Sukses


Piala Sudirman: Untuk Kali Pertama, Tim Indonesia Jajal Lapangan di Finlandia

Bola.com, Jakarta - Perjuangan Indonesia untuk merebut lambang supremasi bulutangkis beregu campuran dunia, Piala Sudirman sudah dimulai pada hari Kamis (24/09/2021).

Pasalnya untuk kali pertama, Anthony Sinisuka Ginting dkk menjajal tempat pertandingan perebutan Piala Sudirman XVII/2021 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia.

Para pemain turun ke lapangan pada Kamis (24/9), mulai pukul 18.30 waktu setempat. Selama sejam, seluruh penggawa Tim Indonesia memanfaatkan lima lapangan yang tersedia untuk berlatih bersama.

Tiga lapangan di main court dan dua lapangan di practice hall dimanfaatkan pemain untuk beradaptasi dan menjajal arena.

"Sejauh ini adaptasi saya dengan arena pertandingan tidak ada masalah. Mulai dari tata lampu, hembusan angin, dan shuttlecok sudah kami coba semua," tutur Ginting melalui keterangan pers yang diterima Bola.com.

"Lampu sih oke, shuttlecock memang terasa berat, dan untuk angin kita tunggu nanti seperti apa hembusannya di pertandingan," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Semua Sektor Coba Lapangan

Ginting bersama Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito dengan dipandu sang pelatih Hendry Saputra Ho, berlatih di lapangan 1. Mereka kemudian berpindah ke lapangan 2 yang sebelumnya menjadi tempat latihan pemain ganda campuran.

Tak hanya tunggal putra. Di ganda putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran juga memanfaatkan latihan di lapangan utama yang mulai tanggal 26 September hingga 3 Oktober bakal menjadi arena pertandingan Piala Sudirman.

Sebelumnya, sektor tunggal putri dan ganda putri sempat berlatih di lapangan latihan. Dua tempat pertandingan dan latihan ini hanya dipisahkan tirai tinggi.

Di ganda putra, kepala pelatih Herry Iman Pierngadi menukar-nukar pasangan. Hendra Setiawan berduet dengan Rian Ardianto melawan Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya. Kemudian, Marcus/Kevin dijajal Mohammad Ahsan/Fajar Alfian. Lalu, Hendra/Ahsan berlatih gim lawan Fajar/Rian.

Setelah 30 menit menjajal lapangan latihan, Greysia/Apriyani, Ribka/Fadia serta pemain tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo kemudian berpindah ke arena utama pertandingan.

3 dari 3 halaman

Berjalan Lancar

Bagi Apriyani Rahayu, latihan ini digunakan untuk menjajal lapangan pertandingan dan sekaligus beradaptasi. Dia pun bersyukur semuanya berjalan lancar.

Memang shuttlecock yang digunakan terasa berat karena cuaca dingin. Meskipun begitu, Apriyani mengaku tidak ada masalah berarti.

"Ini untuk beradaptasi dengan arena pertandingan. Kondisi saya dan Kak Greys (Greysia Polii) memang tidak prima, tapi saya selalu siap bila dipercaya turun dan saya sangat termotivasi," kata Apriyani.

"Kiranya tim Indonesia bisa mendapat hasil terbaik di Piala Sudirman ini," tambahnya.

Sementara Gregoria menyebut bahwa latihan ini terasa positif. Dia pun mengaku bisa cepat beradaptasi dengan arena pertandingan

"Puji Tuhan tadi sudah cukup enak latihannya. Dari saya ataupun kondisi lapangan sudah bagus. Saya juga dalam keadaan sehat dan siap bertanding," tutur Gregoria.

Kondisi di dalam Energia Areena memang cenderung lebih hangat. Sementara di luar arena, terasa lebih dingin. Ditambah kondisi hujan gerimis dan angin berhembus keras.

Video Populer

Foto Populer