Sukses


14 Cara agar Tidak Menyerah ketika Hidup Menjadi Sulit

Bola.com, Jakarta - Terkadang dalam hidup, saat kita sedang memperjuangkan sesuatu, ada saja hal yang membuat kita terjatuh. Namun, Anda harus menyakini, hal tersebut bukan sesuatu yang akan membuat menyerah.

Perjuangan di dalam hidup ini, apa pun bentuknya, memang tidak mudah. Bahkan ada satu titik yang menuntut Anda untuk menjadi kuat agar menyerah bukan jalan akhir yang Anda pilih.

Perlu diingat bahwa kesulitan, kepahitan, dan kegagalan adalah bagian dari hidup, yang tidak dapat Anda hindari. 

Dengan memahami dan menerima bahwa hidup tidak akan diwarnai tantangan dan ujian, akan membuat Anda melangkah lebih optimistis.

Masalah yang datang seharusnya mampu mendorong Anda agar menjadi makin kuat dan kukuh untuk menghadapi rintangan berikutnya. Yakinlah bahwa masalah hadir untuk mendewasakan Anda.

Di sisi lain, ada berbagai cara yang bisa Anda coba terapkan agar tidak mudah menyerah ketika berbagai hal, yang Anda anggap berat dan sulit, datang menghampiri kehidupan Anda.

Berikut 14 cara agar tidak menyerah saat hidup menjadi sulit, seperti dikutip dari Daringtolivefully dan Inspiringtips, Sabtu (4/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara agar Tidak Menyerah saat Hidup Menjadi Sulit

1. Ingatkan Diri Anda tentang Tujuan dan Mengapa Anda Perlu Mencapainya

Untuk mengembalikan motivasi Anda, ingatkan diri Anda akan mimpi yang ingin Anda raih. Pikirkan tentang alasan mengapa Anda menginginkannya sejak awal. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda siap untuk melepaskan tujuan tersebut.

2. Ingat Orang-orang yang Menjadi Inspirasi Anda

Mengingat inspirasi Anda dalam hidup, seperti orang yang Anda cintai, akan mendorong Anda untuk terus maju. Jika Anda menyerah, Anda tidak akan bisa mewujudkan impian Anda untuk mereka. Apakah Anda ingin ini terjadi?

3. Pikirkan Pengorbanan yang Telah Anda Lakukan untuk Mencapai Sejauh Ini

Jika Anda berhenti sekarang, semua pengorbanan Anda di masa lalu hanya untuk mencapai level ini akan sia-sia. Akan lebih membuat frustrasi ketika Anda menyadari bahwa Anda harus membayar begitu banyak hal untuk memperjuangkan impian yang pada akhirnya Anda buang.

4. Ingat Kembali Tantangan Masa Lalu yang Dapat Anda Atasi

Cara lain untuk mendorong diri Anda untuk terus maju adalah dengan mengingat bagaimana Anda mampu mengatasi kesulitan masa lalu. Jika Anda bisa melewati itu semua, Anda juga bisa melakukannya kali ini. Anda hanya perlu terus berjuang.

3 dari 4 halaman

Cara agar Tidak Menyerah saat Hidup Menjadi Sulit

5. Katakan pada Diri Sendiri Bahwa Anda Tidak Mudah Menyerah

Anda tidak akan pernah menjadi pemenang jika Anda seorang yang mudah menyerah. Jika Anda percaya bahwa Anda dilahirkan untuk menjadi pemenang, ingatlah bahwa Anda tidak akan menyerah hanya karena Anda tampaknya kalah dalam pertempuran saat ini.

6. Bagikan Beban Anda dengan Seseorang yang Dapat Mendorong Anda

Anda perlu melepaskan beban keputusasaan Anda dari dada Anda. Untuk alasan ini, carilah seseorang yang dapat Anda andalkan saat Anda berjuang untuk tetap berdiri. Pilih seseorang atau orang-orang yang Anda percayai, dan Anda tahu mampu mendorong Anda.

7. Berpikirlah Bahwa Tidak Ada yang Berharga Datang dengan Mudah

Tahukah Anda mengapa berlian terlalu mahal? Itu karena mereka tidak hanya tumbuh dari pohon, tetapi mereka perlu digali dari dalam bumi. 

Karena itu, jika Anda menganggap impian Anda sebagai permata yang berharga seperti berlian, jangan heran mengapa Anda harus melalui begitu banyak 'penggalian' hanya untuk memilikinya.

8. Pahami Bahwa Masalah adalah Bagian dari Kehidupan

Memahami bahwa kesulitan itu normal saat Anda menjalani hidup, akan membuat Anda menanggungnya dengan lebih mudah. Bahkan jika Anda berhenti sekarang hanya untuk menghindari kesulitan saat ini, akan ada lebih banyak masalah yang menghadang Anda di masa depan. 

4 dari 4 halaman

Cara agar Tidak Menyerah saat Hidup Menjadi Sulit

9. Inspirasi Diri Anda dengan Menonton/Membaca Kisah Sukses

Bangkitkan kembali gairah Anda dengan memaparkan diri Anda pada kisah sukses. Anda akan melihat bahwa masa-masa sulit dan kegagalan selalu menjadi bagian dari perjalanan menuju kesuksesan.

10. Istirahat Sejenak

Jika Anda merasa lelah, istirahatlah, tetapi jangan pernah berhenti. Tidak apa-apa untuk beristirahat dari apa yang membuat Anda stres dan putus asa. 

Anda dapat berlibur dan pergi ke suatu tempat yang dapat Anda nikmati dan bersantai. Kemudian, begitu Anda kembali, lanjutkan lagi perjuangan dan pertempuran dalam menggapai impian.

11. Mencari Solusi untuk Setiap Masalah

Alih-alih merajuk di sudut dan menunggu masalah hilang, cari solusi untuk membuat segalanya lebih baik. Jika Anda membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk mendekati orang yang tepat yang dapat membantu Anda. 

Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya menyelesaikan masalah, tetapi setidaknya Anda melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

13. Kelilingi Diri Anda dengan Orang Optimis

Jaga diri Anda dikelilingi oleh orang-orang yang tidak tahu bagaimana cara menyerah. Pandangan positif mereka dalam hidup akan mendorong Anda untuk optimis tentang situasi Anda juga. Anda juga dapat mempelajari mekanisme mengatasi stres dari mereka.

14. Temukan Cara Lain

Menolak untuk menyerah bukan berarti Anda harus terus melakukan hal yang sama berulang-ulang. Jika pendekatan yang Anda gunakan saat ini tidak berhasil, coba pendekatan lain. Lanjutkan cara ini sampai Anda menemukan metode, teknik, atau strategi yang berhasil.

 

Sumber: Daringtolivefully, Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer