Sukses


Tinjau Pelatnas NPC di Solo, Menpora Apresiasi Protokol Kesehatan Atlet

Bola.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali singgah ke Solo untuk meninjau persiapan atlet pelatnas National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, di Kusuma Sahid Prince Hotel, Minggu (18/4/2021).

Kunjungannya untuk melihat kondisi para atlet yang dalam masa pemusatan latihan untuk persiapan menghadapi ajang Paralimpiade di Tokyo, Jepang pada bulan Agustus mendatang.

Rencananya, NPC Indonesia akan mengirim 35 atlet dari 8 cabang olahraga (tenis meja, bulu tangkis, menembak, balap sepeda, panahan, angkat berat, renang dan atletik) di Tokyo nanti.

"Setiap ke Solo, saya pasti ingin menengok atlet yang sedang dalam pemusatan latihan. Karena memang, para atlet ini harus merasa bangga. Saya selalu memotivasi para atlet yang berjuang mengharumkan nama bangsa," kata Menpora Zainudin Amali dalam sambutannya di depan para atlet.

Menpora mengatakan, dalam grand design atau desain besar olahraga nasional yang baru saja dipaparkan dihadapan Presiden Joko Widodo, dirinya sudah menyampaikan target-target yang akan dicapai untuk Olimpiade maupun Paralimpiade.

"Satu hal yang menjadi tantangan buat NPC, target kami untuk Paralimpiade adalah masuk 5 besar dunia. Saya kira ini bukan asal angka, tetapi hasil diskusi kajian ilmiah dari diskusi dengan guru besar keolahragaan dan NPC. Dengan melihat track record apa yang sudah kita jalani," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

15 Atlet Lolos Paralimpiade

Dalam kesempatan tersebut, Menpora juga mengecek pelaksanaan protokol kesehatan yang sudah dijalankan selama pelatnas para atlet di Kota Solo.

Zainudin Amali mengapresiasi langkah dan penerapan protokol kesehatan yang tak kalah ketat di lingkungan NPC Indonesia.

"Tempat penginapan atlet yang tidak berpindah ke tempat lain. Kemudian dilakukan tes secara berkala kesehatannya dengan swab antigen maupun genose, bus kendaraan sendiri-sendiri, kamar atlet juga demikian. Setidaknya hal positif untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona," ujar Menpora. 

Di sisi lain, belasan atlet NPC Indonesia dipastikan akan tampil di Paralimpiade Tokyo. Tak lepas dari hasil apik selama mengikuti berbagai kejuaraan untuk memenuhi catatan masuk ke Paralimpiade.

NPC Indonesia sendiri menargetkan sebanyak 25 atletnya untuk lolos ke Paralimpiade Jepang 2021.

"Untuk target medali, kami mengincar satu emas dari cabor bulu tangkis. Harapannya lebih dari satu emas, termasuk di cabang atletik dan tenis meja walaupun saingannya cukup berat," jelas Presiden NPC, Senny Marbun.

Video Populer

Foto Populer