Sukses


Manfaat Mengagumkan Beras Kencur bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Beras kencur merupakan satu di antara jamu yang mudah ditemukan di Indonesia. Beras kencur dikenal sebagai jamu penambah nafsu makan.

Jamu merupakan obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Jamu bisa dikonsumsi untuk mencegah serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.

Beras kencur terdiri dari beberapa campuran bahan, seperti gula pasir, asam jawa, beras, kencur, jahe, dan air. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut bisa membuat lambung terangsang sehingga menimbulkan rasa lapar.

Selain itu, mengonsumsi beras kencur juga memberikan sensasi hangat di tenggorokan dan tubuh. Maka itu, beras kencur kerap pula digunakan untuk mengobati batuk.

Berikut beberapamanfaat baik dari beras kencur, disadur dari Liputan6, Kamis (26/8/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Beras Kencur bagi Kesehatan

Menambah Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur yang paling terkenal adalah bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat ini cocok buat Anda yang memiliki masalah maag, yang menyebabkan penipisan dinding perut.

Mengatasi Flu dan Batuk

Jamu beras kencur bermanfaat menyembuhkan flu. Manfaat ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Sensasi hangat dari kencur menetralkan batuk dan rasa pegal.

Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini. Kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Beras Kencur bagi Kesehatan

Meningkatkan Stamina

Manfaat jamu beras kencur selanjutnya adalah meningkatkan stamina. Bagi pria, jamu beras kencur dapat menambah vitalitas dan stamina bila dikonsumsi secara rutin. Sebaiknya minuman beras kencur ditambah dengan madu agar mendapatkan hasil optimal.

Selanjutnya, mengonsumsi jamu beras kencur membantu menghilangkan lelah dan lesu. Meminum jamu beras kencur secara rutin membuat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Hal ini disebabkan kencur mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan energi dan kesadaran, serta mengatasi kelelahan.

Mengobati Infeksi

Ada penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, Anda bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat jamu beras kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri.

Zat antibakteri tersebut bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Beras Kencur bagi Kesehatan

Menyembuhkan Diare

Kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawab untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Jamu beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

Menyembuhkan Sariawan dan Batuk Berdahak

Kencur sebagai bahan utama jamu ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat anti-bakterinya meringankan sariawan.

Manfaat jamur beras kencur lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Beras Kencur bagi Kesehatan

Mencegah Kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

Diabetes

Beras kencur bermanfaat untuk mengatasi masalah diabetes. Jamu beras kencur dibuat dari beras dan rimpang kencur yang diduga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Farmasi, Universitas Tanjung Pura, menunjukkan bahwa manfaat beras kencur memiliki efek terhadap tikus ditandai dengan penurunan kadar glukosa darah, pengontrolan berat badan, serta mampu mengurangi kerusakan pada pulau langerhans pankreas.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi/Editor: Nanang Fahrudin. Published: 18/8/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer