Sukses


8 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah, Jadilah Pemilik Bertanggung Jawab

Bola.com, Jakarta - Ketika Anda berniat memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan Anda siap dengan tanggung jawab, terutama dalam hal perawatannya.

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan, terutama anjing dan kucing, yang dapat menghibur kita dengan tingkah lucu yang kerap mereka pertontonkan.

Akan tetapi, Anda juga memiliki tanggung jawab yang besar agar hewan yang Anda pelihara tetap terjaga kesehatannya dan memiliki umur yang panjang.

Banyak orang lalai dengan tanggung jawabnya setelah memutuskan memelihara hewan di rumah, semisal lupa menjaga kebersihan dan tidak memberi makan mereka secara teratur.

Hewan piaraan membutuhkan kasih sayang sehingga kepedulian Anda dan seluruh anggota keluarga kepada hewan yang dipelihara menjadi hal penting.

Hewan peliharaan yang dirawat dengan baik akan sehat dan senang. Anda pun gembira dengan kehadiran mereka yang menggemaskan dan lincah.

Berikut delapan cara merawat hewan peliharaan di rumah agar Andai tidak lalai dengan tanggung jawab, seperti dikutip dari Hillspet, Jumat (9/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah

1. Kunjungan Dokter Hewan

Merawat hewan peliharaan yang bertanggung jawab dimulai dengan kunjungan rutin ke dokter hewan. Mengingat umurnya yang lebih pendek dari manusia, anjing atau kucing milik Anda harus menjalani pemeriksaan setidaknya sekali atau dua kali setahun. 

Hal tersebut bergantung pada jadwal vaksinasi hewan peliharaan, mereka mungkin akan lebih sering ke dokter hewan ketika masih muda, tetapi menjaga kesehatan hewan peliharaan yang baik berarti mengikuti kunjungan dokter hewan seiring bertambahnya usia.

2. Vaksinasi

Memvaksinasi hewan peliharaan menjadi hal penting. Segera hewan peliharaan baru tiba Anda ke rumah, jadwalkan janji vaksinasi dengan dokter hewan kepercayaan Anda.

Selama kunjungan pertama, dokter hewan akan mengatur jadwal imunisasi anak anjing atau kucing kecil Anda untuk melindungi mereka dari penyakit dan virus. 

3. Menjaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Agar hewan kesayangan Anda dapat hidup dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk menjaga mereka dari serangan penyakit. Satu di antara cara yang bisa Andalakukan untuk memastikan hewan selalu sehat adalah menjaga kebersihan mereka.

Jangan lupa untuk selalu memandikan kucing dan anjing secara rutin agar mereka bebas dari kutu dan kotoran. Selain memandikan hewan, Anda juga harus menjaga rumah selalu bersih dan membersihkan kandang hewan dari kotoran.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah

4. Menyediakan Makanan dan Minuman Sehat

Dua elemen penting yang harus selalu Anda perhatikan untuk merawat hewan peliharaan adalah menyediakan mereka air segar, dingin, serta makanan sehat setiap saat.

Makanan hewan peliharaan yang tepat akan memperkaya kehidupan sahabat kecil Anda, memberi mereka energi dan nutrisi yang mereka butuhkan. Pilihlah makanan untuk kucing atau anjing Anda yang diperkaya dengan aneka nutrisi dan protein, dapat berupa makanan kering maupun basah.

5. Menyediakan Kadang yang Nyaman

Ketika Anda berniat memelihara hewan peliharaan di rumah, pastikan Anda sudah menyediakan kandang yang nyaman sebagai tempat mereka tinggal.

Setiap hewan peliharaan memiliki kriteria kandang yang berbeda-beda sehingga pastikan kandang yang Anda siapkan sudah sesuai kriteria tersebut.

Beberapa hewan peliharaan yang harus memiliki kandang, semisal kucing, anjing, dan burung. Kucing, anjing, dan kelinci juga harus memiliki kandang yang dilengkapi alas tidur yang nyaman sebagai tempat untuk mereka beristirahat.

6. Menjaga Keamanan

Beberapa peralatan rumah dapat mengancam keamanan hewan, di antaranya kabel televisi dan radio, kabel charger ponsel dan laptop, obat-obatan, dan tanaman.

Kucing dan anjing senang menggigit kabel sehingga pastikan semua kabel tersimpan dengan baik di area yang tidak bisa hewan peliharaan Anda jangkau.

Selain itu, ada pula tanaman hias indoor yang ternyata beracun bagi hewan peliharaan, jadi pastikan tanaman tersebut segera disingkirkan sebelum Anda mulai memelihara hewan di rumah. 

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah

7. Berikan Perawatan Gigi yang Baik di Rumah

Hewan peliharaan juga memiliki gigi. Coba untuk menyikat gigi hewan peliharaan Anda sekali sehari. Atau berikan snack kunyah enzimatik untuk membantu mencegah akumulasi karang gigi, penyakit gigi, dan bau mulut.

8. Memberikan Latihan Fisik

Sama seperti kita, tanpa latihan fisik, hewan peliharaan menjadi tidak bugar. Untuk membantu mencegah banyak masalah perilaku maupun medis, penting untuk menyediakan satu jam aktivitas fisik setiap hari.

Anda bahkan dapat membagi jam aktivitas menjadi 3-4 hal kesenangan. Berjalan-jalan di sekitar blok selama 15 menit di pagi hari atau lempar bola di halaman belakang saat Anda pulang kerja. 

 

Sumber: Hillspet

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer