Sukses


8 Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan secara fisik dan mental serta menjauhkan diiri dari berbagai penyakit. Satu di antara caranya adalah melakukan olahraga.

Seperti yang diketahui, melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur merupakan hal bermanfaat bagi kesehatan.

Olahraga menjadi cara paling praktis serta alami yang dapat Anda lakukan agar kebugaran fisik terjaga setiap saat dan tubuh selalu berenergi.

Rutin melakukan olahraga semenjak dini, akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit yang bisa Anda dapatkan pada usia lanjut, seperti penyakit jantung yang disebabkan oleh peradaran darah yang tidak lancar atau turunnya kepadatan tulang.

Tidak hanya secara fisik, olaharga bisa meningkatkan kesehatan mental karena berolahraga memiliki manfaat memperbaiki suasana hati.

Berikut delapan manfaat mengangumkan olahraga untuk kesehatan fisik dan mental, seperti dikutip dari Medlineplus, Kamis (9/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Seiring melakukan diet, olahraga memainkan peran penting dalam mengendalikan berat badan dan mencegah obesitas.

Untuk menjaga berat badan, kalori yang Anda makan dan minum harus sama dengan energi yang Anda bakar. Sementara untuk menurunkan berat badan, Anda harus menggunakan lebih banyak kalori daripada yang Anda makan dan minum.

Olahraga menjadi satu di antara cara paling tepat dan ampuh untuk menjaga berat badan agar tidak berlebih dan cenderung stabil.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Olahraga memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Peningkatan aliran darah meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh Anda.

Hal tersebut membantu menurunkan risiko gejala penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung. Olahraga teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

3. Membantu Tubuh Mengelola Gula Darah dan Kadar Insulin

Olahraga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu insulin bekerja lebih baik. Ini dapat mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Jika Anda sudah memiliki satu di antara penyakit tersebut, olahraga membantu Anda untuk mengelolanya dan mencegahnya agar tidak makin parah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

4. Meningkatkan Energi 

Apakah Anda sering merasa mudah lelah dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari? Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan energi.

Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efisien. Dan ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda membaik, Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

5. Memperkuat Otot dan Tulang

Bagi Anda yang masih usia muda, mungkin masalah tulang dan otot bukan kondisi utama yang harus dikhawatirkan. Namun, bagi Anda yang sudah lanjut usia, masalah tulang dan otot adalah mimpi buruk yang harus dihindari.

Mulailah berolahraga, meski usia Anda masih muda untuk mencegah kelemahan tulang dan otot di usia senja. Ketahuilah, berolahraga juga bisa menjaga kepadatan tulang dan kekuatan otot sehingga pada usia tua, nyeri tulang dan otot dapat dihindari.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, mendapatkan tidur yang lebih baik, dan memperdalam tidur Anda. Hanya, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, atau Anda mungkin akan kesulitan untuk tertidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

7. Meningkatkan Suasana Hati

Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak, seperti serotonin dan endorfin, yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih rileks.

Ketika Anda merasa stres atau memiliki mood buruk setelah menjalani hari yang penuh tekanan, coba berolahraga untuk memperbaiki suasana hati. Agar manfaat olahraga ini lebih maksimal, pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai.

8. Mengatasi Stres

Satu di antara manfaat olahraga adalah mengurangi stres dan mencegah terjadinya depresi. Dengan rutin berolahraga, tingkat hormon stres seperti kortisol, adrenalin, dan norepinefrin dapat dikurangi.

Sementara itu, kadar hormon serotonin dan dopamin yang bisa memperbaiki suasana hati akan meningkat sehingga Anda pun merasa lebih rileks dan bahagia. Olahraga juga baik untuk mencegah dan meringankan gejala gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

 

Sumber: Medlineplus

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer