpel dibuat dari material yang dibentuk secara tempa dingin yang membuatnya kuat, namun ringan. Produk tersebut bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp1.690.000.

12. Shimano Ultegra

Rekomendasi reel Shimano yang terakhir adalah Shimano ULTEGRA C 5000 XG New. Reel ini memiliki drag maksimum 11 kg, menggunakan 5 ball bearing yang dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan antikarat. Bobotnya 285 gr dengan panjang lengan handle mencapai 55 mm. Harga Shimano Ultegra sekitar Rp1.880.000.

Bola Beli: Seberapa Nyaman Sepatu Lari Wanita Asics Gel-Contend 6? Ini Ulasannya

Video Populer

Foto Populer