Sukses


Mengenal Format Baru Balapan F1 Bertajuk Sprint Qualifying, Lebih Seru dan Mulai Uji Coba pada Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Ajang balap jet darat, Formula 1 (F1) menelurkan inovasi baru agar menciptakan balapan yang lebih seru dan menarik di mata fans.

Para pemangku kepentingan F1 merumuskan format balapan baru dengan menambahkan sesi Sprint Qualifying atau sesi Kualifikasi Sprint yang akan dilakukan pada hari Sabtu.

Artinya pada hari Jumat, pembalap sudah melakukan sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start Sprint Qualifying. Buat fans berarti mereka berpotensi menikmati ketatnya persaingan sejak hari Jumat.

Untuk diketahui, selama ini, hari Jumat biasanya hanya diisi dua sesi latihan bebas yang memang dimanfaatkan tim dan pembalap untuk sekadar mencari setelan mobil terbaik.

Mengutip situs Motosport, format Sprint Qualifying ini mendapat dukungan pada sesi pemungutan suara di Komisi F1 pada hari Senin (26/04/2021).

Alhasil format ini tinggal disetujui Dewan Olahraga Motor Dunia FIA sebelum akhirnya diaplikasikan. Rencananya, format Sprint Qualifying bakal mulai diterapkan pada balapan seri sepuluh di Sirkuit Slverstone, Inggris, 18 Juli nanti.

"Kami sangat senang dengan format baru ini yang akan membawa para penggemar kami pada balapan akhir pekan yang lebih menarik pada tahun 2021," kata CEO F1, Stefano Domenicali.

"Melihat para pembalap berjuang maksimal selama tiga hari akan menjadi pengalaman yang luar biasa," lanjutnya.

Lantas seperti apa sih format Sprint Qualifiying? Scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Yuk Mengenal Sprint Qualifying

  • Apa Sih Sprint Qualifying?

Idenya adalah menjalankan sesi Sprint Qualifying sejauh 100 km di hari Sabtu pada tiga balapan F1 2021.

Hasil Sprint Qualifying akan menentukan posisi balapan untuk hari Minggu. Nah pembalap yang finis tiga besar pada Sprint Qualifying akan mendapatkan poin.

  • Format Balapan F1 dengan Sprint Qualifying

Hari Jumat

-Latihan Bebas 1 (FP1) - 60 menit, bebas pilih dua set ban dari alokasi

-Kualifikasi - Menentukan posisi untuk sesi Sprint Qualifying. Tim hanya boleh gunakan lima set ban berkompon lunak.

Hari Sabtu

-Latihan Bebas 2 (FP2) - 60 menit, bebas pilih satu set ban dari alokasi.

-Sprint Qualifying - Balapan sejauh 100 km dengan durasi sekitar 45 menit sampai 1 jam. Bakal menentukan posisi saat balapan hari Minggu. Bebas pilih dua set ban dari alokasi

Hari Minggu

-Balapan Utama

 

Sumber: Motorsport 

Video Populer

Foto Populer