Sukses


Manfaat Sumber Daya Alam yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Sumber daya alam adalah sesuatu yang ditemukan di alam, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan hidup manusia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup.

Adanya sumber daya alam memiliki peran yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam, seperti hewan, tumbuh–tumbuhan, dan SDA non-hayati, seperti minyak, logam, dan gas alam perlu benar-benar diperhatikan pemanfaatannya.

Sebagai negara yang luas, Indonesia memiliki banyak kekayaan alam dan sumber daya alam yang sangat besar. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia terkenal dengan hasil sumber daya alamnya, baik itu berasal dari pertanian, perkebunan, dan pertambangan.

Meski jumlahnya sangat melimpah, penggunaan sumber daya alam harus tetap dibatasi dan dipelihara untuk proses yang berkelanjutan dan secara berkesinambungan.

Terlebih lagi, sumber daya alam yang ada tersebut sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Ada beberapa manfaat sumber daya alam yang perlud diketahui.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat sumber daya alam, seperti dilansir dari laman Ilmugeografi.com, Jumat (9/4/2021). 

2 dari 9 halaman

1. Untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan

Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya utama untuk memenuhi kebutuhan pangan. Kebanyakan, sumber daya alam ini diolah sedemikian rupa hingga bisa menjadi bermacam-macam bentuk pangan bagi manusia maupun hewan di bumi. Contohnya adalah:

  • Hewan yang biasa dikonsumsi, seperti ayam, sapi, kambing.
  • Tumbuhan, seperti padi, jagung, kentang, ubi.
  • Rempah-rempah, seperti pala, lada, jahe, cengkeh, ketumbar.
  • Hasil sumber daya perikanan darat dan laut, seperti ikan mas, gurame, tiram, ikan tuna, cumi-cumi, udang.
3 dari 9 halaman

2. Sumber Energi dan Bahan Bakar

Pemananfaatan sumber daya alam yang tidak kalah penting adalah sebagai sumber energi dan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari manusia atau industri.

Sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas misalnya, bermanfaat sebagai sumber bahan bakar yang bisa menghidupkan listrik dan kendaraan bermotor.

Selain minyak bumi dan gas, sekarang energi matahari dan angin sudah mulai digunakan sebagai pengganti minyak bumi dan gas untuk sumber energi dan bahan bakar.

4 dari 9 halaman

3. Sumber Energi Pembangkit Listrik

Dengan menggunakan bahan bakar minyak bumi atau dengan menggunakan energi matahari, sumber daya alam yang ada bisa dikonversi menjadi energi listrik. Contohnya:

  • Pembangkit listrik tenaga surya yang digunakan di banyak negara dengan sinar matahari. Indonesia juga mulai mengembangkannya.
  • Pembangkit listrik tenaga air. Indonesia yang menjadi satu di antara negara dengan sumber daya air yang besar juga banyak menggunakan air sebagai tenaga pembangkit listrik.
5 dari 9 halaman

4. Untuk Pengembangan Teknologi

Teknologi merupakan hal yang terus berkembang dari waktu ke waktu tanpa terhenti. Untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih canggih dari waktu ke waktu, dibutuhkan sumber daya alam.

Secara sadar maupun tidak, cepat atau lambat, segala wujud pengembangan teknologi yang dirasakan akan membutuhkan sumber daya alam.

6 dari 9 halaman

5. Untuk Menjaga Keseimbangan Alam

Tidak seharusnya sumber daya alam kita eksploitasi besar-besaran tanpa adanya treatment untuk menjaganya. Alam sudah tidak lagi seimbang karena keserakahan manusia bisa berakibat fatal, seperti banyaknya bencana alam yang dimulai dari perubahan iklim secara cepat.

Satu di antara upaya mencegahnya dengan mengurangi pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam.

7 dari 9 halaman

6. Sebagai Penyuplai Oksigen

Oksigen merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup di bumi ini. Jika tidak ada oksigen, sudah dipastikan tidak akan ada mahkluk hidup yang bisa bertahan dan akan menyebabkan kepunahan makhluk hidup.

Seperti diketahui, oksigen merupakan unsur penting bagi makhluk hidup. Oksigen tersebut banyak dihasilkan dari pepohonan atau tanaman-tanaman.

8 dari 9 halaman

7. Sumber Mata Pencaharian dan Pendapatan

Masyarakat membutuhkan pendapatan dari mata pencaharian yang mereka tekuni untuk terus bertahan hidup dan menyejahterakan hidupnya. Sumber daya alam juga bermanfaat sebagai sumber pendapatan penduduk. Contohnya:

  • Pekerja tambang yang menggantungkan hidupnya dari tambang mineral,
  • Pekerja di ring lepas pantai yang menggantungkan hidupnya untuk mencari minyak bumi,
  • Para petani yang menggantungkan hidupnya kepada sumber daya alam seperti tumbuh-tumbuhan, tanah, dan air agar hasil panennya baik dan bisa dipasarkan.
9 dari 9 halaman

8. Sebagai Cadangan Devisa

Devisa merupakan satu di antara upaya yang dimanfaatkan oleh negara untuk melaksanakan transaksi yang legal secara internasional.

Cara transaksi devisa adalah ketika suatu negara membutuhkan dana yang besar, maka sumber daya alam yang menjadi cadangan devisa bisa dipasarkan dan dikomersialkan agar mendapat keuntungan.

Banyaknya kekayaan alam di Indonesia sering dimanfaatkan negara untuk keberlangsungan perekonomian. Devisa tidak hanya berupa barang atau berbentuk hasil bumi, namun bisa juga dalam bentuk jasa. Beberapa sumber-sumber cadangan devisa adalah:

  • Kegiatan pariwisata merupakan satu di antara sumber cadangan devisa, baik domestik maupun mancanegara karena banyak wisatawan khususnya asing yang menukarkan mata uangnya.
  • Pungutan bea masuk dari barang-barang impor.
  • Hasil ekspor barang dan jasa. Makin banyak barang dan jasa yang diekspor, makin besar juga devisa yang diperoleh oleh pemerintahan dalam negeri.

 

 

Sumber: Ilmugeografi

Highlights | Angkat Besi 61kg Putra | Olimpiade Tokyo 2020

Video Populer

Foto Populer