Sukses


Tata Cara Sujud Tilawah Beserta Bacaan Doa dan Niatnya

Bola.com, Jakarta - Sujud merupakan satu di antara gerakan dalam ibadah pada ajaran Islam. Ada empat macam sujud yang dilakukan dalam keadaan tertentu, yakni sujud dalam salat, sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Melakukan Sujud Tilawah Sesuai Syariat Islam

Sujud Tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika mendengar atau membaca penggalan ayat dalam Al-Qur'an, yang termasuk ayat Sajdah.

Melakukan sujud tersebut bisa ketika dalam keadaan salat maupun di luar salat. Kedua kondisi tersebut memiliki ketentuannya masing-masing.

Ayat Sajdah bisa ditandai dengan simbol seperti kubah atau tugu, ada juga yang membuat tulisan kecil berlafalkan as-sajdah.

Letak tanda tersebut bergantung pada cetakan mushaf, dan biasanya berada pada pinggir halaman yang sebaris dengan ayat tersebut, bisa pula berada di ujung atau akhir ayat sajdah.

Sujud Tilawah dilakukan umat Muslim sebagai bentuk merendah diri kepada Allah SWT. Setiap ayat Sajdah juga hampir memiliki kesamaan makna yaitu bentuk penyembahan kepada Allah.

Lantas, bagaimana tata cara mendirikan sujud Tilawah? Berikut tata cara sujud Tilawah beserta bacaan doa dan niatnya, dilansir dari laman Dalamislam, Senin (23/8/2021).

2 dari 4 halaman

Ayat Sajdah untuk Sujud Tilawah

Contoh ayat sajdah sebagai berikut :

Al-Araf (7) ayat 206

Ar-Rad (13) ayat 15

An-Nahl (16) ayat 50

Al-Isra (17) ayat 107 - 109

Maryam (19) ayat 58

Al-Hajj (22) ayat 18

Al-Hajj (22) ayat 77

Al-Furqan (25) ayat 60

An-Naml (27) ayat 2426

As-Sajdah (32) ayat 15

Shad (38) ayat 24

Fushshilat (41) ayat 37 38

An-Najm (53) ayat 62

Al-Insyiqaq (84) ayat 20 - 21

Al-Alaq (96) ayat 19

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sujud Tilawah

Sujud tilawah ada dua jenis, yaitu sujud yang dilakukan dalam salat dan yang dilakukan dil uar salat. Berikut perbedaan tata cara menjalankannya:

Dilakukan dalam Salat

Pada saat membaca ayat-ayat sajdah, disunahkan untuk berniat melakukan sujud untuk tilawah. Mengucapkan takbir, kemudian melakukan sujud sekali dan membaca doa sujud tilawah. Kemudian berdiri kembali dan melanjutkan bacaan ayat tersebut untuk melanjutkan salatnya sampai salam.

Lalu ketika dalam salat berjamaah, sujud tilawah dilakukan secara berjamaah dengan mengikuti imamnya. Jika imam tidak melakukannya maka makmumnya juga tidak perlu bersujud. Jika melakukan sujud tilawah sendiri maka akan batal salatnya karena salat berjamaah harus mengikuti imam.

Dilakukan di luar Salat

Sujud tilawah disunahkan untuk dilakukan jika mendengar atau membaca ayat sajadh. Jika ingin melakukan sujud tilawah maka berniat sujud tilawah kemudian bertakbir seperti takbiratul ihram dalam salat dan sujud sekali dengan membaca doa sujud tilawah.

4 dari 4 halaman

Niat dan Doa Sujud Tilawah

Baca Niat Sujud Tilawah

"Nawaitu sujuuda taalaawati sunnattan lillaahi ta'aala"

Artinya: "Aku melakukan sujud tilawah sunah karena Allah Ta'ala."

 

Bacaan Sujud Tilawah

Terdapat bacaan sunah yang dibaca saat sujud tilawah, sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudlatut Thalibin:

"Sajada wajhiya lil ladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi"

Artinya: "Bersujud wajahku kepada dzat yang telah menciptakannya, telah membentuknya, telah membukakan pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya."

"Allahummaktub li biha ‘indaka ajraa, waj’alha li ‘indaka dzukhran, wa dla’ ‘anni biha wizran, waqbalha minni kama qabiltaha min ‘abdika dawuda ‘alaihissalam"

Artinya: "Ya Allah, tetapkanlah pahala untukku di sisi-Mu dengan sujud ini, jadikanlah sujud ini sebagai tabunganku di sisi-Mu, lepaskanlah dosa-dosaku melalui sujud ini, terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Nabi Daud."

 

Sumber: DalamIslam

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer