Sukses


9 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Alkohol, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa mengganggu kondisi kesehatan, Anda terutama apabila Anda telah berusia lanjut.

Ada berbagai penyakit yang bisa muncul apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, seperti kanker, serangan jantung, dan gangguan saraf otak.

Orang yang mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, biasanya mereka telah mengalami kecanduan akan minuman yang satu ini, dan sulit untuk menghentikannya.

Selain itu, ketika seseorang telah mengalami kecanduan alkohol, mereka akan sulit mengontrol diri dan cenderung mencari berbagai cara untuk terus mengonsumsi alkohol.

Ada reaksi kimiawi yang membuat seseorang merasa puas ketika minum alkohol. Hal tersebut yang membuat para pecandu alkohol sulit melepaskan ketergantungannya.

Akan tetapi, jika hal ini dibiarkan dan tidak segera dihentikan, dapat memberikan efek samping yang tidak baik. Mulai masalah kesehatan hingga risiko munculnya masalah sosial.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk berhenti kecanduan minuman beralkohol, semisal menyibukkan diri dengan aktivitas  serta meminta bantuan orang terdekat.

Berikut sembilan cara mengatasi kecanduan alkohol, yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari Healthline dan Riahealth, Senin (9/8/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Alkohol

1. Meminta Dukungan Orang Terdekat

Beritahu orang terdekat mengenai keputusan Anda untuk berhenti minum alkohol. Hal ini dapat memotivasi Anda agar tetap konsisten dalam mengambil keputusan. Keluarga, pasangan, dan teman terdekat dapat memberikan dorongan dan dukungan saat Anda ingin berhenti minum. 

Mereka juga bisa kapan saja Anda mintai tolong untuk mengingatkan setiap saat Anda akan mulai meminum alkohol kembali. Dukungan secara moral sangat dibutuhkan ketika Anda ingin berhenti dari kecanduan terhadap beberapa hal.

2. Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup merupakan langkah penting untuk mengatasi kecanduan alkohol. Anda perlu mulai menerapkan gaya hidup sehat, seperti dengan beristirahat cukup dan rutin berolahraga.

Aktivitas lama yang berkaitan dengan alkohol perlu dijauhi dan diganti dengan aktivitas baru yang lebih positif, seperti membangun aktivitas spiritual dengan lebih rutin beribadah. Selain itu, Anda perlu menjauhi teman dan situasi yang tidak mendukung proses pemulihan.

3. Tetapkan Tujuan

Buatlah sebuah jurnal tujuan mengenai seberapa banyak minuman beralkohol yang dapat Anda minum. Jika melebihi target yang Anda tulis, segeralah berhenti dan hindari.

Buat target untuk mengurangi konsumsi alkohol secara bertahap. Cara tersebut dapat membantu proses Anda mengurangi konsumsi minuman beralkohol secara menyeluruh.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Alkohol

4. Mencari Kegiatan Lain

Pertimbangkan pergi ke gym setelah bekerja untuk menggantikan minum bir. Carilah kelompok sosial yang berfokus pada hobi bersama, seperti musik, olahraga, seni dan kerajinan, atau hiking.

Isi jadwal Anda dengan hal-hal yang harus dilakukan alih-alih mendatangi bar untuk minum minuman beralkohol, dan perhatikan saat itu semua akhirnya menggantikan alkohol dalam hidup Anda.

5. Hindari Godaan Minum Alkohol

Untuk beberapa situasi, strategi terbaik Anda mungkin menghindari godaan sama sekali. Jika Anda merasa bersalah menghindari atau membatalkan janji bertemu teman-teman Anda (di mana ada kemungkinan godaan besar untuk minum alkohol), Anda bisa mengubah lokasi bertemu di tempat yang tidak menjual alkohol.

Anda tetap bisa menjalin hubungan pertemanan Anda dengan melakukan aktivitas lain yang tidak melibatkan atau menghadirkan alkohol, dan mengganti minuman alkohol dengan minuman lainnya yang lebih menyehatkan.

6. Temukan Minuman Favorit Baru

Memilih minuman pengganti yang tepat dapat membantu Anda tetap teguh dalam keinginan untuk berhenti minum alkohol. Air putih mungkin menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi memang bukan pilihan yang paling menarik.

Dengan sedikit kreativitas, Anda perlu berusaha sedikit keras untuk menemukan minuman favorit baru, namun tidak masalah, asalkan Anda tidak mendekat lagi pada alkohol. Anda dapat mencoba mengganti minuman alkohol dengan jus buah atau kopi yang tak kalah enaknya.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Alkohol

7. Minta Bantuan Psikolog

Jika Anda tidak mampu mengatasi kecanduan alkohol ini sendiri, saatnya untuk menemui psikolog. Masalah kecanduan alkohol dapat diatasi dengan pendekatan psikologis bersama psikolog.

Psikolog akan membantu dengan beberapa cara mengatasi kecanduan alkohol, seperti mengubah perilaku yang membuat kecanduan minum alkohol, membangun sistem pendukung diri yang kuat, dan membantu membangun tujuan hidup baru.

8. Memberikan Diri Motivasi

Motivasi menjadi suatu hal yang perlu ketika ingin berhenti dari kecanduan. Katakan kepada diri Anda, bahwa terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat membuat kondisi kesehatan Anda menurun.

Ada banyak gangguan kesehatan jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, seperti munculnya kanker, gagal jantung, diabetes, dan gangguan saraf otak.

9. Menjauhi Stres

Menjauhi stres bisa menjadi cara Anda untuk menghindari kecanduan alkohol. Pada beberapa kasus, kecanduan minum minuman beralkohol yang dialami seseorang dikarenakan mereka mengalami stres.

Anda dapat mencoba mengurangi stres dengan melakukan hobi atau kegiatan yang Anda sukai, atau melakukan relaksasi untuk mengurangi ketegangan penyebab stres.

 

Sumber: Healthline, Riahealth

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer