Sukses


Macam-Macam Peregangan sebelum Memulai Latihan, Ketahui Caranya

Bola.com, Jakarta - Peregangan atau bisa juga disebut pemanasan merupakan kegiatan yang penting dilakukan, terutama sebelum memulai latihan. Hal tersebut untuk meminimalisasi cedera dan membuat kondisi badan menjadi bugar.

Peregangan bertujuan melemaskan atau melenturkan bagian tubuh yang kaku serta tegang. Peregangan dapat membantu banyak hal pada tubuh.

Ada banyak manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang mampu membuat sesi olahraga menjadi lebih maksimalĀ serta efektif.

Itulah mengapa, penting untuk melakukan pemanasan atau peregangan sebelum latihan. Bahkan, peregangan juga penting untuk dilakukan, meski tak berolahraga.

Ada bermacam-macam gerakan peregangan yang bisa dilakukan, terutama sebelum olahraga atau latihan.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam peregangan sebelum berolahraga dan cara melakukannya, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Minggu (10/10/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Peregangan

1. Peregangan Otot Pergelangan Tangan

a. Berdiri dengan satu tangan lurus ke muka. Satu di antara telapak tangan ditarik menghadap ke depan, satu tangan yang lain menahan dan menariknya kembali.

b, Kemudian gantian pergelangan tangan satunya lagi.

c. Selanjutnya berdiri dengan dua tangan lurus ke depan dengan masing-masing jari dirapatkan dan telapak tangan menghadap ke depan. Dorong ke depan. Selain untuk peregangan otot pergelangan tangan, juga untuk otot lengan.

2. Peregangan Otot Pergelangan Atas dan Bahu

a. Berdiri dengan kedua tangan ke atas, masing-masing jari dirapatkan. Dorong ke atas.

b. Berdiri dengan kedua tangan ke belakang, masing-masing jari dirapatkan. Badan agak condong ke depan. Dorong ke belakang dengan tangan menghadap ke belakang.

c. Berdiri dengan telapak tangan ditekuk ke kiri di depan dada, dengan tangan kiri menahan. Lakukan kebalikannya dengan tangan kiri yang ditekuk.

d. Berdiri dengan tangan kanan ditekuk di belakang kepala dan tangan kiri menahannya. Lakukan kebalikannya.

e. Berdiri dengan tangan kiri ditekuk di belakang kepala dan tangan kanan ditekuk di belakang pinggang, sehingga membentuk huruf 'S'. Tiap satu hitungan ganti kebalikannya.

f. Berdiri, lengan atas segaris dengan lengan bawah di depan dada, tarik lengan atas ke belakang. Ulangi dengan merentangkan tangan sampai agak ke belakang.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Peregangan

3. Peregangan Pergelangan Kaki

Berdiri tegak dengan satu kaki agak ditekuk sehingga tumpuan pada ujung kaki. Putar dengan arah keluar. Ulangi kaki satunya.

4. Peregangan Otot Paha

a. Berdiri dengan satu kaki, kaki yang lain ditekuk ke belakang. Kedua tangan memegang dan menahan kaki yang ditekuk. Ulangi untuk kaki yang satunya. Ini untuk otot paha bagian depan.

b. Berdiri dengan satu kaki, kaki yang lain ditekuk ke depan. Kedua tangan menarik paha hingga menyentuh dada. Ulangi untuk kaki yang lainnya.

5. Peregangan Otot Pinggang dan Perut Bagian Samping

a. Berdiri dengan kaki terbuka, kedua tangan memegang pergelangan kaki kanan. Badan menghadap kaki yang dipegang. Telapak kaki lurus ke depan. Tahan sampai dua kali delapan hitungan. Lakukan ke sisi yang lain.

b. Berdiri dengan kaki kanan ditekuk agak serong ke kanan dan kaki kiri lurus serta telapak lurus ke kiri. Tangan kiri memegang lutut kiri dan tangan kanan memegang pinggang. Badan miring ke kiri, tapi tetap menghadap ke depan. Tahan, lakukan ke sisi yang lain.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Peregangan

6. Peregangan Otot Punggung

Berdiri dengan kaki rapat. Kedua tangan memegang pergelangan kaki atau menyentuh lantai. Tahan sampai dua kali delapan hitungan.

7. Peregangan Otot Perut Bagian Depan

Berdiri dengan jarak kedua kaki agak lebar. Kedua tangan memegang pantat. Badan dicondongkan ke belakang semaksimal mungkin.

8. Peregangan Otot Leher

a. Menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Tiap dua hitungan pindah ke arah yang lain. Berdiri dengan kaki terbuka. Tangan di pinggang. Lakukan dalam dua kali delapan hitungan.

b. Berdiri dengan dua kaki terbuka. Tangan di pinggang, kepala ditekuk ke kiri dan ke kanan dengan muka tetap menghadap ke depan. Lakukan dalam dua kali delapan hitungan.

c. Berdiri dengan kaki terbuka dan tangan di pinggang. Kepala ditekuk ke depan dan ke belakang. Lakukan dalam dua kali delapan hitungan.

Ā 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer