Sukses


7 Cara Mengatasi Demam pada Anak yang Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Ketika anak Anda mengalami demam, jangan panik dulu. Demam merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak-anak.

Biasanya demam pada anak akan mereda dalam dua hari. Demam terjadi ketika suhu tubuh anak berada di atas normal atau melebihi 37 derajat Celcius.

Selain itu, anak akan mengalami beberapa gejala, seperti panas, sakit kepala, berkeringat dingin, dan menggigil.

Menurut laman kidshealth.org, ketika anak Anda mengalami demam, tubuh sang buah hati sedang melawan adanya penyakit infeksi yang terjadi.

Dengan kata lain, demam merupakan hal yang baik karena mekanisme pertahanan dalam tubuh sedang bekerja untuk membunuh kuman atau bakteri.

Untuk itu, sepatutnya setiap orang tua sudah mengetahui cara mengatasi demam pada anak. Hal ini penting agar nantinya tidak terjadi bingung ketika anak demam.

Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi permasalahan kesehatan ini.

Berikut ini rekomendasi cara mengatasi demam pada anak yang bisa Anda lakukan di rumah, disadur dari Merdeka, Minggu (26/9/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Demam pada Anak

1. Mengompres dengan air hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan orang tua ketika anak mengalami demam, yakni mengompres keningnya dengan air panas. Cara ini sangat umum dilakukan untuk menurunkan panas anak.

2. Memberikan anak makanan yang gampang dicerna

Ketika anak mengalami demam membuat tubuhnya membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih banyak. Banyak ditemukan kasus ketika anak mengalami demam akan membuat nafsu makan berkurang.

Hal tersebut membuat anak Anda menjadi susah makan. Untuk itu, Anda bisa memberi anak makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Demam pada Anak

3. Perbanyak minum air putih

Cara ketiga yang bisa dilakukan orang tua mengatasi demam pada anak adalah dengan memberikannya air putih yang lebih banyak. Air putih memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam memberikan air putih, Anda tidak perlu langsung memberikan dalam porsi yang banyak, namun berikan anak air putih sedikit tapi lebih sering.

Hal ini demi mencegah anak mengalami dehidrasi, karena demam dapat menyebabkan banyak kehilangan cairan tubuh. Selain air putih, Anda juga dapat memberikan minuman lain seperti jus buah sehat, jus sayur sehat dan air kelapa.

4. Memandikan anak dengan air hangat

Cara selanjutnya mengatasi demam pada anak selanjutnya adalah memandikannya dengan air hangat. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi orang tua.

Ketika air hangat bersentuhan dengan kulit maka akan membuat suhu tubuh menjadi sedikit menurun satu sampai dua derajat Celcius selama 20 hingga 40 menit.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Demam pada Anak

5. Memberikan anak bawang putih mentah

Tak hanya berguna sebagai penyedap masakan, bawang putih dipercaya memiliki khasiat lain bagi kesehatan. Satu di antara manfaat bawang putih ialah dapat mengatasi demam pada anak.

Caranya, dengan memberikan anak bawang putih mentah untuk dimakan. Jika anak susah memakannya, sebagai orang tua bisa mengambil alternatif dengan memberikan bawang putih dalam bentuk kapsul yang bisa dicampurkan ke dalam makanan.

6. Memberikan anak teh herbal

Cara keenam mengatasi demam pada anak adalah dengan menggunakan teh herbal. Anda bisa menggunakan teh herbal jenis elderflower, yarrow, jahe, chamomile, dan lemon balm.

Teh herbal jenis ini dipercaya mampu mengatasi demam karena memicu tubuh mengeluarkan keringat. Dengan begitu, keringat yang keluar bisa menurunkan kondisi demam pada anak.

7. Menjaga kesejukan ruang

Untuk mengatasi demam pada anak tidak hanya dilakukan dengan beberapa tindakan dan makanan atau minuman saja. Cara yang satu ini juga bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan.

Anda bisa menjaga kesejukan ruangan yang ditempati anak dalam kondisi suhu sejuk. Kesejukan ruangan sangat penting dan harus dibuat senyaman mungkin. Selain itu, sirkulasi udara tetap harus terjaga dan lancar.

Jika kondisi anak Anda mengalami demam yang cukup serius, sebaiknya segera membawanya ke dokter.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 9/12/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer