Sukses


8 Cara Menyeduh Kopi yang Benar, Barista Pemula Wajib Tahu

Bola.com, Jakarta - Bagi kamu penikmat kopi pastinya ingin selalu meminum kopi yang enak dengan aroma yang nikmat. Kopi yang memiliki rasa nikmat bisa membangkitkan suasana.

Untuk itu, penting bagi kamu sebagai penikmat kopi untuk mengetahui cara menyeduh kopi dengan benar.

Seperti diketahui, kenikmatan rasa kopi sangat dipengaruhi oleh jenis kopi. Namun, teknik menyeduh yang tepat juga besar pengaruhnya terhadap rasa yang dihasilkan.

Proses menyeduh kopi bukan sekadar mencampurkan bubuk kopi dengan air panas, melainkan ada teknik khusus sehingga rasa yang dihasilkan lebih ideal dan pas.

Bisa dibilang menyeduh kopi adalah bagian dari cara untuk menikmati kopi itu sendiri. Namun, tidak semua orang bisa membuat kopi yang enak sama seperti yang disajikan di kafe.

Jika kamu baru saja memulai belajar meracik kopi enak, bisa memperdalam ilmumu dengan membaca cara menyeduh kopi yang benar.

Nah, berikut ini cara menyeduh kopi yang benar, yang perlu diketahui, dilansir dari laman Kopimat, Jumat (27/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menyeduh Kopi yang Benar

1. Beli kopi dalam bentuk biji kopi, kemudian haluskan menggunakan grinder pada saat akan diseduh. Alat ini memiliki ukuran yang konsisten sehingga akan berpengaruh pada rasa.

Untuk ukuran yang sangat halus akan menghasilkan rasa yang lebih pahit, hasil gilingan yang lebih kasar akan mengurangi rasa pahit pada saat diseduh.

2. Gunakan air mineral yang sudah steril dari berbagai unsur di dalamnya untuk menyeduh kopi. Adanya unsur lain dalam air akan mengganggu rasa yang dihasilkan dalam secangkir kopi.

Jangan gunakan air sumur yang biasanya memiliki rasa tertentu karena akan mengganggu rasa kopi yang dihasilkan.

3. Suhu air ideal untuk menyeduh kopi adalah 90 hingga 96 derajat celcius, sebelum tercapainya suhu didih air. Pada kondisi ini, kafein tidak begitu larut pada panas sehingga rasa kopi yang dihasilkan bisa lebih ideal dan pas.

Matikan segera air sebelum benar-benar mendidih. Ini satu di antara tips cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar.

4. Menikmati kopi terbaik adalah ketika tepat tercapai waktu kontak kopi dan air. Berapa waktu kontak tersebut?

Idealnya adalah dua hingga empat menit setelah diseduh. Tidak lebih cepat atau tidak lebih lambat dari waktu itu.

Itulah sebabnya mengapa orang mengatakan menikmati kopi akan lebih nikmat pada saat hangat, lebih tepatnya pada saat waktu kontak tercapai.

3 dari 3 halaman

Cara Menyeduh Kopi yang Benar

5. Perbandingan kopi dan air yang digunakan bisa menggunakan perbandingan 1 gram kopi untuk 15 ml air, berlaku kelipatannya. Sediakan gelas ukur untuk mendapatkan akurasi jumlah air yang tepat, termasuk juga timbangan analitis untuk mendapatkan angka tersebut.

Terutama jika kamu membuka kedai kopi dan sejenisnya, menyajikan rasa yang konstan sangat penting agar orang percaya dengan kualitas kopi buatanmu.

6. Bila kamu ingin kopi seduhan terasa hangat lebih lama, gunakan cangkir berbahan keramik. Bahan ini lebih mampu menahan panas yang lebih lama sehingga kopi lebih bisa dinikmati lebih lama kehangatannya.

7. Jangan memanaskan kopi lebih dari 15 menit dan jangan memanaskan ulang kopi yang kamu seduh sebelumnya. Akan terasa lebih nikmat jika kamu menyeduh kopi yang baru lagi.

Buat sesuai kemampuanmu mengkonsumsinya dalam waktu tersebut. Bila ingin menikmati kopi lagi, buat dan seduh lagi yang baru.

8. Seduh kopi hingga berbusa, ini akan makin mengeksplorasi rasa dari kopi yang kamu buat. 

 

Sumber: kopimat.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer