Sukses


8 Cara Mengatasi Penyakit Kurap secara Alami, Mudah dan Hemat

Bola.com, Jakarta - Kurap merupakan kondisi terjadinya infeksi jamur di bagian kulit yang menimbulkan ruam melingkar berwarna merah.

Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung dengan pengidap yang terinfeksi. Kurap bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan pengidapnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami kurap. Mulai kebiasaan berbagi pemakaian barang pribadi hingga sering menggunakan pakaian ketat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kurap? Anda bisa mengandalkan bahan alami untuk mengatasi permasalahan ini. Cara tersebut dinilai mudah dipraktikan dan bahan yang digunakan mudah didapat.

Berikut ini referensi cara mengatasi kurap dengan bahan alami, mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya, dikutip dari Gooddoctor dan Klikdokter, Kamis (30/9/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Kurap secara Alami

1. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya menjadi satu di antara bahan alami yang sudah banyak dipakai untuk produk-produk kecantikan atau kesehatan. Aloe vera mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang bisa meredam rasa gatal akibat kurap.

Cara menggunakan bahan alami ini mudah, cukup mengoleskan gel lidah buaya sebanyak tiga kali sehari. Saat digunakan, gel lidah buaya dapat membuat kulit terasa sejuk dan gatal mereda.

2. Kunyit

Menggunakan bumbu dapur berwarna kuning pekat ini dapat menjadi alternatif mengatasi kurap di kulit secara alami. Kunyit mengandung zat antibakteri yang bisa menghentikan perkembangan jamur pada kulit.

Selain menjadi agen antibakteri, kunyit mengandung zat anti inflamasi yang meredakan peradangan dan rasa gatal pada kulit.

Anda bisa mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata dan oleskan di bagian kulit yang terdapat kurap. Kulit Anda kemungkinkan dapat menguning selama beberapa waktu saat pakai kunyit.

Namun, hati-hati, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan bahan alami ini.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Kurap secara Alami

3. Cuka Apel

Cuka apel menjadi bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kurap pada kulit. Cuka apel memiliki kandungan antijamur yang efektif mengobati kurap pada kulit.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini terbilang mudah. Cukup gunakan kapas yang sudah dibasahi cuka apel, lalu oleskan sedikit-sedikit di area kulit yang terdapat kurap.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal karena kemampuannya memperbaiki berbagai masalah kesehatan, terutama untuk rambut dan kulit kepala. Bahan ini paling umum digunakan terutama untuk anak-anak yang terkena kurap di kulit kepala.

Anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa murni yang telah dihangatkan langsung ke rambut dan kulit kepala dan membiarkannya semalam. Sifat antijamur alami dan kemampuan peremajaan kulit dari minyak kelapa akan bekerja dengan cepat untuk menghilangkan rasa gatal dan infeksi.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Kurap secara Alami

5. Belerang

Belerang atau sulfur bisa dipakai untuk mengatasi kurap. Manfaatnya berasal dari sifat antibakteri dan antijamurnya. Kedua sifat dasar belerang inilah yang dipercaya dapat menangkal beberapa masalah kesehatan kulit, termasuk membunuh bakteri dan jamur penyebab kurap.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini mudah dan ampuh. Cukup mengompres area kulit yang terkena kurap. Setelah itu diamkan mengering dan bilas.

Bisa juga melakukannya 1-2 kali sehari sampai infeksi sembuh. Anda bisa menggunakan belerang cair yang biasa dijual di toko obat.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak daun teh bisa digunakan untuk mengatasi kurap secara alami. Hal ini disebabkan sifat antiperadangan dari minyak daun teh.

Masalah gatal dan ruam karena kurap bisa diatasi menggunakan minyak ini. Namun, tidak disarankan untuk langsung memakai minyak daun teh pada kulit yang gatal karena kurap.

Penggunaan yang benar, campurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa digunakan. Jika sudah, oleskan ke bagian tubuh yang gatal dan ruam beberapa kali dalam sehari.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Kurap secara Alami

7. Minyak Oregano

Minyak esensial oregano mungkin merupakan antijamur yang lebih kuat daripada produk sejenis lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano dapat menghentikan pertumbuhan jamur Candida albicans, termasuk jamur penyebab kurap.

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti jamur yang ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Satu di antaranya dapat mengatasi infeksi kurap. Tak hanya kurap, tetapi jamur Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus bisa diatasi dengan bawang putih.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini hanya perlu menumbuknya. Tumbuk halus beberapa suing bawang putih untuk membuat pasta. Kemudian gunakan pasta untuk mengompres area kulit yang terkena kurap tiga kali dalam sehari.

 

Sumber: gooddoctor.co.id, klikdokter.com (Published: 7/4/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer