Sukses


11 Manfaat Mengagumkan Daun Mint untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Daun mint adalah satu di antara tanaman herbal yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, banyak olahan makanan atau minuman lezat yang terbuat dari daun mint.

Daun mint dikenal sebagai bahan ramuan serbaguna, yang bisa dijadikan berbagai macam obat. Daun mint ini memiliki nama lain yaitu mentha, dan telah dimanfaatkan sejak ratusan tahun silam. 

Orang kuno terbiasa menggunakan daun mint untuk berbagai macam ramuan, khususnya untuk menyegarkan mulut dan mengatasi gangguan pada pencernaan.

Daun mint kaya nutrisi, seperti vitamin A, C, kalium, dan fosfor, menjadikannya sering dimasukkan ke ramuan obat-obatan untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit.

Selain itu, daun mint merupakan satu di antara jenis tanaman yang mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan khusus dalam membudidayakannya.

Namun, jika tidak ingin repot menanamnya, Anda bisa dengan mudah menemukan daun mint segar di berbagai pusat perbelanjaan.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa kita ambil dari daun yang memiliki efek segar jika dikonsumsi ini?

Berikut 11 manfaat mengagumkan daun mint, seperti dikutip dari Healthline dan NTVfood, Selasa (7/9/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Daun Mint untuk Kesehatan

1. Meredakan Pilek

Jika Anda terganggu dengan pilek dan hidung yang tersumbat, coba manfaatkan daun mint untuk meredakannya.

Hal ini menjadi satu di antara alasan mengapa obat pereda flu dan inhaler terbuat dari daun mint. Daun mint juga dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengurangi hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan melegakan paru-paru.

Selain membantu beberapa masalah yang ada pada saluran pernapasan, sifat antiinflamasi pada daun mint dapat meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Menghirup parfum ruangan atau minyak esensial berbau mint dan mengunyah tablet mint terkadang dapat membuat orang menjadi lebih rileks dan tenang. Selain itu, memberikan efek yang baik untuk kesehatan otak.

Pada beberapa penelitian yang dilakukan pada orang yang menghirup minyak beraroma mint, setelah menghirupya, mereka memiliki peningkatan daya ingat yang cukup signifikan. Selain itu, aroma mint dapat menghilangkan kecemasan dan kelelahan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Daun Mint untuk Kesehatan

3. Meredakan Masalah Pencernaan

Mint dapat membantu segala masalah pencernaan. Hal tersebut terjadi karena daun mint mengandung menthol, yang merupakan miyak aktif dan memiliki sifat antiseptik serta antibakteri.

Sifat-sifat yang terkandung dalam menthol tersebut meredakan beberapa masalah pada pencernaan dan menenangkan kondisi perut sehingga lebih rileks.

4. Mengobati Asma

Mengonsumsi daun mint sering dikaitkan dengan fungsinya untuk menenangkan pasien asma. Dalam daun mint kaya kandungan antiinflamsi, dan hal tersebut dapat memberikan efek lemas yang baik, pada orang yang sedang mengalami sesak napas.

Namun, yang perlu diingat, jangan mengunakan daun mint untuk meredakan asma atau sesak napas secara berlebihn karena justru dapat merusak saluran pernapasan.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain dapat meredakan beberapa jenis penyakit, daun mint berguna bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Mint dapat merangsang enzim pencernaan, yang membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Penyerapan nutrisi yang baik membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sementara sistem metabolisme yang baik dapat memengaruhi proses penurunan berat badan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Daun Mint untuk Kesehatan

6. Meredakan Sakit Kepala

Jika sedang mengalami sakit kepala dan ingin segera menyembuhkannya, Anda dapat mencari minyak yang beraroma mint dan mengoleskannya pada kepala.

Balsem atau minyak dengan bahan dasar mint yang digosokan pada hidung dan dahi cukup efektif meredakan sakit kepala dan mual.

7. Merawat dan Menyegarkan Mulut

Anda dapat mengunyah daun mint atau tablet mint untuk menghilangkan bau mulut dan membuat mulut menjadi lebih segar. Hal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Daun mint dapat menghilangkan bakteri yang ada dalam mulut dan membersihkan endapan plak yang ada pada gigi. Itulah mengapa banyak pasta gigi yang menggunakan daun mint sebagai bahan utama pembuatannya.

8. Meredakan Stres

Daun mint dapat menjadi stimulan alami. Aroma daun mint bahkan bisa meningkatkan suasana hati. Memasukkan daun mint ke makanan saat merasa lesu, cemas, depresi, atau kelelahan disinyalir merupakan pilihan yang tepat karena memberi efek yang positif.

Selain itu, Anda dapat meneteskan minyak esensial mint atau minyak mentol ke bantal pada malam hari agar tubuh dan pikiran lebih rileks saat tidur. Daun mint juga bisa dihirup sebagai uap atau dioleskan dalam bentuk topikal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Daun Mint untuk Kesehatan

9. Meredakan Mual

Daun mint memiliki manfaat meredakan mual. Aroma yang kuat dan menyegarkan dari daun mint bisa meredakan mual dengan cepat dan efektif. Anda dapat menggunakan minyak mint atau mengonsumsi permen mint untuk mengurangi ketaknyamanan tersebut.

10. Mengurangi Alergi

Daun mint dikenal memiliki efek anti-alergi. Tanaman mint mengandung antioksidan dan zat antiinflamasi yang disebut asam rosmarinic. Daun ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Tak heran, terkait kesehatan kulit, daun mint bisa meredakan masalah alergi terutama yang menyebabkan rasa gatal, bengkak, dan ruam di kulit. Selain alergi, masalah psikologi akibat alergi juga bisa diredakan, mulai kecemasan sampai kelelahan.

11. Kaya Antioksidan

Daun mint memiliki kandungan antioksida yang tinggi. Antioksidan ini membuat manfaat daun mint untuk kesehatan dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yakni stres karena kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Daun mint mengandung alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Antoksidan lain, seperti asam rosmarinic yang ada di daun mint, mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu.

 

Sumber: Healthline, NDTVfood

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer