Sukses


Ciri-Ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lembaga sosial adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan norma sosial, di mana keberadaannya mengatur pola hidup dalam masyarakat atau lingkungan tempat tinggalnya.

Lembaga sosial terbentuk berdasarkan keinginan dan berlandaskan pada kebutuhan setiap masyarakat untuk mempertahankan eksistensi atas kaidah-kaidah tertentu.

Jadi, lembaga sosial bisa dibilang lembaga yang anggotanya terdiri dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena adanya satu kesamaan visi dan misi.

Setiap anggota yang masuk suatu lembaga sosial akan terikat dengan peraturan yang dibuat dan harus dipatuhi. Jadi, lembaga sosial yang ada bersifat mengatur tentang bagaimana individu harus bertindak, berperilaku serta beraktivitas sehari-hari.

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan adanya lembaga sosial, di mana interaksi sosial dapat terjadi di dalamnya. Dengan adanya lembaga sosial akan tercipta keteraturan sosial dalam hidup bermasyarakat.

Tak hanya itu, lembaga sosial menjadi pedoman individu dalam bersikap serta memberikan batas-batas dalam bertingkah laku agar individu tidak menyimpang.

Masing-masing lembaga sosial dibentuk atas dasar fungsi dan tujuan yang berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.

Lembaga sosial terbentuk dari adanya nilai, norma, budaya, adat istiadat, dan tata kelakuan hidup masyarakat. Ada ciri-ciri lembaga sosial yang penting untuk diketahui dan dipahami.

Berikut ini rangkuman ciri-ciri lembaga sosial yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman dosensosiologi.com, Selasa (10/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Lembaga Sosial Memiliki Simbol

Setiap lembaga sosial memiliki simbol. Simbol yang ada dalam lembaga sosial difungsikan untuk mempermudah seseorang mengingat keberadaan lembaga, visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai.

Simbol-simbol dalam lembaga sosial tersebut dapat berupa gambar (logo), tulisan, gabungan antara gambar atau tulisan dan logo, serta bendera panji.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Memiliki Tingkat Kekekalan Tertentu

Dalam tipe lembaga sosial terdapat norma sosial. Norma sosial terbentuk melalui kesepakatan dan proses panjang untuk mengatur kehidupan individu dalam masyarakat.

Ketika lembaga sosial diciptakan masyarakat beserta asosiasinya, lembaga sosial tersebut cenderung bertahan lama dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, suatu lembaga sosial akan terus diwariskan dari generasi ke generasi selama lembaga sosial tersebut dirasa benguna oleh masyarakat.

Realitas sosial ini mengindikasikan bahwa lembaga sosial memiliki tingkat kekekalan tertentu.

Ciri lembaga sosial bisa dikatakan sempurna jika memiliki kekekalan tertentu yang menjadi tanggung jawab setiap pihak yang ada dalam lembaga tersebut.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Memiliki Tradisi, Baik Tertulis atau Tidak

Setiap lembaga sosial yang kita kenal mengandung aturan baik tertulis atau tidak tertulis. Aturan dalam lembaga sosial ini wajib ditaati oleh individu yang tergabung dalam lembaga sosial tersebut.

Memiliki Tujuan Jelas

Ciri khas lembaga sosial adalah memiliki aturan yang jelas. Aturan ini harus disepakati bersama antara satu anggota dengan anggota lainnya.

Oleh karenanya ada istilah yang mengatakan jika lembaga sosial dibentuk untuk mengatur hubungan sosial dalam setiap masyarakat.

Memiliki Alat dan Kelengkapan

Tujuan lembaga sosial lainnya adalah dengan memiliki alat dan kelengkapan untuk mencapai berbagai bentuk tujuan yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Memiliki Pola Prilaku

Ciri lembaga sosial selanjutnya adalah memiliki pola perilaku, yang bisa diartikan sebagai sekumpulan pola pemikiran yang terwujud berdasarkan aktivitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya.

Maka dari itu, wajar jika dalam lembaga sosial memiliki atau terdiri atas norma, adat, kebiasaan, dan juga tata kelakukan yang tergabung dalam kesatuan fungsi antara satu dengan yang lainnya.

6 dari 6 halaman

Fungsi Lembaga Sosial

Fungsi lembaga sosial adalah sebagai pedoman masyarakat dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, lembaga sosial juga berfungsi sebagai penyatu individu-individu yang ada di lingkungan kehidupan masyarakat.

Lembaga sosial biasanya dijadikan sebagai tempat belajar sekaligus sebagai penegak berbagai macam tindakan yang dilakukan masyarakat. Selain itu, lembaga sosial merupakan wadah tempat bersatunya masyarakat yang ada di sekitar lembaga sosial tersebut.

 

Sumber: Dosensosiologi

Video Populer

Foto Populer