Sukses


6 Manfaat Olahraga Sepak Bola untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sepak bola adalah jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Hampir semua orang bisa memainkan olahraga satu ini baik kaum pria maupun wanita, muda sampai orang tua.

Bisa dibilang olahraga sepak bola bisa mainkan oleh segala golongan dan usia. Sepak bola memang menjadi satu di antara olahraga yang selalu menjadi perhatian banyak orang.

Banyak orang yang telah mengenal bintang lapangan hijau seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Kedua pesepak bola dunia ini diidolakan banyak orang atas kehebatannya mengolah si kulit bundar.

Sama seperti olahraga lain, sepak bola memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan yang didapatkan ketika bermain sepak bola. Mulai meningkatkan kebugaran, mendukung kekuatan otot dan tulang, menyehatkan jantung, dan masih banyak lagi.

Apa saja manfaat positif bagi tubuh yang jarang diketahui dari olahraga sepak bola? Berikut ini beberapa manfaat olahraga sepak bola untuk kesehatan, dilansir dari Thecoachcrew, Kamis (20/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Bola untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kebugaran

Berlari dan mengejar bola ke sana-sini selama 90 menit di lapangan bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Hal tersebut sangat baik karena bisa membuat tubuh memiliki risiko rendah terjangkit berbagai penyakit.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selama bermain sepak bola, tubuh akan terus bergerak. Hal ini menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dan membuat pemain bernapas lebih sering. Aktivitas ini bisa mengoptimalkan kinerja jantung.

Dengan begitu, pemain sepak bola memiliki potensi rendah terserang berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Bola untuk Kesehatan

3. Menurunkan Berat Badan

Sepak bola menjadi opsi olahraga yang efektif untuk membakar lemak. Gerakan yang dihasilkan bisa memicu keluarnya keringat secara masif.

Kondisi ini baik untuk kesehatan tubuh karena bisa meminimalisasi mengalami penyakit berbahaya, seperti kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan timbulnya gangguan bernapas, seperti asma. Selain itu, bermain sepak bola dipercaya bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Sepak bola dapat meningkatkan kekuatan tulang Anda karena tubuh bergerak terus, berlari, dan menendang selama bermain.

Di sisi lain, biasanya sepak bola dimainkan di lapangan terbuka, di mana sang pemain kerap terpapar sinar matahari. Sinar matahari baik untuk meningkatkan asupan vitamin D pada tubuh. Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium supaya tulang Anda sehat dan kuat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Bola untuk Kesehatan

5. Membangun Otot

Ketika bermain sepak bola diperlukan kekuatan otot bagian bawah untuk menendang, melompat, dan melakukan tekel pada lawan.

Otot tubuh bagian atas diperlukan untuk melindungi bola, menahan lawan, melempar bola dan berkontribusi pada kekuatan secara keseluruhan. 

Bermain sepak bola secara teratur membangun kekuatan otot secara keseluruhan, baik itu otot bagian atas atau bawah seperti otot-otot kaki, paha, perut, dan dada. Selain itu, membantu meningkatkan kinerja atletik. Dengan otot yang lebih kuat, hal ini akan membantu mengurangi risiko cedera.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Dalam bermain sepak bola, setiap pemain tidak hanya menggerakkan fisik mereka, melainkan juga menggunakan otak. Dengan begitu, pemain dituntut harus cepat dan tepat dalam membuat keputusan di lapangan.

Kondisi ini dapat melatih kinerja otak pemain. Maka itu, sepak bola menjadi sarana menguji kecepatan dan ketepatan berpikir.

 

Sumber: thecoachcrew.com

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer