Sukses


Macam-Macam Perkembangbiakan Vegetatif Alami yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Perkembangbiakan vegetatif adalah proses perkembangbiakan pada tumbuhan secara tidak kawin. Pada perkembangbiakkan secara vegetatif bisa dilakukan dengan cara menanam bagian dari tubuh induknya.

Jadi, bagian-bagian tubuh pada tumbuhan, seperti batang, umbi, akar tinggal, geragih, tunas atau daun akan ditanam untuk proses perkembangbiakan.

Perkembangbiakan vegetatif dapat berlangsung secara alami dan buatan. Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakkan yang berlangsung karena proses alami.

Perkembangbiakkan vegetatif tersebut terjadi dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Ada beberapa macam perkembangbiakan vegetatif alami yang penting untuk diketahui.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (27/10/2021).

2 dari 4 halaman

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

a. Umbi

Untuk mengembangbiakan tumbuhan yang berumbi, yang ditanam adalah bagian umbinya. Ada tiga jenis perkembangbiakan dengan umbi, yaitu umbi lapis, umbi batang, dan umbi akar.

1. Umbi lapis

Bagian yang berlapis-lapis tersebut disebut dengan tunas. Tunas tumbuh membesar sehingga terbentuk siung. Siung ini dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, dan bunga lili.

2. Umbi batang

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah yang menggelembung menjadi umbi. Pada umbi batang terdapat bakal-bakal tunas yang akan tumbuh menjadi menjadi tumbuhan baru.

Contoh: kentang dan ketela rambat.

3. Umbi akar

Umbi akar adalah akar yang membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam bersama pangkal batangnya maka akan tumbuh tunas baru.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah wortel, lobak, dahlia.

3 dari 4 halaman

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

b. Tunas

Tunas muncul pada pangkal batang tanaman induk. Tunas akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan tunas antara lain, pisang, bambu, dan tebu.

c. Akar Tinggal

Akar tinggal adalah batang yang terdapat di dalam tanah. Batang tersebut beruas-ruas dan tumbuh mendatar. Di setiap ruas akan tumbuh akar.

Tunas ini dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah jahe, kunyit, lengkuas, alang-alang, dan rumput.

4 dari 4 halaman

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

d. Geragih

Geragih atau biasa disebut dengan stolon adalah batang yang menjalar di atas tanah. Batang tersebut beruas-ruas. Pada setiap ruasnya dapat tumbuh tunas, yang kemudian tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih adalah rumput teki dan stroberi.

e. Tunas adventif

Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh tidak di ujung batang dan ketiak daun. Tunas tumbuh pada bagian tumbuhan yang biasanya tidak bertunas, seperti daun dan akar.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif adalah cocor bebek.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer