Sukses


Yuk Ketahui Lagi Beragam Fakta Menarik Medali di Ajang Olimpiade Tokyo 2020 : Ternyata Terbuat dari Daur Ulang Ponsel Bekas

Bola.com, Jakarta - Berikut ini fakta menarik medali yang diberikan pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang belum diketahui banyak orang bahwa sesungguhnya memiliki makna yang mendalam.

Saksikan cuplikan perjuangan atlet Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 di platform Vidio.com ekslusif Champions TV, gratis bagi pengguna Telkomsel.

Dilansir dari situs Olimpiade, ada beberapa fakta menarik mengenai medali emas, perak, dan perunggu pada ajang Olimpiade Tokyo 2020.

 

Fakta pertama, panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 mengadakan “Tokyo 2020 Medal Project” untuk mengumpulkan perangkat elektronik kecil seperti ponsel bekas dari seluruh Jepang.

Proyek ini menjadikan Tokyo 2020 yang pertama dalam sejarah Olimpiade dan Paralimpiade yang melibatkan warga dalam produksi medali, dan pembuatan medali menggunakan logam daur ulang.

Jadi medali tersebut merupakan medali yang ramah lingkungan dan berkelanjutan akan menjadi warisan Olimpiade Tokyo 2020.

Fakta kedua, desain medali Olimpiade Tokyo 2020 mencerminkan konsep bahwa, untuk mencapai kejayaan, para atlet harus berjuang keras untuk meraih kemenangan setiap hari.

Saksikan Video Pilihan Berikut ini

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Medali Olimpiade Tokyo 2020

 

Fakta ketiga, medali yang didapatkan atlet adalah medali yang menyerupai batu kasar yang telah dipoles dan sekarang bersinar, dengan tema keseluruhan "ringan" dan "kecemerlangan".

Fakta keempat, desain medali dimaksudkan untuk melambangkan keragaman dan mewakili dunia di mana orang-orang yang bersaing dalam olahraga dan bekerja keras dihormati.

Fakta kelima, medali yang didapatkan atlet memilki rincian sebagai berikut

·         Diameter 85mm

·         Ketebalan Bagian tertipis: 7.7mm

·         Bagian paling tebal: 12.1mm

·         Berat Emas: sekitar 556gram

·         Perak: sekitar 550gram

·         Perunggu: sekitar 450gram

·         Komposisi Emas: lebih dari 6 gram pelapisan emas pada perak murni

·         Perak: perak murni

·         Perunggu: kuningan merah (95% tembaga dan 5% seng)

·         Pita : Tali Pita Terlampir di bagian atas medali

·         Sisi Medali : Olimpiade Tokyo 2020 terukir dalam bahasa Inggris

Fakta keenam, pita medali Olimpiade Tokyo 2020 menggunakan motif desain tradisional Jepang yang terdapat pada ichimatsu moyo (pola kotak-kotak yang diselaraskan) dan kasane no irome (teknik pelapisan kimono tradisional).  

Pita ini dirancang untuk menjadi cerminan Jepang itu sendiri dan cara negara itu menunjukkan “Bhinneka Tunggal Ika”. Desainnya juga mempromosikan visi merek Tokyo 2020 "Inovasi dari Harmoni".

Fakta ketujuh, pada garis cembung medali, terdapat permukaan pita yang dapat menyentuhnya. Bahannya terbuat dari serat poliester daur ulang secara kimia yang menghasilkan lebih sedikit CO2 selama proses pembuatannya digunakan.

Dan fakta terakhir, desain kotak medali Olimpiade Tokyo 2020 terinspirasi oleh lambang Olimpiade Tokyo 2020.

Saksikan highlights pertandingan tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 di platform Vidio.com ekslusif Champions TV, gratis bagi pengguna Telkomsel.

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer