Sukses


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Ciri, dan Dampak yang Terjadi

Bola.com, Jakarta - Perkembangan globalisasi yang makin pesat membuat hampir semua sektor kehidupan makin mudah dijalankan. Sadar tidak sadar, hampir segala aspek kehidupan dipengaruhi oleh perkembangan globalisasi.

Globalisasi merupakan serapan dari kata globalization. Secara bahasa, global berarti mendunia, sedangkan ization merujuk kepada suatu proses.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi berarti proses masuknya informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi ke ruang lingkup dunia.

Secara ringkasnya, globalisasi adalah sebuah fenomena integrasi internasional yang muncul karena pertukaran pandangan dunia.

Fenomena yang muncul karena berbagai faktor mulai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, perdagangan bebas, kemudahan orang-orang untuk bermigrasi dari negara satu ke negara lainnya, kerja sama politik antarnegara, hingga cara berpikir masyarakat yang makin maju.

Melaui proses globalisasi, seluruh tatanan kehidupan dan peradaban di dunia seiring waktu menjadi makin dinamis. Sebab, melalui proses globalisasi berbagai aspek kehidupan menjadi makin mudah dan tidak terbatas.

Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam tentang globalisasi, bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Berikut ini pembahasan singkat seputar globalisasi yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari laman Sosiologi79 dan Dosenpintar, Rabu (1/9/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  • Cochrane dan Pain, mengemukakan pertanda globalisasi sebagai munculnya sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.
  • Cohen dan Kennedy, berpendapat globalisasi adalah seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia, yang meliputi perubahan konsep ruang dan waktu, kebergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda, peningkatan interaksi kultural, meningkatnya masalah bersama dalam bidang ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya.
  • Achmad Suparman, globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.
  • Malcom Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.
  • Prof. Dr. Mubyarto, globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar tunggal; kedua, dalam bidang ekonomi, yang menjadikan ekonomi lebih efesien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.
3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Globalisasi

- Perubahan konsep

Era globalisasi membuat berubahnya konsep antara ruang dan waktu sehingga setiap orang akan mudah mengakses apa pun yang mereka inginkan hanya menggunakan teknologi.

- Pasar dan produksi

Setiap negara akan saling bergantung satu sama lain. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi semacam WTO juga memengaruhi perilaku pasar dan produksi.

- Peningkatan interaksi

Interaksi antarmasyarakat di belahan dunia akan makin mudah terjalin. Hal ini tak lain karena munculnya berbagai macam sosial media.

- Menularnya kebudayaan

Informasi yang mudah diperoleh menyebabkan pertukaran kebudayaan makin mudah didapatkan. Misalnya melalui film, musik atau fashion.

- Timbulnya masalah bersama

Lantaran kompleksnya jalan perekonomian dan perdagangan, hal ini juga memicu timbulnya masalah dari berbagai negara. Misalnya inflasiregional, masalah lingkungan hidup, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Dampak Globalisasi

- Dampak positif globalisasi

  • Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
  • Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat.
  • Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi, dan informasi yang memudahkan manusia.

- Dampak negatif globalisasi

  • Gampangnya budaya barat masuk dan memengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan, seperti gotong royong dan lain sebagainya.
  • Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara.
  • Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang.

 

Sumber: sosiologi79.com, dosenpintar.com

Video Populer

Foto Populer