Sukses


Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Jenis Surat Pernyataan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Surat pernyataan kerap dipergunakan untuk berbagai keperluan, baik di dunia kerja maupun untuk keperluan perjanjian lainnya.

Surat pernyataan dibuat sendiri oleh pihak yang bersangkutan untuk mengikat perseorangan atau kelompok kepada pihak lain dalam kesanggupan tertentu, menjelaskan sesuatu atau mengakui sesuatu beserta risiko yang akan dihadapi.

Pembuatan surat pernyataan lebih sering dilakukan secara resmi karena merupakan bentuk kesanggupan atas sesuatu hal. Oleh sebab itu, dalam urusan pembuatan surat pernyataan harus dilakukan secara benar serta sesuai.

Dalam surat pernyataan terdapat aspek legalitas yang harus ditulis. Untuk mendapatkan pengakuan hukum maka surat pernyataan harus ditandatangani di atas materai sehingga pernyataan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan.

Pembubuhan materai sebagai unsur dari pengakuan akan lebih memperkuat isi dan penjelasan yang termuat dalam surat tersebut.

Itulah sekilas penjelasan tentang surat pernyataan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pemaparan tentang surat pernyataan, dikutip dari laman Moondoggiesmusic dan Seputarilmu, Kamis (26/8/2021).

2 dari 5 halaman

Tujuan Penulisan Surat Pernyataan

Pembuatan surat  pernyataan memiliki beberapa tujuan, di antaranya:

- Tujuan sehari-hari

Dalam hal ini surat pernyataan dibuat sebagai pelengkap sebuah persyaratan, seperti contohnya pada urusan lamaran pekerjaan yang mewajibkan melampirkan surat pernyataan.

- Untuk keperluan dinas atau pekerjaan

Dalam hal ini pembuatan surat pernyataan diberikan untuk melancarkan urusan pekerjaan karena adanya surat pernyataan akan menjadikan pekerjaan lebih mudah dan cepat dilakukan.

- Keperluan lembaga

Keperluan untuk lembaga menunjukan bahwa surat pernyataan dibuat untuk sebuah lembaga guna memberikan pernyataan mengenai sebuah pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara optimal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Surat Pernyataan

Beberapa manfaat dari surat pernyataan, sebagai berikut:

- Manfaat bagi penerima

Manfaat yang didapatkan bagi penerima surat pernyataan adalah adanya bukti pertanggungjawaban yang mengikat. Bukti ini hal penting dan mengikat di mana bisa menjadi tolok ukur keseriusan dari pembuat dalam melaksanakan apa yang menjadi pernyataannya.

- Manfaat bagi pembuat

Bagi pembuat akan memberikan manfaat berupa pemberian kualitas atau petunjuk mengenai sebuah kesanggupan dan kinerja pembuat, atau dengan kata lain menunjukan kredibilitas dari pembuat surat yang akan ditunjukkan atau dijelaskan kepada pihak lain.

- Manfaat bagi pihak yang dinyatakan

Keberadaan surat pernyataan akan memberi keuntungan kepada pihak yang dinyatakan dalam surat karena akan mendapat pengakuan dari suatu pihak terkait hal yang telah dilakukan. Pengakuan dapat berupa pengakuan sebagai anggota atau mengenai kinerja yang telah dilakukan.

Pembuatan surat pernyataan memberikan berbagai manfaat dari banyak pihak sehingga surat pernyataan termasuk bagian surat penting dari sebuah proses surat-menyurat.

4 dari 5 halaman

Fungsi Surat Pernyataan

Berikut ini beberapa fungsi surat pernyataan:

  • Sebagai deklarasi pernyataan seseorang untuk dapat melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan sesuai isi yang tertuang dalam surat pernyataan tersebut.
  • Sebagai pengingat bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk dapat melaksanakan atau mengingatkan mengenai isi surat pernyataan.
  • Sebagai dokumen pendukung atau pelengkap saat akan melakukan sebuah persyaratan administratif.
  • Sebagai dokumen pendukung saat terjadi suatu pelanggaran atau adanya suatu tindakan yang tidak sesuai antara isi pernyataan dengan yang sedang terjadi.
5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Surat Pernyataan

- Surat Pernyataan Diri

Surat ini dipakai untuk bisa menerangkan penjelasan diri, menyatakan kondisi pribadi atau menjelaskan hal yang perlu dikatakan kepada pihak-pihak tertentu.

- Surat Pernyataan Utang

Surat ini biasanya berisi pengakuan memiliki sebuah utang dan janji terkait waktu pelunasan yang memiliki ketetapan hukum yang tetap.

- Surat Pernyataan Kesanggupan

Sebagaimana namanya, surat ini berisi kesanggupan seseorang untuk menjalankan aturan atau hal lainnya, misalnya kesanggupan membayar biaya sekolah sebelum tenggat waktu tertentu dan lainnya.

- Surat Pernyataan Kerja

Jenis surat pernyataan yang dibuat oleh karyawan, yang membuktikan bahwa dirinya benar-benar menjadi bagian suatu perusahaan atau instansi terkait. Dalam keperluan yang lain, surat penyataan kerja dipakai juga untuk mengaku kesanggupan dalam bekerja.

- Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Surat pernyataan bebas narkoba adalah jenis surat pernyataan yang biasanya dibutuhkan oleh seseorang yang hendak mendaftar ke perguruan tinggi, melamar pekerjaan atau lainnya. Dengan surat ini, pihak terkait lainnya mengetahui bahwa seseorang tersebut bukan pengguna narkoba.

 

Sumber: Moondoggiesmusic.com, Seputarilmu.com

Video Populer

Foto Populer