Sukses


7 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Baik dan Benar, Cocok bagi Pemula

Bola.com, Jakarta - Jenis tanaman bonsai pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Atau bahkan, Anda telah memilikinya di rumah. Bonsai adalah proses pengkerdilan sebuah tanaman kemudian ditanam di atas media pot.

Tujuan dilakukan hal ini supaya kita dapat melihat tanaman yang mulanya berukuran besar kini dapat dinikmati melalui versi kecilnya.

Tanaman bonsai kerap dikoleksi banyak orang sebagai tanaman hias karena bentuknya yang unik dan memiliki pesona yang menarik. 

Tahukah Anda, bonsai dianggap seni rupa dalam budaya China. Jadi, tak sedikit orang menggandrungi tanaman bonsai dari harga jualnya, mengingat nilai dari tanaman ini terbilang cukup mahal.

Maka tidak heran, banyak yang jatuh hati dan memutuskan menjadi 'pemain baru' yang mulai untuk mengoleksi tanaman bonsai.

Namun, tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai karena ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

Lalu, bagaimana cara yang tepat merawat tanaman satu ini? Merawat tanaman bonsai bisa dibilang susah-susah gampang.

Untuk itu, Anda bisa menyimak pembahasan cara merawat tanaman bonsai yang baik dan benar, di bawah ini seperti dikutip dari laman 99.co, Sabtu (4/9/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Tanaman Bonsai

1. Ketahui waktu yang tepat untuk menyiramnya. Tak ada patokan waktu khusus untuk melakukan penyiraman.

Namun, ada baiknya Anda menyiram tanaman bonsai pada pagi dan sore hari. Dan yang paling penting, akar bonsai mendapat asupan air yang optimal. Sebagai catatan:

  • Ketika menyiram, pastikan air menembus ke lubang pot di bawah;
  • Tak perlu menyiram bonsai dengan air yang banyak;
  • Gunakanlah air bersih dan jernih.

2. Sama dengan tanaman lain, bonsai membutuhkan pupuk. Disarankan untuk memberikan pupuk NPK atau urea bagi pohon bonsai. Namun, lebih baik jika Anda menggunakan pupuk organik. Lakukan penggantian pupuk selama satu bulan satu kali.

3. Perhatikan suhu terbaik bagi tanaman. Tanaman bonsai sangat tergantung pada kondisi di sekitarnya.

Lebih baik jika bonsai milik Anda mendapat paparan sinar matahari yang optimal, setidaknya lima jam dalam satu hari. Namun, hindari paparan sinar matahari terus menerus, hal itu akan menyebabkan warna daunnya menguning.

3 dari 3 halaman

Cara Merawat Tanaman Bonsai

4. Selain suhu yang harus diperhatikan, yang tidak kalah penting ialah media tanam terbaik bagi bonsai. Media tanam yang baik bagi bonsai adalah campuran dari tanah, pasir, serta pupuk kandang.

5. Ketahui waktu memangkas ranting pohon bonsai. Tak ada patokan waktu yang pasti.

Hanya, andai pohon bonsai milik Anda tumbuh cepat, lakukan pemotongan selama satu bulan satu kali. Hal ini Anda lakukan demi bonsai milik Anda tampil cantik dan menawan sepanjang waktu.

6. Seiring waktu, bonsai akan tumbuh, terutama pada bagian akarnya. Maka dari itu, pot yang dangkal perlu lekas diganti dengan pot baru untuk mengakomodasi pertumbuhan akar. Anda disarankan untuk mengganti satu kali dalam satu bulan.

7. Cara merawat bonsai terakhir adalah mengendalikan dan membasmi hama. Serupa dengan tumbuhan lain, bonsai berpotensi diserang oleh hama mengganggu.

Umumnya, hama yang menyerang bonsai adalah wereng cokelat dan ulat. Anda harus mengendalikannya. Cara tepat dan paling mudah adalah menyemprotkan pestisida atau insektisida.

 

Sumber: 99.co

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer