Sukses


8 Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan, Olahraga Mudah dan Simpel

Bola.com, Jakarta - Jalan cepat merupakan olahraga yang terbilang mudah dilakukan, namun memberikan manfaat yang mengejutkan. Jalan cepat mengajarkan kecepatan, intensitas, dan daya tahan (durability).

Inti dari jalan cepat adalah mempertahankan kecepatan agar jantung dan paru-paru terlatih dan tertantang.

Untuk menentukan kecepatan yang pas, coba untuk berbicara sambil berjalan cepat. Apabila Anda masih mampu berbicara dengan sedikit usaha, Anda sedang berjalan dalam tempo sedang, tetapi cepat.

Jalan cepat juga termasuk satu di antara nomor dalam perlombaan atletik. Jalan cepat memberikan positif untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Itulah mengapa, sisipkan rutinitas berjalan cepat ke dalam jadwal sehari-hari, misalnya 3x10 menit dalam sehari, atau 2x15 menit dalam sehari. Targetkan 150 menit berjalan cepat dalam seminggu, yang dapat Anda bagi dalam lima hari.

Berikut beberapa manfaat jalan cepat bagi kesehatan, dinukil dari Klikdokter, Jumat (15/10/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Berjalan cepat secara rutin dapat mengurangi berat tubuh berlebih. Aktivitas ini dapat membakar banyak kalori serta meningkatkan massa otot tanpa lemak.

Anda yang sedang berusaha memangkas berat badan tanpa teknik dan peralatan rumit, berjalan cepat menjadi satu di antara pilihan terbaik.

2. Memperbaiki Kesehatan Jantung

Penelitian menemukan, melakukan jalan cepat selama lima hari dalam seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Olahraga kardio ini mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah bila dilakukan secara rutin.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

3. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan berlatih olahraga kardio secara rutin, Anda akan mengalami penurunan tekanan darah secara alami. Padukan kebiasaan baik ini dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berjalan cepat secara rutin akan memperbaiki sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini berarti, sel dalam otot akan lebih mampu menggunakan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi, sebelum maupun sesudah berolahraga.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

5. Memperbaiki Kesehatan Mental

Berbagai studi telah membuktikan berolahraga mampu memperbaiki rasa percaya diri, meningkatkan kualitas tidur, dan membangun kekuatan otak lebih baik. Hal-hal tersebut pada akhirnya dapat membantu memelihara kesehatan mental Anda.

6. Dapat Dilakukan Sembari Aktivitas Lain

Anda tidak selalu perlu menyediakan waktu untuk berjalan cepat. Aktivitas ini bisa dilakukan di mana saja bersamaan kegiatan lainnya.

Misalnya, saat Anda berbelanja di supermarket sambil menjinjing belanjaan, atau saat berangkat atau pulang kerja. Dengan demikian, Anda mengombinasikan olahraga aerobik dan penguatan otot.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

7. Mudah Dimodifikasi agar Tidak Bosan

Mengubah jalan cepat menjadi suatu latihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga mudah diterapkan. Misalnya, jalan menaiki bukit menggunakan kecepatan tinggi selama lima menit, yang diikuti dengan berjalan di permukaan yang datar selama tiga menit.

Ulangi aktivitas ini selama 20-30 menit untuk membakar lebih banyak kalori dengan mudah dan cepat.

8. Mengurangi Nyeri Sendi

Mencegah terjadinya nyeri sendi, terutama sendi panggul dan lutut, bisa dilakukan dengan rutin berjalan cepat. Hal ini karena pelumas sendi yang diproduksi saat Anda bergerak juga menguatkan otot di sekitar sendi tersebut.

Bagi pengidap arthritis, manfaat jalan cepat mampu mengurangi rasa nyeri. Berjalan 3 km seminggu juga mampu mencegah arthritis.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/1/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer