Sukses


Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula, Bikin Piaraan Sehat dan Berumur Panjang

Bola.com, Jakarta - Ikan koi menjadi peliharaan yang banyak digemari oleh orang di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan koi memiliki keindahan corak khas pada tubuhnya.

Makin bervariasi corak pada ikan koi, makin mahal harganya. Bahkan ikan koi dapat dijual dengan harga miliiaran rupiah.

Nama koi berasal dari bahasa Jepang, yakni 'nishikoi'.

Selain karena tampilannya yang unik, ikan ini juga dipercaya masyarakat sebagai simbol pembawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Mitos tersebut berasal dari negara asalnya, Jepang.

Tentunya hal tersebut kembali ke kepercayaan masing-masing. Jika Anda tertarik memelihara ikan koi, pastikan dulu Anda sudah memahami cara merawat ikan koi yang benar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan koi, Anda bisa mendapatkan referensi cara merawatnya melalui artikel ini.

Berikut referensi cara merawat ikan koi dengan benar, cukup mudah dilakukan bagi para pemula, dilansir dari laman Arenahewan, Minggu (1/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula

1. Memilih kolam yang tepat

Untuk membuat kolam ikan koi, Anda harus membangun kolam dengan kedalaman sekitar satu meter yang mampu menampung air sebanyak 1100 liter air untuk setiap ikannya. Jika Ada ingin memelihara lebih dari satu ikan, Anda perlu membangun kolam dengan ukuran yang lebih besar.

2. Memberi makan ikan sesuai kondisi

Ketika Anda memberi makan kepada ikan koi, Anda harus memperhatikan beberapa kondisi, seperti suhu kolam, ukuran ikan, dan beri makan dengan jumlah yang sedikit karena saluran pencernaan ikan koi yang pendek.

Jika ikan kelebihan makanan, ikan lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawanya.

3. Menjaga kesegaran air kolam

Selalu pastikan kolam ikan koi cukup luas untuk secara natural dapat dialiri udara, dipompa, dan disaring sehingga dapat membuat air kolam selalu segar.

Anda dapat menambahkan bahan yang dapat menjaga air tetap segar dan beba dari hama. Bahan kimia ini dapat Anda dapatkan di petshop, dan pastikan bahan kimia tersebut aman untuk ikan.

4. Selalu memastikan kesehatan ikan koi

Ikan koi yang ada sekarang cenderung memiliki sistem imun yang lemah. Ketika Anda memberi makan kepada ikan, Anda dapat sekaligus mengamati keadaan ikan piaraan Anda.

Perhatikan apakah ikan yang Anda miliki mengalami masalah kesehatan, seperti kelelahan, hilang nafsu makan, cenderung menyendiri dari ikan lainnya, terdapat infeksi bakteri atau mengalami luka.

Untuk mencegah ini, Anda harus memastikan air kolam ikan tetap bersih dan segar.

Jika ikan sakit, segera pisahkan dari ikan-ikan yang sehat lainnya dan periksa kondisinya lebih lanjut.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula

5. Memberikan pelet ikan yang berkualitas

Selain makanan dasar, ikan koi membutuhkan tambahan makanan seperti pelet ikan yang mengandung protein tinggi. Pelet ikan yang dapat Anda berikan adalah pelet yang mengandung protein lebih dari 30 persen dan kandungan lemak sekitar lima persen.

6. Merendam pelet di dalam air kolam

Sebelum Anda memberi pelet ikan kepada ikan koi, rendam terlebih dahulu pelet ikan tersebut di dalam air kolam sekitar 30 detik hingga satu menit. Hal ini dapat membuat pelet menjadi lebih aman dan mudah untuk dicerna oleh ikan.

Pelet yang kering dapat mengembang di saluran cerna ikan dan dapat menyebabkan risiko saluran cerna tersumbat dan mengancam nyawa ikan.

7. Menyediakan tanaman alami kolam

Selain mendapat nutrisi dari makanan yang Anda berikan, beberapa nutrisi untuk ikan juga dapat berasal dari tanaman alami yang tumbuh di sekitar kolam.

8. Memberikan udang di beberapa waktu

Selain nutrisi yang didapatkan dari makanan sehari-hari, ikan koi memerlukan asupan protein yang lebih. Tambahan protein untuk ikan ini dapat Anda berikan dalam bentuk udang beku. Pemberian ini dilakukan jangan terlalu sering, melainkan hanya beberapa waktu saja.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula

9. Memberikan makanan yang dapat mencerahkan warna ikan

Lantaran ikan koi terkenal dengan warna kulitnya yang indah, Anda dapat memberi makanan yang dapat mencerahkan warna ikan.

Makanan yang dapat diberikan sebagai contoh adalah spirulina, udang, atau krill. Makanan-makanan itu telah dikenal secara luas dapat mencerahkan warna kulit ikan koi.

10. Memberi ikan koi makanan hidup

Di alam, ikan koi memperoleh makanan dari hewan kecil yang hidup. Untuk itu Anda juga dapat memberi ikan koi makanan hidup, seperti larva serangga, cacing, dan tanaman algae.

11. Mengetahui umur ikan koi

Dalam proses merawat ikan koi, Anda perlu mengetahui usia, panjang, serta berat dari ikan koi yang dipelihara. Catat perkembangan usia ikan yang dimiliki dari waktu ke waktu.

12. Mengukur suhu air kolam

Perubahan suhu air dapat memengaruhi metabolisme ikan sehingga dapat mengubah kebiasaan makan dari ikan. Makin tinggi suhu kolam, metabolisme ikan akan makin meningkat dan jumlah makanan serta frekuensi pemberian makan dapat diturunkan. Begitu juga sebaliknya.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula

13. Memberi makan ikan dalam jumlah yang sedikit

Dengan memperhitungkan kebutuhan makanan dari ikan, Anda dapat menentukan berapa jumlah makanan yang akan diberikan untuk ikan. Lebih baik Anda memberi makan ikan, paling tidak dengan frekuensi dua kali sehari.

14. Memberi makan ikan di satu lokasi tertentu

Pada saat memberi makan ikan koi, lebih baik Anda melakukannya di satu lokasi yang tetap. Idealnya, lokasi pemberian makan berada di pinggir kolam.

15. Membiarkan ikan koi melihat pemilik saat pemberian makan

Anda perlu juga membangun ikatan dengan ikan peliharaan Anda. Hal ini dapat dibangun saat Anda memberi makan kepada ikan-ikan Anda.

16. Menghitung kebutuhan makanan untuk satu ikan

Untuk menghitung kebutuhan ikan yang Anda pelihara dapat menggunakan rumus berikut yaitu: panjang ikan x persentase kebutuhan makanan dari bobot ikan = jumlah makanan.

Persentase kebutuhan makanan dari bobot ikan ini bergantung pada suhu kolam dan usia dari ikan piaraan Anda.

17. Menghitung kebutuhan makanan untuk ikan dalam jumlah banyak

Banyak dari Anda yang merawat ikan koi lebih dari satu ekor di dalam satu kolam. Untuk itu, Anda perlu menghitung kebutuhan makanan dari ikan yang ada di dalam satu kolam.

Untuk mendapatkan jumlah makanan ini, tambahkan seluruh kebutuhan makanan yang untuk setiap ikan yang ada di dalam kolam.

 

Sumber: Arenahewan.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer