Sukses


Cara Mengatasi Asam Lambung yang Mudah Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Asam lambung berfungsi untuk mencerna makanan yang Anda makan. Namun, produksi asam lambung yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa.

Jika kadar asam lambung meningkat, akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh Anda atau dikenal dengan istilah gastro esophageal reflux disease (GERD).

Asam lambung merupakan kondisi gangguan sistem pencernaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan beragam gejala penyakit.

Biasanya seseorang akan mengalami rasa tidak nyaman, panas terbakar, dan rasa nyeri pada ulu hati. Penyakit asam lambung merupakan kondisi yang umum terjadi pada siapa pun.

Banyak faktor yang menyebabkan Anda bisa asam lambung, seperti terlambat makan, merokok, mulut kering, diabetes, dan menonjolnya lambung bagia atas sampai diafragma.

Lantas bagaimana cara mengatasi asam lambung? Berikut ini rekomendasi cara mengatasi asam lambung yang bisa Anda coba, dikutip dari laman Medicalnewstoday dan Klikdokter, Kamis (16/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung

1. Hindari porsi makan yang terlalu banyak

Mulai konsumsi makanan dalam porsi sedikit dan tekstur yang lembut serta tidak bersifat iritatif, setelah 'serangan' asam lambung dimulai. Kemudian, lanjutkan dengan membiasakan diri makan secara teratur serta lebih sering frekuensinya, yaitu 4-6 kali sehari dalam porsi yang kecil.

2. Mengonsumsi pisang

Selain rasanya enak dan kaya gizi, pisang baik untuk mengatasi asam lambung naik karena bisa dijadikan antasida alami. Antasida alami ini bisa melapisi dinding perut dan saluran pencernaan sehingga lambung akan terhindar dari iritasi.

Namun, tidak semua asam lambung cocok diredakan dengan mengonsumsi buah pisang. Dalam beberapa kasus, pisang justru memperburuk kondisi penderita asam lambung. Untuk itu, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter sebelum Anda mengonsumsinya.

3. Minum air putih

Untuk mengatasi naiknya asam lambung, kinerja pencernaan harus lancar. Agar usus dapat bekerja lebih cepat dalam mengolah makanan, kadar pH yang seimbang dapat menunjangnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Selain membantu melancarkan pencernaan, air putih dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung

4. Batasi asupan alkohol

Minum minuman beralkohol dapat meningkatkan keparahan refluks asam dan heartburn. Kondisi ini bisa memperburuk gejala dengan meningkatkan asam lambung, mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, dan merusak kemampuan esofagus untuk membersihkan diri dari asam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan alkohol dalam jumlah sedang bahkan dapat menyebabkan gejala asam lambung pada orang sehat.

5. Kunyah permen karet

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi keasaman di kerongkongan. Permen karet yang mengandung bikarbonat tampaknya efektif untuk khasiat tersebut.

Temuan ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dan peningkatan produksi air liur yang terkait dapat membantu membersihkan esofagus dari asam. Namun, itu mungkin tidak mengurangi asam lambung itu sendiri.

6. Tinggikan sandaran kepala tempat tidur

Beberapa orang mengalami asam lambung pada malam hari. Hal ini biasanya mengganggu kualitas tidur dan membuat mereka sulit tidur.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien yang mengangkat kepala tempat tidur mereka, memiliki episode dan gejala asam lambung yang jauh lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang tidur tanpa elevasi.

Selain itu, analisis studi terkontrol menyimpulkan bahwa mengangkat kepala tempat tidur adalah strategi yang efektif untuk mengurangi gejala refluks asam dan heartburn di malam hari.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung

7. Mengonsumsi teh chamomile

Teh yang terbuat dari tanaman chamomile bisa dimanfaatkan sebagai obat alami penyakit asam lambung. Teh chamomile berguna untuk menetralkan asam lambung Anda.

Kandungan flavonoid di dalam teh chamomile berguna sebagai antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi. Teh chamomile saat ini mudah untuk diperoleh di supermarket, apotek, minimarket terdekat.

8. Kacang hijau

Kacang hijau dipercaya bisa mengatasi asam lambung. Kacang hijau dapat menebalkan lapisan pada lambung Anda dan menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengonsumsi kacang hijau secara rutin.

9. Madu

Sejak dulu madu telah digunakan sebagai obat alami lambung atau maag. Madu berperan sebagai antioksidan yang melindungi saluran pencernaan tubuh dari radikal bebas.

Memiliki sifat antiinflamasi, madu mampu mengobati peradangan di bagian kerongkongan yang terinfeksi oleh naiknya asam lambung. Madu tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung yang memiliki diabetes karena madu bisa menyebabkan kadar gula tubuh meningkat.

 

Sumber: medicalnewstoday.com, klikdokter.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer