Sukses


9 Cara Sederhana Menjadi Orang yang Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Kebaikan harus dimiliki setiap orang di dunia ini. Sifat baik muncul secara alami bagi sebagaian orang, dan untuk lainnya perlu melakukan latihan atau mendapatkan pengalaman hidup terlebih dulu agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebagai makhluk sosial, mengedepankan sifat baik dalam berhubungan sosial tidak hanya memberikan efek positif bagi Anda, namun juga bermanfaat untuk orang lain.

Sementara sebagai makhluk beriman, kebaikan selalu diajarkan oleh agama apa pun. Maka itu, memiliki sifat baik dalam diri menjadi satu di antara bukti keimanan kita.

Saat sifat baik dimiliki semua orang, menular dan menyebar dari satu orang ke orang yang lain tanpa memandang perbedaan, kedamaian akan tercipta di dunia ini.

Ada beberapa cara untuk mengasah sifat baik dalam diri, yang bisa selalu Anda coba lakukan, demi menjadi orang yang lebih baik.

Berikut sembilan cara sederhana menjadi orang yang lebih baik, seperti dikutip dari Inspiringtips, Kamis (2/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjadi Orang yang Lebih Baik

1. Miliki Lebih Banyak Kesabaran

Ketika orang di depan Anda terlalu lama untuk memesan, bersabarlah. Ketika wanita tua yang mencoba menyeberang jalan masih belum sampai ke seberang, bersabarlah. Saat Anda menunggu di ruangan yang sempit dan pengap untuk janji temu Anda, bersabarlah.

Langkah pertama untuk menjadi orang yang lebih baik adalah dengan mewujudkan kesabaran. Bersabar memungkinkan Anda untuk berpikir sebelum berkata dan berefleksi sebelum mengambil tindakan. 

2. Belajar Memahami Orang Lain

Orang yang baik bukanlah orang yang suka menghakimi. Selalu tempatkan diri Anda pada posisi orang lain. Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang mereka. Hal ini akan membantu Anda menghindari menilai orang lain dengan cepat.

Ingatlah selalu bahwa Anda melihat dunia hanya melalui mata Anda sendiri. Anda tidak tahu apa niat orang lain. Ketika Anda belajar memahami dari mana orang lain berasal, itu tidak hanya membuat Anda menjadi orang yang baik, tetapi juga orang yang penyayang.

3. Terbuka kepada Orang Lain

Menjadi lebih terbuka kepada orang lain yang berbeda, tidak berarti berbagi rahasia Anda dengan mereka. Hal ini berarti bahwa ketika Anda bertemu orang lain, Anda harus membuang prasangka Anda dan merangkul mereka tanpa keberatan. 

Setiap orang adalah buku tertutup yang akan Anda buka dan pelajari. Saat Anda terbuka dengan orang yang berbeda, Anda akan dihadapkan pada pengetahuan atau budaya lain yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. 

Dengan pengalaman baru ini, Anda akan dapat menerapkan tradisi yang dipelajari ini saat bepergian ke berbagai belahan dunia. Ingat, orang yang baik adalah orang yang penuh hormat.

3 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjadi Orang yang Lebih Baik

4. Berusahalah Melakukan Perbuatan Baik Setiap Hari

Kita bukan orang suci, tetapi tidak ada salahnya mencoba dan melakukan perbuatan baik setiap hari. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, coba memasukkan aktivitas sederhana ke dalam gaya hidup Anda sehari-hari.

Anda tidak perlu menyumbangkan jutaan uang tunai untuk amal. Anda tidak perlu mencari obat untuk kanker agar bisa disebut perbuatan baik. Semua perbuatan baik, besar atau kecil, akan dihitung. 

Baik itu membantu wanita tua dengan belanjaannya atau membantu saudara laki-laki Anda mengerjakan pekerjaan rumah, orang yang baik akan selalu berusaha berbuat baik setiap saat.

5. Hindari Hubungan Toxic

Belajar untuk menghindari hubungan toxic. Itu bisa rekan kerja yang manipulatif, teman yang bermulut kasar, atau bahkan kerabat yang sombong.

Orang-orang beracun atau toxic ini ada di sekitar Anda dan hubungan Anda dengan mereka sama buruknya dengan mereka. Belajarlah untuk mengidentifikasi orang-orang ini.

Orang yang baik adalah mereka yang tidak memiliki hubungan toxic atau bahkan menjadi orang toxic. Mereka akan memahami mana yang merugikan orang dan tidak.

6. Jangan Pernah Melakukan Perundungan

Orang baik bukan mereka yang suka melakukan perundungan atau bully. Tetapi, bahkan jika Anda tidak menganggap diri Anda seorang perundung, Anda mungkin mendapati diri Anda melakukan hal-hal yang dilakukan perundung.

Apakah Anda meremehkan teman Anda? Apakah Anda memanfaatkan kelemahan orang lain? Apakah Anda tertawa ketika seseorang mempermalukan dirinya sendiri? Jika Anda menjawab 'ya' untuk semua pertanyaan ini, Anda harus lebih merenungkan tindakan Anda.

Jika Anda pernah menjadi perundung di masa lalu, cobalah yang terbaik untuk tidak membawanya ke masa sekarang. Orang mampu untuk berubah. Percaya pada diri sendiri bahwa Anda bisa menjadi orang yang lebih baik dan Anda selalu bisa melakukan yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjadi Orang yang Lebih Baik

7. Buang Kenegatifan Anda Sendiri

Lihatlah ke dalam diri Anda dan singkirkan semua hal negatif dari pikiran dan jiwa Anda. Tahan keinginan untuk meneriaki pengemudi yang lambat. Jangan mengejek orang yang berbicara berbeda dari Anda. Menjadi orang baik berarti menghapus hal-hal buruk yang ada di hatimu.

Coba untuk memiliki jiwa yang bersih. Hal ini mungkin terdengar mustahil, tetapi bisa dilakukan. Dengan menghilangkan kenegatifan, Anda sudah membersihkan diri Anda dari kenegatifan dan racun yang Anda bawa. 

8. Tuangkan Energi Anda

Coba gunakan energi Anda dengan baik. Orang-orang baik menyumbangkan semua yang mereka bisa dan semua yang mereka miliki untuk kemajuan masyarakat. 

Anda dapat melakukan ini dengan menjadi sukarelawan di tempat penampungan atau menyumbangkan barang ke organisasi untuk tunawisma.

Intinya adalah bahwa Anda menggunakan energi Anda untuk kebaikan yang lebih besar. Untuk menjadi orang yang lebih baik, Anda harus bisa mendahulukan kebutuhan banyak orang di atas kebutuhan satu orang. Tuangkan energi positif yang Anda miliki ke dalam hal baik.

9. Bagikan Kebahagiaan Anda

Langkah terakhir untuk menjadi orang yang lebih baik adalah berbagi kebahagiaan Anda. Bagikan apa yang Anda miliki dan apa yang Anda bisa. 

Ketika Anda memberi orang kebahagiaan Anda, Anda tidak hanya merasa senang tentang hal itu, tetapi Anda juga membantu orang lain memiliki pandangan hidup yang lebih baik.

Pasti adakalanya Anda tidak merasa bahagia dengan posisi yang Anda jalani, tetapi orang baik akan selalu melihat sisi cerah dari hidup dan merasa bersyukur.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer