Sukses


Cara Membersihkan Kipas Angin, Mudah dan Cepat

Bola.com, Jakarta - Cara membersihkan kipas angin patut menjadi perhatian. Peralatan elektronik satu ini berperan penting dalam mengusir hawa panas di rumah.

Kipas angin memilki nilai ekonomis dan hemat listrik. Lantaran fungsinya yang penting, membersihkan kipas angin menjadi suatu kewajiban.

Tanda kipas angin yang kotor adalah menumpuknya debu pada putaran kipas dan kurungannya. Kotoran tersebut tampak jelas karena berwarna hitam.

Jika tak dibersihkan akan membuat kesegaran dari angin yang dihasilkan menurun. Bahkan kipas angin yang kotor bisa menjadi media penularan penyakit.

Cara membersihkan kipas angin pun tergolong mudah dan cepat.

Berikut cara membersihkan kipas angin, disadur dari Liputan6, Senin (13/9/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Kipas Angin

1. Matikan Kipas Angin

Sebelum membersihkan, jangan lupa untuk mematikan kipas angin dan cabut kabelnya. Pastikan kipas angin tak terhubung listrik saat membersihkan. Membersihkan kipas angin saat masih terhubung listrik dapat membahayakan, seperti tersetrum atau memicu konsleting.

2. Lepaskan Bagian-bagiannya

Setelah mematikan kipas angin, bongkar dan lepaskan bagian-bagiannya. Siapkan obeng untuk melepaskan komponen pada kipas jika diperlukan. Dengan melepas bagian-bagiannya, pembersihan bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan alat dan bahan pembersih, seperti sabun cuci, wadah berisi air hangat, handuk, dan sapu untuk membersihkan debu yang berjatuhan. Jangan lupa untuk memakai masker wajah saat membersihkan kipas angin untuk menjaga pernapasan dari debu-debu yang beterbangan.

3 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Kipas Angin

4. Mulai Membersihkan

Bersihkan kipas angin mulai dari penutup dengan kain lembab dengan cara digosok perlahan-lahan. Setelah itu, gunakan sabun untuk membersihkan baling-baling secara menyeluruh dengan hati-hati untuk menghindari korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kipas angin rusak. 

5. Keringkan Bagian-Bagian Kipas Angin

Sebelum memasang kembali bagian-bagiannya, alangkah baiknya dikeringkan secara menyeluruh dengan menggunakan kain kering. Jangan sampai air merembes ke komponen listrik karena bisa berbahaya ketika dinyalakan.

6. Pasang Kembali

Langkah terakhir adalah memasang kembali bagian-bagian komponennya. Pasang bagian-bagian kipas angin dengan posisi yang benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat dinyalakan kembali.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Komarudin, Editor: Dinny Mutiah. Published: 16/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer