Sukses


8 Cara Meditasi yang Sempurna, Capai Ketenangan Maksimal

Bola.com, Jakarta - Meditasi merupakan jenis olahraga yang bagus untuk melatih fokus dan ketenangan. Maka dari itu, cara meditasi yang sempurna patut Anda pelajari secara maksimal.

Meditasi bisa dilakukan di mana saja, bahkan Anda pun bisa melakukan meditasi di dalam mobil saat terjadi kemacetan.

Meditasi memberikan manfaat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Anda pun akan menjadi pribadi yang sabar dan pandai mengendalikan emosi.

Pasalnya, meditasi bertujuan menciptakan ketenangan pikiran dengan tubuh yang lebih rileks. Anda bisa melakukannya di mana saja dengan tempat yang memiliki suasana tenang.

Berikut cara meditasi yang sempurna, disadur dari Merdeka, Rabu (7/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Meditasi yang Sempurna

1. Cari Posisi Ternyaman

Pilih posisi dan tempat paling nyaman untuk melakukan meditasi. Pastikan Anda bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika berada di ruangan untuk membuat tubuh lebih rileks, Anda bisa menyalakan lilin dengan aroma terapi dan mematikan lampu agar lebih bisa berkonsentrasi.

Gunakan juga bantal untuk duduk di lantai. Dengan menggunakan bantal, akan menjaga tubuh Anda tetap tegak dan tidak membungkuk.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pakailah pakaian yang nyaman, jangan gunakan pakaian dengan bahan jeans dan ketat. Pasang alarm untuk menentukan waktu meditasi, untuk pemula lakukan sesi pendek dahulu selama lima menit. Apabila sudah terbiasa, Anda bisa melakukannya dengan durasi hingga satu jam.

3 dari 5 halaman

Cara Meditasi yang Sempurna

3. Buat Tubuh Rileks

Tutup kedua mata dan ambil napas lewat hidung, lalu embuskan berlahan. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai tubuh benar-benar rileks. Rasakan energi positif masuk ke tubuh dan saat menghela napas, bayangkan semua stres atau pikiran yang mengganggu, ikut terbuang.

Dekatkan dagu dengan dada seperti ingin melihat ke bawah. Dengan sedikit menunduk, dada akan membusung sehingga lebih mudah bernapas.

4. Buang semua pikiran negatif

Sembari mengatur napas, buang jauh-jauh juga semua pikiran negatif yang ada. Maka, alam bawah sadar Anda secara tidak langsung membantu melepaskan semua energi negatif yang ada di kepala.

4 dari 5 halaman

Cara Meditasi yang Sempurna

5. Fokus pada Tujuan Meditasi

Tentukan dahulu alasan mengapa Anda ingin melakukan meditasi, seperti menghilangkan stres, mengasah kreativitas, atau membangun hubungan spiritual.

6. Fokuskan Perhatian pada Napas

Fokuskan perhatian pada hal-hal positif. Dengan berkonsentrasi penuh, dengan tarikan dan embusan napas, secara tidak langsung Anda akan menyadari bahwa semua pikiran tentang kehidupan sehari-hari bisa hilang dengan sendirinya.

Cobalah berkonsentrasi pada napas dengan cara yang nyaman, misal dengan suara napas.

5 dari 5 halaman

Cara Meditasi yang Sempurna

7. Amati napas 

Fokus dan amati setiap embusan napas Anda. Jangan berusaha mengingat apa yang menjadi beban pikiran yang dirasakan. Jangan berusaha mengamati napas dengan berpikir, tetapi sadari napas dengan merasakannya.

8. Konsentrasi dan jangan mudah terganggu

Selama proses meditasi, pasti ada masa di mana Anda memikirkan hal-hal lain. Tetapi, berusahalah untuk kembali fokus dengan pernapasan Anda dan segera buang pikiran-pikiran tersebut.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Khulafa Pinta Winastya. Published: 29/11/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer