Sukses


Tangan Dingin Pelatih-pelatih Indonesia Bawa Malaysia Cetak Sejarah di Piala Sudirman 2021

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Malaysia merebut tiket semifinal Piala Sudirman 2021 setelah membungkam Indonesia 3-2 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Sabtu (2/10/2021).

Ini merupakan sejarah bagi Malaysia yang belum pernah menang dalam tiga kali pertemuan dengan Indonesia di Piala Sudirman.

Kemenangan Malaysia ada campur tangan tiga pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele, Hendrawan, dan Paulus Firman. Malaysia tahu betul kekuatan Indonesia di sektor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. 

Flandy merupakan pelatih ganda putra Aaron Chia/Soh Woi Yik. Masuknya Flandy Limpele merupakan bagian perombakan komposisi pelatih tim bulu tangkis Malaysia yang dilakukan oleh Asosiasi Badminton Malaysia (BAM).

Mengutip dari Bharian, Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria pun membeberkan alasan pihaknya merekrutnya Flandy.

"(Flandy) Limpele memainkan peranan penting ketika membantu ganda India, Chirag Shetty/Satwiksaraj Rankireddy, masuk 10 besar terbaik dunia tahun lalu," kata Norza.

Terbukti, polesan Flandy mulai membuahkan hasil.

Prestasi tertinggi yang diberikan Flandy semenjak membesut Chia/Soh ialah medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Pada perebutan tempat ketiga, Chia/Soh mengalahkan pasangan andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Chia/Soh juga menghentikan langkah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di perempat final Olimpiade Tokyo. Di Piala Sudirman 2021, mereka kembali menghabisi minions.

2 dari 3 halaman

Cuma Ganda Putri

Malaysia menggunakan jasa Hendrawan sejak 2009, usai peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 itu pamit dari jajaran pelatih Pelatnas.

Pada 2020, Hendrawan menggantikan Datuk Misbun sebagai pelatih kepala tunggal putra. Saat ini yang disorot ialah polesannya terhadap Lee Zii Jia, yang mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di perempat final Piala Sudirman 2021.

Pemain berusia 23 tahun itu mencapai prestasi tertinggi tahun ini dengan menjuarai All England 2021.

Di sektor ganda campuran, ada racikan Paulus Firman yang sebelumnya memegang ganda putra Malaysia, menangani Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Anak buah Paulus Firman menumbangkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di perempat final Piala Sudirman 2021.

Satu lagi pelatih Indonesia yang menangani Malaysia ialah Indra Wijaya, yang membesut tunggal putri. Namun, di tunggal putri, Malaysia belum mentereng dan boleh dibilang hampir sama dengan Indonesia.

Berarti, di Piala Sudirman 2021, cuma sektor ganda putri Malaysia yang pelatihnya bukan dari Indonesia.

3 dari 3 halaman

Setelah 12 Tahun Kembali Jadi Finalis

Malaysia lolos ke semifinal Piala Sudirman 2021 berkat tangan dingin pelatih-pelatih Indonesia. Ini untuk pertama kalinya Malaysia lolos ke semifinal setelah terakhir kali pada edisi 2009.

Sementara bagi Indonesia, ini untuk ketiga kalinya skuad Garuda gagal menembus semifinal Piala Sudirman setelah edisi 2013 dan 2017. 

Semifinalis Piala Sudirman 2021 ialah China, Korea Selatan, Malaysia, dan Jepang.

China melaju ke empat besar setelah membungkam Denmark 3-2. Korea Selatan juga lolos setelah mengalahkan Thailand dengan skor sama. Jepang mengalahkan Chinese Taipei 3-1.

Pada semifinal, Malaysia akan bersua Jepang dan China melawan Korea Selatan.

Video Populer

Foto Populer