Sukses


6 Cara Ampuh untuk Tertidur dengan Cepat, Perkuat Imunitas

Bola.com, Jakarta - Tidur menjadi satu di antara kebutuhan dasar manusia. Memiliki kualitas tidur yang baik dapat membantu menjaga kesehatan dan kualitas kehidupan.

Tidur selama 6-8 jam sangat disarankan agar Anda merasa segar saat bangun. Banyak manfaat yang kita peroleh dengan memiliki kualitas tidur baik.

Beberapa di antaranya seperti, menjaga kesehatan otak Anda sehingga dapat tetap fokus dan konsetrasi, mempertajam ingatan, meningkatkan suasana hati, dan memperkuat sistem imunitas.

Namun, tak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jangankan kualitas tidur, sekadar bisa tertidur saja sudah menjadi sebuah permasalahan.

Beragam hal menjadi penyebab seseorang menghadapi persoalan sulit tidur. Padatnya aktivitas sehari-hari dan kecemasan yang timbul karena pekerjaan dan problrm kehidupan bisa menjadi satu di antara penyebab.

Meski tidak ada cara instan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu Anda tertidur dengan lebih cepat.

Berikut enam cara ampuh untuk tertidur dengan cepat, yang dapat memberikan Anda kualitas tidur lebih baik, dikutip dari Realsimple dan Quotespulse, Jumat (2/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Tertidur dengan Cepat

1. Membaca buku

Sebelum berbaring, usahakan Anda telah mematikan berbagai alat elektronik, seperti ponsel, televisi, dan komputer karena beberapa benda elektronik dapat membuat Anda tidak bisa tertidur.

Berikanlah cahaya yang seminimal mungkin dalam kamar Anda.

Membaca buku mungkin menjadi satu di antara opsi yang dapat Anda lakukan agar cepat tertidur. Beri pencahayaan sedikit saja yang langsung mengarah ke buku, cahaya yang tidak terlalu banyak dapat membuat Anda cepat terlelap.

Membaca buku fiksi atau komik bisa menjadi pilihan tepat karena jenis buku tersebut tidak menuntut Anda untuk berpikir keras ketika membacanya.

Jauhilah buku yang dapat Anda berpikir, seperti buku sains, karena ketika Anda tergugah untuk berpikir, secara otomatis otak akan bekerja keras dan membuat sulit untuk tertidur.

Baca beberapa buku hingga Anda tidak dapat membacanya dan tertidur dengan sendirinya. Ketika fokus otak berada pada buku yang kita baca, secara tidak sadar tubuh akan menjadi lebih rileks dan membantu untuk segera tertidur.

2. Mendengarkan cerita lewat audio

Jika membaca bukan menjadi kegemaran Anda, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk dapat tertidur dengan cepat. 

Anda tetap dapat terhibur sebelum tidur, yakni memanfaatkan aplikasi meditasi yang tersebar di pasaran seperti calm, HeadSpace, dan Breath and Think.

Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan cerita sebelum tidur dan suara yang menenangkan, seperti suara air laut dan suara kicau burung, yang dapat membuat kita lebih rileks dan cepat tertidur.

Meditasi yang kita lakukan sebelum tidur dapat membantu menurunkan detak jantung dengan menyalakan sistem saraf parasimpatis dan mendorong pernapasan lebih lambat.

Hal tersebut dapat memberikan kualitas tidur yang lebih baik dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Selain meditasi atau mendengarkan cerita-cerita, banyak podcast yang sengaja dibuat dengan tujuan membuat tidur pendengar, melalui suara-suara yang menenangkan.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Tertidur dengan Cepat

3. Berlatih yoga dan meditasi

Stres sangat memengaruhi pola tidur Anda, membuat Anda sulit untuk tertidur atau membangunkan kita di tengah malam. Itulah mengapa, sangat penting untuk merilekskan pikiran Anda dan menjaganya agar tetap bebas stres karena hal itu tidak hanya memengaruhi tidur Anda, tetapi juga semua aktivitas sepanjang hari.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk bermeditasi atau melakukan beberapa teknik yoga, untuk melepaskan semua ketegangan dan tekanan dalam diri Anda. 

Meditasi diketahui mampu meningkatkan sekresi melatonin yang akan membuat kita merasa lebih rileks, tertidur, dan bangun dengan tubuh yang berenergi.

4. Berlatih pernafasan

Melatih pernapasan akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tenang sehingga dapat memberikan kualitas tidur yang baik.

Ada teknik pernapasan yang dapat Anda lakukan sebelum tidur, satu di antaranya adalah metode 4-7-8. Teknik ini memiliki reaksi yang sama dengan obat penenang alami untuk sistem saraf.

Latihan pernapasan ini dapat Anda lakukan setiap malam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut caranya:

  1. Tutup mulut Anda dan mengambil napas dari hidung, dan tahan selama empat detik.
  2. Tahan napas anda selama tujuh detik.
  3. Buang napas Anda dari mulut, dan keluarkan suara "wooshh" selama delapan detik.
  4. Ulangi semua cara selama kurang lebih empat kali.
4 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Tertidur dengan Cepat

5. Jadikan ruangan segelap mungkin

Agar Anda tertidur dengan pulas dan cepat, buat suasana ruangan segelap mungkin. Mematikan lampu dan membuat ruangan gelap memberikan isyarat kepada otak Anda bahwa ini adalah saatnya untuk tidur, dan menghentikan aktivitas yang lainnya.

Paparan cahaya yang terlalu banyak sebelum tidur dapat menekan hormon melatonin, hormon yang memberi isyarat sistem otak dan tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tertidur.

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah, berikan lampu dengan watt yang rendah pada samping tempat tidur dan memasang tirai sebagai penghalang sinar matahari yang dapat masuk ke kamar Anda.

6. Turunkan suhu ruangan

Beberapa pakar telah menjelaskan bahwa suhu ruangan yang cukup dingin dapat membuat Anda tertidur lebih lelap dan cepat.

Atur pendingin ruangan Anda pada 15 hingga 19 derajat celcius ketika akan tidur. Hal tersebut dapat memberikan lingkungan yang sangat optimal kepada Anda ketika tertidur. 

 

Sumber: Realsimple, Quotespulse

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer