Sukses


Daftar Olahraga Bola Kecil Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Selain membuat badan menjadi sehat, melakukan olahraga dapat membawa perasaan senang. Terutama jika olah raga dilakukan bersama orang terdekat kita, seperti teman atau pasangan.

Berbicara tentang olahraga, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan permainan yang menggunakan bola. Cabang olahraga menggunakan bola terbagi menjadi dua, yaitu bola besar dan bola kecil.

Perbedaan kedua permainan itu terletak pada ukuran bola yang menjadi objek permainan, yakni besar dan kecil. Sepak bola, basket, dan voli termasuk kategori olahraga bola besar.

Di luar olahraga yang menggunakan bola besar, olahraga permainan bola kecil juga tidak kalah menyenangkan. Dalam pelaksanaannya, permainan bola kecil biasanya menggunakan alat pendukung, seperti raket, tongkat, dan bet.

Permainan bola kecil tersebut tak hanya bisa dilakukan sendiri, tetapi bisa secara beregu atau tim. Banyak juga cabang olahraga permainan bola kecil yang dilombakan, baik dalam skala nasional atau internasional.

Penasaran apa saja olahraga yang termasuk kategori bola kecil? Berikut ini rangkuman daftar olahraga bola kecil yang cukup populer, dilansir dari laman Dosenpenjas, Rabu (19/5/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Olahraga Bola Kecil Beserta Penjelasannya

1. Tenis meja

Tenis meja adalah olahraga indoor yang menggunakan bola pingpong dengan berat yang ringan dan memiliki ukuran diameter 40 mm. Permainan dilakukan oleh dua orang dengan mengggunakan prinsip yang sama dengan voli, yaitu bola harus melewati net dan tidak keluar garis, tetapi perbedaannya adalah dalam permainan ini bola harus memantul sekali.

2. Tenis lapangan

Tenis lapangan pada dasarnya menggunakan bola kecil yang dimainkan dengan menggunakan raket yang dimainkan secara tunggal atau ganda. Area tenis dalam arti lapangan, dibatasi dengan net. Ada turnamen internasional untuk permainan ini.

3. Golf

Golf adalah permainan bola kecil yang biasanya dilakukan oleh masyarakat kelas atas. Hal ini dikarenakan bukan hanya membutuhkan peralatan yang sangat mahal, lokasi yang dibutuhkan juga sangat luas dan harga sewa lokasi untuk olah raga ini tidak murah.

Properti yang digunakan dalam permainan golf terdiri atas bola putih khusus golf dan tongkat pemukul.

4. Bisbol

Bisbol adalah permainan bola kecil yang merambah ke tingkat internasional. Bola yang digunakan dalam permainan ini memiliki diameter 7,3 cm. Lokasi bermainnya di area terbuka sehingga harus menggunakan sarung tangan dan topi untuk menghalau sinar matahari.

3 dari 4 halaman

Daftar Olahraga Bola Kecil Beserta Penjelasannya

5. Bola kasti

Permainan bola kasti mirip dengan bisbol. Ada dua kelompok yang bertanding, tiap-tiap kelompok dalam arti kasti ini mempunyai pemukul dan pelempar bola. Selain mempunyai penjaga di setiap titik, dalam permainan ini setidaknya mempunyai jumlah pemain yang sama untuk kedua tim.

6. Kriket

Kriket adalah permainan bola kecil yang cukup populer di negara-negara Eropa. Pada dasarnya, kriket mirip dengan kasti atau bisbol, perbedaannya adalah bola yang digunakan. Bola kriket harus dibungkus dengan menggunakan kemasan laon sehingga memiliki bentuk yang tidak lagi bulat.

7. Sofbol

Sofbol adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu, dengan masing-masing regu terdiri atas sembilan orang pemain yang memiliki tugas berbeda-beda. Wasit untuk permainan ini minimal satu dan tujuh hakim pembantu untuk bertugas mengawasi jalannya pertandingan.

8. Biliar

Biliar adalah jenis permainan bola kecil yang membutuhkan konsentrasi cukup tinggi. Permainan yang satu ini dilakukan di atas meja dengan menggunakan stik yang mempunyai fungsi untuk menyodok bola putih dan memasukkan bola lainnya ke enam lubang yang ada di meja.

4 dari 4 halaman

Daftar Olahraga Bola Kecil Beserta Penjelasannya

9. Sepak takraw

Sepak takraw adalah jenis permainan bola kecil yang merupakan gabungan dari permainan bola besar, sepak bola dan bola voli. Pelaksanaan permainan sepak takraw biasanya dilakukan di lapangan bulu tangkis ganda dan menggunakan bola yang terbuat dari rotan.

10. Bulu tangkis

Bulu tangkis atau dikenal juga badminton adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim berlawanan, ada yang kategori ganda putra, putri, dan campuran serta kategori tunggal putra dan putri.

11. Hoki

Permainan hoki merupakan jenis olah raga beregu baik regu putra maupun putri. Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua kategori, yaitu hoki es dan hoki lapangan, namun dalam prinsipnya, keduanya sama.

12. Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan permainan bola kecil yang juga termasuk kategori olahraga atletik. Penilaian dalam permainan tolak peluru ditentukan berdasarkan titik paling jauh dari hasil lemparan bola besi.

Pemain yang memiliki kekuatan tangan dan teknik yang betul akan menghasilkan lemparan yang maksimal.

13. Karambol

Karambol bisa dianggap sebagai permainan meja yang merupakan modifikasi dari permainan biliar. Konon, permainan yang satu ini berasal dari India, kemudian menyebar pada 70-an.

Karambol memiliki beragam sebutan atau nama lain, misalnya karam, karum, karom, carum, carrum, couronne, dan finger biliiards.

 

Sumber: Dosenpenjas

Video Populer

Foto Populer