Sukses


Bacaan Doa sebelum dan sesudah Azan yang Dianjurkan Dibaca Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Ketika mendengar azan, Allah SWT memerintahkan segala aktivitas dunia yang dikerjakan umat Muslim diberhentikan.

Azan merupakan seruan atau panggilan Allah SWT kepada umat Muslim untuk menunaikan ibadah salat fardu atau wajib.

Secara terminologi, azan didefinisikan sebagai menginformasikan tentang waktu salat dengan kata-kata tertentu.

Azan termasuk ibadah sunah yang memiliki pahala dan keutamaan yang besar. Dalam sehari, azan akan dikumandangkan oleh muazin sebanyak lima kali yaitu pada saat waktu subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya.

Orang pertama yang mengumandangkan azan ialah Bilal bin Rabbah. Beliau merupakan muazin pertama pada zaman Rasulullah SAW.

Perlu diketahui, bahwa ada doa yang perlu dilafalkan umat Muslim sebelum dan sesudah azan.

Dalam ajaran Islam, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah azan dikumandangkan.

Berikut ini bacaan doa sebelum dan sesudah azan, yang dianjurkan dilafalkan oleh umat Muslim, disadur dari Merdeka, Rabu (29/9/2021).

2 dari 4 halaman

1. Bacaan Doa sebelum Azan

- Berikut ini bacaan doa sebelum azan dikumandangkan:

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ.

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala haulawala kuuwata illabillahiladhim, allahummasholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim.

Artinya:

"Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah yang Maha Besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah, ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah."

3 dari 4 halaman

2. Bacaan Doa sesudah Azan

- Berikut ini bacaan doa sesudah azan dikumandangkan:

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِالَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allahumma Rabba hadzihid-da‘wati at-tammati, wash-shalatil-qaimati, ati sayyidana Muhammad al-washilah wal fadlilah, wad-darajatar rafi’ah wab’atshu maqaman mahmûdan alladzi wa’adtah, innaka la tukhliful-mi‘ad.

Artinya:

"Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan salat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang."

4 dari 4 halaman

3. Keutamaan Azan

- Mendapatkan pahala yang besar

Seseorang yang mengumandangkan azan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Seandainya orang-orang mengetahui pahala yang terkandung pada azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian." - HR Bukhari dan Muslim

- Mengusir setan

Keutamaan lain azan dapat mengusir setan. Apabila azan dikumandangkan, setan akan pergi. Sebagaimana Abu Hurairah menceritakan tentang hal ini bahwa Rasulullah bersabda:

"Apabila diserukan azan untuk salat, setan pergi berlalu dalam keadaan ia kentut hingga tidak mendengar azan. Bila muazin selesai mengumandangkan azan, ia datang hingga ketika diserukan iqamah ia berlalu lagi." - H. R. Bukhori, Muslim

- Diampuni dosa-dosanya

Setiap orang yang menjadi muazin maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan dalam satu di antara hadis berikut ini, Rasulullah bersabda:

"Tuhanmu takjub kepada seorang penggembala domba di puncak bukit gunung, dia mengumandangkan azan untuk salat lalu dia salat. Maka Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, 'Lihatlah hamba-Ku ini, dia mengumandangkan azan dan beriqamah untuk salat, dia takut kepada-Ku. Aku telah mengampuni hamba-Ku dan memasukkannya ke dalam surga'." - HR Abu Dawud dan An Nasa'i

- Jembatan masuk surga

Tidak hanya diampuni dosanya, seseorang yang mengumandangkan azan akan mendapatkan jaminan surga. Hal ini termaktub dalam satu di antara hadis berikut ini:

"Kami pernah bersama Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, lalu Bilal berdiri mengumandangkan azan. Ketika selesai, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Barangsiapa mengucapkan seperti ini dengan yakin, niscaya dia masuk surga'." - HR An Nasa'i

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 31/8/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer