Sukses


7 Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Alami

Bola.com, Jakarta - Penyakit gondok atau goiter merupakan kondisi munculnya benjolan pada leher bagian depan. Penyakit ini berbeda dengan gondongan, yang disebabkan oleh virus.

Penyakit gondok disebabkan adanya gangguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak bisa mensekresikan hormon tiroid sesuai kebutuhan tubuh.

Singkatnya, kekurangan dan kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan kelenjar membengkak. Penyakit gondok juga bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan kadar yodium.

Penyakit gondok bisa menyerang siapa saja, anak-anak maupun orang dewasa. Pada sebagian besar kasus, seseorang tidak akan merasakan gejala apa pun selain munculnya benjolan di leher.

Namun, di beberapa kasus yang lebih parah, seseorang yang terjangkit penyakit gondok dapat merasakan berbagai gejala lain, seperti batuk, leher terasa tercekik, suara menjadi serak, susah menelan, dan kesulitan bernapas.

Bagaimana cara mengatasi penyakit gondok ini? Ada beragam cara alami yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi penyakit gondok.

Berikut ini beberapa cara mengatasi penyakit gondok secara alami, yang diharapkan bisa membantu kesembuhan, dilansir dari Healthline, Selasa (5/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Alami

1. Mengonsumsi Bawang Putih

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bawang putih dipercaya membantu mengatasi penyakit gondok. Bawang putih bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Cara mengatasi penyakit gondok dengan bawang putih simpel saja. Cuci bawang hingga bersih, lalu kunyah bawang putih sebanyak tiga hingga empat siung dalam satu hari.

2. Mengonsumsi Buah Sirsak

Buah sirsak dikenal dengan rasanya yang manis asam ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini memiliki kandungan zat amfisilin yang berfungsi untuk menormalkan kembali kelenjar tiroid hingga gondok bisa sembuh dengan cepat.

Selain itu, mengonsumsi sirsak secara rutin berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Alami

3. Istirahat yang Cukup

Cara selanjutnya mengatasi gondok paling mudah ialah istirahat yang cukup. Menurut Center for Disease Control and Prevention, istirahat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan penyebaran virus.

Oleh sebab itu, pengidap gondok sebaiknya mengistirahatkan diri di rumah setelah kelenjar parotis mulai membengkak.

4. Kompres dengan Es

Mengompres leher yang bengkak dengan es atau air dingin membantu menyembuhkan gondok. Cara ini juga mampu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

Mengompres dingin leher yang bengkak bisa meredakan peradangan sehingga memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit. Suhu yang rendah memperlambat aliran darah dan mempersempit pembuluh darah pada lokasi yang terasa sakit.

Kondisi ini yang bisa mengurangi zat-zat perangsang peradangan bergerak menuju area yang sakit gondok.

Caranya cukup mudah, rendam handuk dalam baskom berisi air dan es batu. Setelah itu, peras handuk tersebut dan kompres pada area yang terasa sakit.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Alami

5. Mengonsumsi Makanan Mengandung Yodium

Cara mengatasi gondok dengan yang umum dilakukan yaitu mengonsumsi makanan beryodium. Pasalnya, penyakit gondok sering dipicu oleh kekurangan yodium.

Itulah mengapa, cara ini yang paling efektif. Sumber makanan beryodiumbisa didapatkan dari garam, ikan, kerang, maupun berbagai jenis sayuran.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan yodium sangat dianjurkan, tetapi perlu diperhatikan, jangan sampai asupannya berlebihan.

6. Menghindari Mengonsumsi Makanan Asam

Saat mengalami penyakit gondok, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asam. Kandungan acid dapat menyebabkan rasa nyeri yang makin parah pada kelenjar ludah.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Alami

7. Kulit Manggis

Kulit buah manggis diketahui memiliki jumlah nutrisi yang lebih banyak daripada buahnya dan tersusun atas senyawa polifenol yang cukup banyak, seperti antosianin, xanthone, tannin, dan asam fenolat.

Xanthone dan turunannya adalah satu di antara senyawa antoksidan yang terbukti efektif mencegah penyakit kanker dan sebagai antibakteri.

Antioksidan yang tinggi di dalam kulit manggis tersebut yang bagus untuk memberantas radikal bebas di dalam tubuh, termasuk mengatasi penyakit gondok.

 

Sumber: www.healthline.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer