Sukses


8 Cara Alami Mengatasi Vertigo tanpa Obat

Bola.com, Jakarta - Vertigo bisa menyerang kapan saja alias bisa muncul secara mendadak. Seseorang yang mengalami vertigo akan merasakan sensasi pusing, mual, hingga nistagmus atau pergerakan mata yang tidak terkendali.

Munculnya vertigo secara mendadak bisa membuat pengidapnya mengalami kecemasan berlebih bahkan panik.

Vertigo adalah kondisi yang menyebabkan pengidapnya merasa seolah-olah lingkungan sekitarnya berputar atau melayang.

Vertigo juga akan membuat penderitanya kehilangan keseimbangan sehingga kesulitan untuk sekadar berdiri atau bahkan berjalan.

Vertigo dapat disebabkan beragam kondisi, mulai kelainan pada sistem pengatur keseimbangan tubuh di telinga bagian dalam (vertigo perifer) atau gangguan pada otak kecil yang berfungsi untuk mengatur koordinasi tubuh (vertigo sentral).

Pada kasus khusus, vertigo dapat dipicu oleh penyakit tertentu, seperti Beningn Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), penyakit Meniere, stroke, dan neuroma akustik.

Itulah mengapa, penting untuk mengetahui penanganan vertigo secara alami tanpa obat. Berikut ini referensi cara alami mengatasi vertigo yang bisa Anda mencoba di rumah, dilansir dari Healthline, Jumat (8/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Vertigo

1. Jangan Menggelengkan Kepala

Perlu diketahui ketika vertigo melanda, jangan pernah menggelengkan kepala karena hal ini akan menambah rasa sakit. Sangat dianjurkan untuk bersandar di tempat yang nyaman, hingga rasa sakit atau pusing perlahan menghilang.

2. Minum Air Putih Hangat

Jika merasa sudah sedikit nyaman, segera minum air putih hangat. Gunanya untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena vertigo. Lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi jahe karena kandungan pada jahe sangat baik untuk kesehatan.

3 Lakukan Gerakan Ringan

Ketika rasa sakit sudah mulai reda, selanjutnya Anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan. Misalnya dengan duduk tegak seperti sedang yoga.

Melatih gerakan bola mata ke kiri dan ke kanan selama beberapa menit. Hal ini sangat berguna agar saraf di kepala lebih aktif dan mencegah kehilangan kesadaran jika terserang vertigo.

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Vertigo

4. Epley Maneuver

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah 'epley manuver'. Tidak familier untuk didengar memang, namun rangkaian gerakan ini mampu dalam mengatasi vertigo. Anda dapat melakukan latihan ini di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana, sebagai berikut:

  • Duduk di pinggir kasur lalu putar kepala 45 derajat ke kiri.
  • Tahan kepala di sudut 45 derajat, kemudian segeralah berbaring dengan kepala menghadap kasur. Posisikan bantal di bawah bahu.
  • Tanpa mengangkat kepala, putar 90 derajat ke kanan dan tunggu selama 30 detik.
  • Setelah itu duduklah kembali secara perlahan-lahan selama beberapa menit.

5. Manuver Semont-Toupet

Sama seperti cara sebelumnya, melakukan manuver semont-toupet memang kurang familier. Akan tetapi, cara ini diklaim efektif mengatasi vertigo oleh beberapa penelitian.

Manuver semont-toupet sangat mirip manuver epley, tetapi membutuhkan lebih sedikit fleksibilitas di bagian leher. Anda dapat melakukan manuver ini di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana sebagai berikut:

  • Duduk di pinggir kasur, putar kepala 45 derajat ke arah kanan.
  • Langsung berbaring ke arah sisi kiri dan tunggu selama 30 detik.
  • Ubahlah posisi ke arah berlawanan namun jangan mengubah posisi kepala.
  • Dengan posisi kepala yang sama, tunggu hingga 30 detik kemudian langsung melihat ke lantai.
  • Coba duduk kembali secara perlahan dan tunggu selama beberapa menit.
4 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Vertigo

6. Gingko Biloba

Ginkgo biloba adalah bahan herbal asal China yang dapat digunakan sebagai obat alami vertigo. Pasalnya, bahan alami ini dianggap dapat membantu mengatasi berbagai gangguan saraf. Tak terkecuali vertigo.

Bahan alami ini membantu melancarkan peredaran darah di telinga bagian dalam dan otak. Dengan demikian, pusing dan gangguan keseimbangan yang Anda rasakan akan mereda secara perlahan.

7. Manajemen Stres

Beberapa kondisi penyebab vertigo, termasuk penyakit Meniere, bisa dipicu oleh stres yang berlebih. Berlatih meditasi dan teknik pernapasan dalam adalah cara yang baik untuk mengatasi vertigo melalui manajemen stres.

8. Rehabilitasi Vestibular

Rehabilitasi vestibular disarankan untuk penderita yang vertigonya sering kumat. Terapi fisik ini bertujuan untuk membantu memperkuat sistem vestibular dengan cara melatih indra.

Sebagai informasi, sistem vestibular bertugas mengirimkan sinyal ke otak untuk mengontrol gerakan kepala dan tubuh yang terkait dengan gravitasi.

 

Sumber: healthline.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer