Sukses


Manfaat Peregangan yang Penting untuk Diketahui

Bola.com, Jakarta - Peregangan menjadi satu di antara gerakan yang penting untuk dilakukan, meski tak berolahraga. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan otot dalam kondisi yang sehat.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan, terutama yang mengharuskan orang banyak duduk, menyebabkan seseorang akan sering mengalami pegal-pegal, sakit leher, dan tulang punggung sakit.

Bahkan tak sedikit orang yang postur tubuhnya berubah karena terlalu banyak duduk membungkuk. Maka itu, peregangan sangat perlu dilakukan jika badan merasa kaku dan tegang.

Peregangan bertujuan melemaskan atau melenturkan bagian tubuh yang kaku serta tegang. Peregangan juga memiliki beberapa manfaat lainnya bagi tubuh

Peregangan dapat membantu banyak hal pada tubuh. Hal tersebut bisa didapatkan jika melakukan peregangan secara rutin. Nah, apa saja manfaat dari peregangan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat peregangan yang penting untuk diketahui, seperti dilansir dari laman promkes.kemkes.go.id, Senin (13/9/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Peregangan

  • Menghindari Cedera

Satu di antara manfaat melakukan peregangan adalah untuk menghindari terjadinya cedera yang parah. Hal ini dikarenakan peregangan dapat meningkatkan vitalitas yang bisa membuat tubuh menjadi menyesuaikan dengan gerakan yang tiba-tiba.

Peregangan dapat membantu terhindar dari cedera, terutama saat berolahraga. Maka dari itu penting untuk melakukan peregangan agar tidak mengalami cedera.

3 dari 5 halaman

Manfaat Peregangan

  • Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Melakukan peregangan tubuh secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini membantu meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh.

  • Meningkatkan aliran darah ke otot

Peregangan bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otot-otot di seluruh tubuh. Jika aliran darah ke otot lancar, pemulihan otot setelah melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berolahraga, bisa lebih cepat dan risiko nyeri otot juga akan menurun.

4 dari 5 halaman

Manfaat Peregangan

  • Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Posisi duduk yang membungkuk terlalu lama serta berjalan yang tidak tegak membuat postur berubah dan tidak seperti seharusnya. Melakukan peregangan dapat mengembalikan posisi tubuh menjadi seperti semula.

Peregangan dapat mengembalikan posisi tulang ekor ke posisi awal serta punggung menjadi tegak. Bagi kamu yang sering beraktivitas dengan duduk, perlu sering melakukan peregangan agar postur tidak berubah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Peregangan

  • Membantu Mengurangi Stress

Mungkin tak banyak yang tahu, melakukan peregangan dapat mengurangi stres. Hal ini karena peregangan dapat membantu meredakan ketegangan mental dan fisik.

Dengan melakukan peregangan, otot-otot pada tubuh yang tegang akan menjadi rileks, hal ini membantu untuk mengurangi stress. Tetapi, jangan melakukan peregangan yang terlalu berlebihan karena dapat membuat kesakitan.

 

Sumber: Kemkes

Video Populer

Foto Populer