Sukses


8 Manfaat Ampuh Daun Bawang bagi Kesehatan, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Banyak jenis sayuran yang memilki kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh, satu di antaranya daun bawang.

Daun bawang cukup populer di berbagai wilayah dunia, khususnya di Asia. Daun bawang sering dijadikan campuran dalam membuat masakan.

Seperti halnya bawang, daun bawang saat ditumis mengeluarkan aroma khas yang terkadang meningkatkan nafsu makan bagi kebanyakan orang.

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengonsumsi daun bawang, satu di antaranya menyehatkan jantung.

Namun, masih banyak kalangan yang tidak mau mengonsumsi atau menghindari daun bawang karena tidak menyukai baunya. Padahal, mengonsumsi daun bawang mampu menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Daun bawang mengandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin K. Daun bawang juga mengandung flavonoid dan potasium.

Berikut delapan manfaat ampuh daun bawang bagi kesehatan, yang bisa Anda segera buktikan, seperti dikutip dari Conserveenergyfuture dan Healthline, Kamis (19/8/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Ampuh Daun Bawang bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

Daun bawang merupakan satu di antara keluarga tumbuhan alium yang di dalamnya mengandung berbagai zat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan bantuan kaempferol flavonoid, ditemukan dalam jumlah tinggi di daun bawang, telah terbukti sayuran ini dapat menurunkan risiko serangan dan penyakit jantung.

Selain itu, konsentrasi antioksidan yang tinggi dapat memberikan perlindungan pada pembuluh darah terhadap kerusakan oksidatif.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang mengandung banyak vitamin A dan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dan memperkuat tubuh, yang membantu melawan infeksi.

Selain itu, kadar vitamin E yang tinggi terbukti mengurangi penyebaran molekul pro-inflamasi, seperti sitokin.

Untuk mendapatkan hasilnya, Anda bisa mecampurkan daun bawang dengan aneka masakan yang Anda buat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Ampuh Daun Bawang bagi Kesehatan

3. Membantu Pencernaan

Daun bawang mengandung banyak serat yang dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar, di mana hal itu membantu pencernaan mengeluarkan berbagai zat beracun dari dalam tubuh.

Anda dapat memasak daun bawang dengan berbagai macam sayuran lainnya untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan. 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula darah tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Satu di antara penyakit yang akan muncul karena kondisi tersebut adalah diabetes.

Daun bawang mengandung sulfur yang membantu menurunkan kadar gula darah. Sulfur meningkatkan produksi insulin, yang pada akhirnya dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Ampuh Daun Bawang bagi Kesehatan

5. Membantu Menyehatkan Mata

Daun bawang mengandung beta karoten yang biasanya ditemukan pada wortel. Komponen tersebut dapat menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan. Daun bawang juga kaya kandungan vitamin A, yang dapat mencegah berbagai masalah yang muncul di mata.

Konsumsi daun bawang secara rutin untuk menjaga penglihatan tetap jernih.

6. Mengatasi Asma

Daun bawang memiliki kandungan hytochemical yang dipercaya mampu meredakan gejala asma seperti sesak napas, dengan cara membersihkan saluran pernapasan. Selain itu daun bawang dapat membantu melawan infeksi dan menguatkan imun tubuh.

Anda dapat mengonsumsi daun bawang dalam kondisi mentah atau memasaknya dengan berbagai sayuran lainnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Ampuh Daun Bawang bagi Kesehatan

7. Menurunkan Berat Badan

Daun bawang memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, namun kandungan serat tinggi sehingga baik dimasukan ke menu makanan diet.

Kandungan serat yang tinggi dalam daun bawang akan membantu perut merasa kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi asupan makanan yang terkadang membuat berat badan menjadi naik.

8. Mencegah Flu

Anda biasanya menggunakan obat-obatan atau suplemen untuk mencegah maupun mengobati flu. Untuk mencegah flu, Anda dapat menggunakan daun bawang.

Daun bawang menjadi obat alami yang cukup baik untuk melawan flu berkat sifat antibakteri dan antivirusnya. Daun bawang juga mampu mengurangi lendir di dalam saluran pernapasan saat terserang flu.

 

Sumber: Conserveenergyfuture, Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer