Sukses


8 Penyebab Asam Lambung yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Asam lambung atau astro esophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi di mana asam lambung mengalir ke kerongkongan atau esofagus.

Kondisi asam lambung terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung mengalami iritasi.

Asam lambung bisa menyebabkan rasa nyeri seperti terbakar di ulu hati, juga di bagian dada dan pusar. Selain itu, Anda dapat merasakan mual, kembung, muntah, kehilangan nafsu makan atau mudah kenyang saat makan.

Asam lambung terbilang penyakit yang sangat mengganggu. Banyak orang yang mengalami gangguan ini beberapa kali dalam seminggu.

Itulah mengapa, ada baiknya Anda mengenali penyebab asam lambung untuk menghindari kondisi lebih parah. Hal ini karena penyakit asam lambung tidak bisa disepelekan.

Berikut ini penyebab asam lambung yang perlu Anda ketahui, untuk menghindari kondisi yang lebih parah, dikutip dari laman Verywellhealth, Jumat (1/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Asam Lambung

1. Minuman Bersoda

Minuman jenis ini mampu membuat asam lambung naik. Dengan kata lain, makanan seperti junk food dan minuman soda sebaiknya dihindari bagi Anda yang suka mengalami kenaikan asam lambung.

2. Kebiasaan Merokok

Merokok atau menghirup asap rokok dianggap sebagai penyebab dan faktor risiko penyakit asam lambung. Efek nikotin dari rokok membuat otot halus di esofagus menjadi lebih rileks.

Alhasil, asam lambung mampu naik ke kerongkongan. Hindari merokok atau ikuti program berhenti merokok jika Anda seorang perokok aktif supaya terbebas dari masalah kesehatan yang diakibatkan oleh rokok.

3. Stres

Stres menjadi satu di antara faktor naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan stres akan merangsang area tertentu pada otak sehingga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri termasuk ulu hati.

Hal tersebut yang menyebabkan seseorang yang mengalami stres akan lebih sensitif terhadap nyeri, meski asam lambung tak begitu meningkat.

3 dari 4 halaman

Penyebab Asam Lambung

4. Hernia Hiatus

Hermia hiatus dapat menyebabkan gejala asam lambung naik. Hernia hiatus merupakan kondisi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma (otot yang memisahkan perut dari dada).

Biasanya diafragma akan membantu menjaga asam dalam perut. Tetapi apabila ada hernia hiatus maka asam dapat naik ke kerongkongan.

5. Makanan Pedas, Berlemak dan Berminyak

Makanan pedas, berlemak, dan berminyak merupakan makanan pemicu naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan jenis makanan semacam itu mengandung banyak cabai, minyak, dan lemak yang dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung.

6. Defesiensi Magnesium

Rendahnya kadar magnesium membuat LES tak berfungsi normal. LES merupakan otot yang mencegah aliran balik makanan dan asam perut ke dalam esofagus.

Rendahnya kadar magnesium dapat mengganggu kerja LES. Tak hanya itu, kekurangan vitamin dan mineral dapat mengganggu keseimbangan asam lambung.

4 dari 4 halaman

Penyebab Asam Lambung

7. Abnormalitas motilitas

Dalam pencernaan normal, makanan dipindahkan melalui saluran pencernaan dengan kontraksi berirama yang disebut peristaltik. Jika Anda menderita kelainan motilitas pencernaan, kontraksi ini bisa tidak berjalan secara normal.

8. Gangguan Fungsi Perut 

Seseorang yang menderita asam lambung mungkin memiliki fungsi saraf atau otot yang tidak normal di perut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan makanan dicerna terlalu lambat.

Hal ini menyebabkan penundaan perut mengosongkan isinya, meningkatkan tekanan di dalamnya dan meningkatkan risiko refluks asam lambung.

 

Sumber: verywellhealth.com

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer