Sukses


Macam-Macam Bentuk Penyajian Musik yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Musik bisa dinikmati secara langsung atau melalui tayangan. Dalam pertunjukan musik tersebut penonton menyaksikan bagaimana penyanyi dan personel lainnya beraksi dengan latar belakang sinar lampu berbagai warna dan dilengkapi tata panggung yang menarik.

Lagu-lagu yang dinyanyikan secara merdu disertai gerak dan ekspresi penyanyi tentu akan memikat hati pemirsa hingga larut dalam alunan musik yang dipertunjukkannya.

Jadi, pertunjukan musik merupakan suatu penyajian musik yang dapat didengar, dilihat, dan dinikmati oleh pemirsa atau pendengarnya.

Di sisi lain, ada beragam penyajian musik yang bisa dinikmati. Bentuk-bentuk penyajian musik tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bentuk penyajian musik yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (22/10/2021).

2 dari 5 halaman

Bentuk-Bentuk Penyajian Musik

1. Penyajian musik tunggal

Penyajian musik tunggal adalah bentuk penyajian musik yang menampilkan seorang pemusik dalam memainkan alat musik tertentu. Misal penampilan piano tunggal, penampilan gitar tunggal, penampilan organ tunggal, penampilan biola tunggal, dan lain sebagainya.

2. Penyajian Kelompok Musik Terbatas

Penyajian musik terbatas adalah penyajian kelompok musik yang dilakukan dalam beberapa gabungan alat musik, tetapi terbatas, seperti bentuk duet alat musik, bentuk-bentuk trio, kuartet, sampai dengan bentuk ansambel terbatas.

Sifat penyajian musik tersebut akan terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin.

3 dari 5 halaman

Bentuk-Bentuk Penyajian Musik

3. Penyajian Musik Orkestra

Dalam penyajian musik orkestra memerlukan peralatan instrumen yang lengkap dan pemain yang cukup banyak. Pemain dituntut untuk disiplin tinggi dan harus menjaga kekompakan dan keharmonisan.

Meski orchestra juga terkesan formal, bisa dihadiri oleh penonton yang banyak dan memerlukan ruangan besar serta tata gedung yang baik.

4. Penyajian Musik Elektrik

Penyajian musik elektrik adalah jenis penyajian kelompok musik dengan menggunakan alat-alat musik yang menggunakan listrik berkekuatan tinggi.

Penyajian musik elektrik ini biasanya akan lebih bebas apabila dilaksanakan di luar gedung atau di alam terbuka sehingga bisa disaksikan oleh ribuan penonton.

Kelompok-kelompok musik dangdut, pop, dan grup-grup musik terkenal umumnya menggelar pertunjukannya di lapangan terbuka. Dengan begitu penonton bisa bebas berteriak, ikut bersenandung bersama, berjoget mengikuti alunan musik yang dipertunjukkannya.

4 dari 5 halaman

Persiapan Pertunjukan Musik

Kegiatan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan sebuah pementasan musik meliputi:

1. Mempersiapkan instrumen musik dan pendukungnya lainnya, seperti sound system dan lampu.

2. Pemilihan dan penyusunan karya musik yang akan ditampilkan.

3. Menetapan penyanyi yang akan menyanyikan.

4. Latihan-latihan memainkan musik secara bersama.

5. Melaksanakan pertunjukan musik.

6. Terakhir, lakukan evaluasi kegiatan pertunjukan.

Hal-hal yang menentukan keberhasilan sebuah pementasan musik di antaranya kemampuan teknis pemusiknya. Selain kemampuan teknis, seorang pemain musik dan penyanyi dituntut mampu berkomunikasi dengan penontonnya.

5 dari 5 halaman

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan

Beberapa hal-hal yang perlu dipersiapkan saat pertunjukan musik:

1. Memahami tema acara pertunjukan musik.

2. Memahami maksud dan tujuan tema acara pertunjukan musik.

3. Memahami sasaran penonton/penikmat musik.

4. Pemilihan lagu-lagu disesuaikan dengan tema acara pertunjukan musik.

5. Memperhitungkan durasi per lagu (± 4-5 menit)

6. Struktur urutan lagu disesuaikan dengan tema acara pertunjukan musik (intensitas rendah, sedang, tinggi).

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer