Sukses


10 Cara Alami Meningkatkan Daya Ingat, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan otak merupakan cara sederhana yang bisa Anda terapkan setiap saat untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kognitif serta daya ingat.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan daya ingat seseorang akan menurun. Bahkan hal tersebut bisa terjadi kepada mereka yang masih berusia muda karena beberapa kebiasaan buruk.

Kebiasaan kurang baik seperti makan berlebihan, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, serta merokok berpartisipasi dalam penurunan daya ingat.

Daya ingat yang menurun dapat menganggu aktivitas sehari-hari karena orang yang mengalaminya akan mudah melupakan sesuatu.

Terlebih lagi, apabila hal yang harus diingat merupakan sesuatu penting dan memengaruhi pekerjaan yang sedang dilakukan. Meski terkadang kondisi ini menjadi kejadian yang normal, memiliki ingatan yang buruk bisa membuat frustrasi.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat sehingga kemampuan Anda dalam mengingat sesuatu akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah lupa.

Kemampuan daya ingat sangat erat kaitanya dengan kinerja fungsi otak, itulah mengapa hal utama yang harus dilakukan ialah menjaga otak agar tetap sehat.

Berikut 10 cara meningkatkan daya ingat, yang patut Anda coba, dikutip dari Healthline, Selasa (3/8/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat

1. Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Gula Tambahan

Makan terlalu banyak gula tambahan telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, termasuk penurunan kognitif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak gula dapat menyebabkan menurunya daya ingat dan mengurangi volume otak, terutama di area otak yang menyimpan memori jangka pendek.

2. Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Lemak ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stres, kecemasan, dan memperlambat penurunan mental.

Banyak penelitian menunjukkan mengonsumsi ikan dan suplemen minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua dan anak-anak.

3. Lakukan Senam Otak

Otak perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat

4. Memiliki Tidur yang Cukup

Cara lain untuk meningkatkan daya ingat adalah mendapatkan tidur cukup. Tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dan hal-hal yang sudah Anda lewati. 

Idealnya, orang dewasa butuh selama 7-9 jam tiap malam. Selain itu, tidur yang berkualitas dan cukup, membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

5. Meditasi

Latihan meditasi dapat memengaruhi kesehatan Anda secara positif dalam banyak hal. Itu menenangkan serta membuat rileks, dan mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, bahkan meningkatkan daya ingat.

Meditasi telah terbukti meningkatkan 'materi abu-abu di otak'. Materi abu-abu mengandung badan sel neuron. Seiring bertambahnya usia, materi abu-abu menurun, yang berdampak negatif pada memori dan kognisi.

Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan memori jangka pendek pada orang-orang berusia 20-an hingga manula.

6. Mengurangi stres

Aktivitas fisik merupakan cara efektif untuk meningkatkan daya ingat dan kinerja otak dengan meredakan stres. Ketika stres, beberapa orang mungkin mengalami brain fog atau kabut mental.

Hormon kortisol yang dihasilkan saat Anda stres diketahui dapat mengganggu kemampuan otak untuk menajamkan daya ingat. Tetapi, kalau tubuh memproduksi hormon ini dalam jumlah yang cukup, efeknya bisa meningkatkan fungsi memori, bahkan menambah daya tahan tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat

7. Pertahankan Berat Badan

Mempertahankan berat badan yang ideal penting untuk kesejahteraan dan merupakan satu di antara cara terbaik untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda dalam kondisi prima.

Beberapa penelitian telah menetapkan obesitas sebagai faktor risiko penurunan kognitif. Obesitas sebenarnya dapat menyebabkan perubahan pada gen terkait memori di otak, yang secara negatif memengaruhi memori.

Obesitas juga bisa menyebabkan resistensi insulin dan peradangan, yang keduanya dapat berdampak negatif pada otak.

8. Kurangi Minum Alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat merusak kesehatan Anda dalam banyak hal dan berdampak negatif pada memori atau daya ingat Anda.

Sebuah penelitian terhadap 155 mahasiswa menemukan bahwa siswa yang mengonsumsi enam atau lebih minuman dalam waktu singkat, baik mingguan atau bulanan, mengalami kesulitan dalam tes ingatan langsung dan tertunda dibandingkan dengan siswa yang tidak pernah minum minuman beralkohol.

9. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan banyak peran vital dalam tubuh. Rendahnya tingkat vitamin D telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif. 

Kadar vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena demensia. Kekurangan vitamin D sangat umum, terutama di iklim dingin dan pada mereka yang memiliki kulit lebih gelap.

Coba untuk mengonsumsi suplemen vitamin D atau berbagai makanan yang kaya akan vitamin ini, seperti ikan salmon, susu, dan pisang.

10. Berolahraga

Olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Penelitian telah membuktikan olahraga bermanfaat bagi otak dan membantu meningkatkan daya ingat pada orang-orang dari segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa yang lebih tua.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer