Sukses


Tujuan Wawasan Nusantara yang Perlu Diketahui Bangsa Indonesia, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Bola.com, Jakarta - Dengan mempelajari wawasan nusantara, akan tumbuh jiwa nasionalisme pada setiap warga Indonesia. Dengan tujuan wawasan nusantara, seseorang akan memprioritaskan kepentingan nasionalismenya.

Tujuan wawasan nusantara meliputi beragam aspek mulai dari kewilayahan, sosial budaya, sejarah, hingga Pancasila. Konsep utama wawasan nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional.

Wawasan nusantara berasal dari kata wawasan dan nusantara. Wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi.

Selanjutnya, muncul kata mawas, yang berarti memandang, meninjau atau melihat. Adapun pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang meliputi darat, laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan.

Wawasan berarti pula cara pandang, cara melihat. Adanya pandangan mengenai wawasan nusantara tentu bukan tanpa maksud dan tujuan.

Sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air penting untuk mengetahui dan memahami apa saja tujuan wawasan nusantara bagi Indonesia.

Berikut ini rangkuman tentang tujuan wawasan nusantara, seperti dilansir dari laman Zonareferensi, Selasa (25/5/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan wawasan nusantara secara umum dibedakan menjadi tujuan nasional serta tujuan wawasan nusantara keluar dan ke dalam.

Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 tersebut dijelaskan tujuan kemerdekaan Indonesia ialah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

3 dari 4 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara Keluar

Tujuan Wawasan Nusantara Keluar

Tujuan wawasan nusantara Indonesia keluar adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang makin mendunia maupun kehidupan dalam negeri.

Kemudian turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta kerja sama dan sikap saling hormat menghormati.

Hal ini berarti, bangsa Indonesia harus terus-menerus mengamankan dan menjaga kepentingan nasional dalam kehidupan internasionalnya di semua aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam UUD 1945.

 

4 dari 4 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara ke Dalam

Tujuan Wawasan Nusantara ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial.

Bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintregasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan.

 

Sumber: Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer