Sukses


9 Manfaat Mengagumkan Berjemur bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi, satu di antaranya yang paling terasa adalah manfaat menjaga kesehatan tubuh.

Di sisi lain, ada yang mengatakan paparan ultraviolet berbahaya bagi tubuh. Tetapi, faktanya, banyak khasiat baik yang diberikan sinar matahari.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari karena pada waktu ini paparan sinar matahari belum terlalu terik.

Satu di antara manfaat yang bisa dirasakan dengan mudah ketika rutin berjemur adalah mendapatkan vitamin D secara alami.

Vitamin D berfungsi pada banyak hal di dalam tubuh, khususnya memperkuat tulang dan mencegahnya dari keropos serta menghindarkan tubuh dari kanker.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari berjemur? Berikut sembilan manfaat mengagumkan berjemur bagi kesehatan, seperti dikutip dari Lifehack dan Medlife, Senin (23/8/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Berjemur bagi Kesehatan

1. Membantu Mengatasi Masalah Tidur

Jika Anda menderita sleep apnea atau insomnia, yang perlu Anda lakukan adalah berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari paling tidak selama 15 menit dan ini dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Berjemur di pagi hari dapat membantu kinerja fungsi otak dengan membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin, zat kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati.

Jika Anda sering melakukan aktivitas di dalam ruangan dan kurang berjemur di bawah sinar matahari, hal tersebut dapat menyebabkan depresi. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari selama minimal 15 menit setiap hari.

3. Mengurangi Tekanan Darah

Satu di antara penyakit yang paling umum diidap banyak orang adalah tekanan darah tinggi. Ada banyak makanan yang dapat menurunkan tekanan darah yang cukup tinggi, namun berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit dapat mengurangi tekanan darah dengan lebih efisien.

Berjemur membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah. Hal ini membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Berjemur bagi Kesehatan

4. Membantu Pertumbuhan Anak

Beberapa penelitian menunjukkan bagi anak yang terpapar sinar matahari pagi selama kurang lebih 20 menit, berpengaruh pada tinggi badan mereka di kemudian hari.

Hal yang perlu Anda lakukan yakni membiarkan anak Anda tetap di bawah sinar matahari paling tidak selama 20 menit di pagi hari secara rutin dan ini akan membantu pertumbuhan mereka.

5. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Berjemur di bawah sinar matahari dengan rutin selama minimal lima menit akan membantu menjauhkan Anda dari gangguan kulit, seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, psoriasis, dan infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur.

Sinar matahari telah digunakan untuk berbagai macam masalah kulit sejak dahulu.

Anda perlu berjemur di bawah sinar matahari secara rutin untuk menghilangkan berbagai masalah pada kulit tersebut, namun jangan terlalu lama karena hal tersebut akan merusak kulit.

6. Mengurangi Potensi Terkena Alzeimer

Ada penelitian bahwa orang yang mengidap penyakit Alzeimer, dan berjemur dengan rutin di pagi hari, dapat memiliki skor bagus ketika melakukan ujian mental dan mengurangi gejala penyakit. 

Hal tersebut merupakan fakta, terbukti bahwa pengidap Alzheimer yang terpapar sinar matahari memiliki lebih sedikit gejala depresi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Berjemur bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Paparan sinar matahari telah digunakan semenjak lama sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Berjemur dapat meningkatkan kadar sel darah putih di dalam tubuh, yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit memasuki tubuh.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Kekurangan asupan vitamin D menjadi satu di antara penyebab munculnya kanker pada tubuh. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kanker payudara dan kanker usus besar. 

Kulit manusia dapat menghasilkan sejumlah besar vitamin D dan ini terjadi ketika kulit Anda terkena sinar matahari. Cara yang paling mudah adalah berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari. Berjemur akan mengurangi risiko Anda terkena berbagai jenis kanker lainnya.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tulang sangat membutuhkan asupan vitamin D agar tetap kuat dan sehat. Di sisi lain, sinar matahari merupakan satu di antara sumber vitamin D yang  baik bagi tubuh kita.

Jadi, Anda perlu berjemur secara rutin setiap hari selama 10-15 menit untuk menjaga kesehatan tulang.

 

Sumber:  Lifehack, Medlife

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer